Tips Menyelesaikan Skripsi untuk Mahasiswa Kebanyakan :)


http://blogsafitricahkebumen.blogspot.com

Jika Anda bukan mahasiswa kebanyakan, mungkin tulisan ini tidak banyak manfaatnya. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh membacanya. Yang jelas, tips ini saya buat untuk dibaca dan dipahami oleh mahasiswa kebanyakan. Ini adalah tips untuk orang kebanyakan dari orang kebanyakan sehingga harapannya lebih mudah dimengerti πŸ™‚ Tulisan ini adalah rangkuman twit saya dengan topik #TipsSkripsi sehingga mungkin ada penulisannya yang tidak sesuai EYD. Mohon dipahami dan silakan fokus pada isi dan pesannya.

  1. Saya ingat kata-kata Anies Baswedan “Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai”. Tidak cukup kalau sekedar punya IDE skripsi yang hebat πŸ™‚
  2. Pada akhirnya, skripsi adalah sebuah buku yang terjilid rapi. Ide-ide hebat itu penting tapi skripsi adalah soal menulis.
  3. Cara terbaik menemukan topik skripsi adalah dengan membaca skripsi/penelitian yang sudah ada sebelumnya.
  4. Sejak semester awal, baca skripsi kakak kelas. Jangan bingung kalau tidak paham semuanya. Wajar. Setidaknya jadi terbiasa
  5. Sebaiknya punya satu buku (atau file) yang isinya rangkuman skripsi yang sdh dibaca dari awal sehingga terdokumentasi
  6. Buku itu berisi: judul, penulis, tahun, dan deskripsi singkat isi skripsi. Bisa buat dalam tabel seperti ini. Seminggu 1 skripsi.
  7. Menjelang skripsi, kamu sudah akan punya bayangan tema besar skripsi yang diminati. Bacalah skripsi yang satu tema.
  8. Dengan membaca skripsi/penelitian itu kamu akan tahu apa yang sudah dilakukan orang lain dan apa yang belum dilakukan.
  9. Dengan membaca jadi tahu apa yang sudah ada sehingga tahu apa yang belum ada (celah/gap) lalu bisa isi celah itu dengan usulan penelitian.
  10. Tanpa pernah membaca penelitian lain, mustahil kamu bisa usulkan “ini adalah topik yang baru dan belum pernah dilakukan”
  11. Ingat “kita tidak tahu ke mana harus melangkah jika kita lupa dari mana kita berasal” skripsi juga begitu πŸ™‚
  12. Selain mencari sendiri, topik skripsi juga bisa diberikan oleh dosen. Ini lebih mudah tapi juga tidak gampang.
  13. Kalau mau cari topik dari dosen, dekati dan amati dosen yang bidangnya kamu minati. Proaktiflah. Tanya pd beliau.
  14. Kalau topik dari dosen, tanya bahan bacaan agar bs bilang “sdh dilakukan penelitian a, b, c dll tapi topik z ini belum diteliti”
  15. Intinya dari manapun topik skripsi itu, HARUS bisa dijamin topik itu baru dengan menunjukkan topik-topik lain yang sdh ada.
  16. Tapi jangan khawatir berlebihan. Ini ‘cuma’ skripsi kok. Kamu tidak sedang nulis untuk menang hadiah Nobel. Santai aja πŸ™‚
  17. Topik baru itu bukan berarti harus benar-benar belum pernah ada. Bisa saja itu pernah diteliti tapi kamu lihat dari sisi lain.
  18. Kalau ada skripsi lain tentang sesuatu yang kamu suka, bisa saja topik kamu sama tapi pendekatan/data/aplikasi beda πŸ™‚
  19. Kamu bilang “sdh dilakukan penelitian sejenis bla bla bla tapi penelitian ini akan gunakan pendekatan/data/aplikasi beda”
  20. Bisa saja skripsi kamu menguji temuan dalam skripsi sebelumnya jika diterapkan di kawasan lain atau dengan data berbeda.
  21. Biasanya di setiap universitas ada petunjuk skripsi termasuk templatenya. Gunakan itu untuk proposal dan skripsi
  22. Kalau tidak ada petunjuk, ikuti pola/struktur skripsi/proposal kakak kelas. Yang ditiru polanya, bukan isinya
  23. Dalam membuat proposal, pastikan ada fakta dan fenomena yang diamati lalu penelitian-penelitian yang sdh ada dan apa yang belum ada
  24. Selanjutnya sampaikan β€œdengan memperhatikan fakta, fenomena dan penelitian lain, maka diusulkan topik X dalam skripsi ini”
  25. Proposal peneliti harus tunjukkan bahwa dia paham apa yang sdh ada, tahu apa yang belum ada lalu idenya mengisi yang belum ada itu
  26. Tunjukkan Bagaimana caranya mengisi yang belum ada itu (metodologi), dengan apa? (Bahan/data/alat)
  27. Lalu apa hasil yang diharapkan dari proses itu dan apa manfaatnya. Pastikan ini juga disampaikan saat presentasi proposal
  28. Tips saat presentasi proposal skripsi pernah dikultwitkan oleh @geodesiugm dalam tagar #SemPro. Silakan simak πŸ™‚
  29. Dalam membuat skripsi, kerjasama dengan dosen sangat penting. Kenali dosen kamu. Beda dosen beda perilaku. Perhatikan!
  30. Idealnya dosen harus jadi motivator dan inspirator. Dosen belum tentu paham semua hal secara teknis. Sadarilah πŸ™‚
  31. Jangan harap dosen selesaikan semua masalahmu. Tugasnya bukan itu tapi memberi arahan saja.
  32. Pastikan hubungan dekat dengan dosen. Kadang dosen tidak menyenangkan tapi menghindari dosen adalah awal kegagalan skripsi.
  33. Sebaliknya, dosen harus mampu menjadi menjaga semangat mahasiswa, tidak justru mematikannya dengan komentar negatif.
  34. Akan ada masa-masa suram dalam skripsi. Tips saya, jangan hindari dosen, Seberapapun seremnya. Dia pasti ingin kamu lulus.
  35. Sadarilah tidak ada yang bisa selesaikan semua hal sendiri. Jangan sungkan bertanya pada teman atau siapapun.
  36. Saat skripsi, saya tanya pada dosen jurusan lain, tanya pd teman fakultas lain, kursus singkat juga. Tempuh semua cara baik.
  37. Ingat, betapapun ‘jahat’ kesannya. Pembimbing adalah temanmu, bukan musuh. Dia ada untuk meluluskanmu. Hadapi!!!
  38. Saat masa suram, paksakan diri untuk tetap ke kampus. Di sana ada aura positif untuk membangkitkanmu kembali.
  39. Saat masa suram, berdiam diri di kos sambil main game memang nyaman tapi itu hanya memperbesar rasa bersalah.
  40. Inti dari keluar dari masa suram adalah tega pada diri sendiri untuk membuatnya ‘menderita’ dan ‘tidak nyaman’
  41. Skripsi adalah sebuah cerita. Belajarlah menulis sesuatu yang mengalir. Belum bisa? Banyak membaca dan latihan
  42. Ngetwit dan bikin status FB itu bagus tapi kalau hanya mengandalkan itu, kamu tidak akan terlatih bercerita panjang
  43. Kamu terbiasa dengan potongan-potongan info pendek dan kepribadianmu telah terbentuk demikian tapi skripsi adalah cerita panjang
  44. Suka tidak suka, skripsi bukan twit, bukan status FB yang berupa pecahan info random. Sadari dan latihlah dari sekarang
  45. Menulis blog adalah salah satu sarana berlatih menulis panjang yang runut dan lengkap untuk latihan skripsi
  46. Meski panjang, skripsi bisa dipecah-pecah jadi bagian pendek sehingga kamu tidak gentar duluan dalam menulis
  47. Bagaimana cara makan seekor sapi? Potong jadi bagian-bagian kecil πŸ™‚ skripsi yang tebal juga begitu. Pecah jadi bagian-bagian kecil.
  48. Penting sekali membuat kerangka skripsi yang lengkap dan detil sehingga kamu bisa kerjakan sediki demi sedikit.
  49. Pada akhirnya, skripsi adalah hasil kerja keras. Skripsi untuk yang tekun/rajin, bukan yang pintar/genius.
  50. Saat cari ide, kecerdasan dan kreativitas memang penting tapi saat menyelesaikan skripsi kamu harus rajin dan tekun.
  51. Kadang kamu pilih pembimbing karena dia hebat di bidangnya. Sadarilah, orang hebat itu sibuk karena dibutuhkan di mana-mana.
  52. Tugas dosen: ngajar, meneliti, pengabdian pd masyarakat. Kamu bukan satu-satunya yang diurusin. Buatlah kesepakatan kerja!
  53. Tidak semua dosen adalah manajer yang baik. Saya mungkin termasuk salah satu yang tidak baik. Kamu harus bantu agar skripsi lancar.
  54. Misal bantu dosen bisa ngoreksi skripsi dengan cepat dengan menunjukkan bagian-bagian yang perlu dikoreksi dan bagian yang sudah.
  55. Kalau ada koreksi berupa tulis tangan, simpan dengan baik jangan sampai hilang. Saat nyerahkan koreksian kamu juga harus ada arsip.
  56. Memang ngeselin tapi ada kok kejadian dosen menghilangkan draft skripsi mahasiawanya 😦 Antisipasi dengan arsip yang bagus.
  57. Dosen juga manusia yang bisa teledor. Sayangnya, kalau ada kejadian, lebih sering mahasiswa yang jadi repot. Makanya antisipasi ya.
  58. Lakukan pertemuan rutin meskipun kemajuan tidak ada. Ini penting untuk memotivasi tetap kerja. Daripada malu, ya nggak? πŸ™‚
  59. Sekali lagi ingat, skripsi adalah tulisan, bukan hanya model, bukan hanya ide-ide cemerlang, bukan hanya penemuan yang menggemparkan.
  60. Mengutip lagi Mas @aniesbaswedan “Skripsi yang baik adalah yang selesai”. Semoga ini bermanfaat. Terima kasih πŸ™‚

Kalau Anda suka tulisan di atas, mungkin Anda juga suka ‘gamparan‘ ini πŸ™‚

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

63 thoughts on “Tips Menyelesaikan Skripsi untuk Mahasiswa Kebanyakan :)”

  1. Waaah… saya baru baca setelah sempro :3 sayang sekali…
    tapi punya gambaran di skripsinya sih. Intinya skripsi adalah laporan dari apa yang kita lakukan πŸ™‚ percuma sebagus apap penelitian kita, kalo gak ditulis ya gak lulus – lulus. hihihi
    Makasih pak ilmunya…:) bismillah

  2. Mas Andi, persis spt yg sy alami waktu buat skripsi dl…he3. Terkatung-katung lbh dr 3 tahun dan ganti pembimbing. Hal inl jadi pelajaran waktu bikin thesis, hampir memakan waktu lebih dari 6 bulan, tiap 2 minggu sekali menghadap profesor utk konsultasi dan akhirnya selesai sblm deadline. Lucunya terkadang walaupun tdk ada progres, ya tetap menghadap dgn bawa berkas yg lama…he3.

  3. Pak, saya kurang mengerti dengan kata kata yang nomer 11, itu maksudnya gimana ya?
    Trus apakah kita harus membaca skripsi dari setiap tahun atau hanya tahun tahun terbaru? Terima kasih pak πŸ˜€

  4. Pak Andi, saya suka sekali poin 58, karena poin tersebut tidak hanya untuk pengerjaan skripsi, melainkan bisa juga untuk kepanitiaan yang pernah saya ikuti beberapa waktu yang lalu. Terimakasih πŸ˜€

  5. Saya rasa tesis dan disertasi hakikatnya sama dengan skripsi, kemampuan menulis! bedanya mungkin tingkat kedalaman telaah dan validitas data….

    mantap pak, klo saya lulus JST februari nanti, saya copy-paste nih tips nya…

  6. Halo kak andi, tipsnya bikin makin semangat buat ngerjain skripsi (yang memang harus) dilakukan di semester depan πŸ™‚

    Oiya, kalau boleh tanya… Saya mahasiswa jurusan hubungan internasional, jika nanti saya ingin mencoba program beasiswa diluar negeri untuk s2, apakah saya harus mengambil di bidang yang sama juga? di hubungan internasional namun dalam kajian yang lebih spesifik atau saya bisa ambil jurusan lain?
    Dan satu lagi (maaf nih jadi kebanyakan nanya :p), apakah penelitian saya dalam bentuk skripsi di jenjang s1 ini (mengenai kualitas topik dalam penelitian yang saya angkat, menarik atau tidak) itu dapat berpengaruh dalam meng-apply beasiswa tertentu?
    Terimakasih untuk sharing berbobotnya dan sukses selalu untuk kak Andi ya πŸ˜€

      1. Kalau boleh sumbang saran mas, pengalaman teman saya yang ikutan beasiswa ADS bertahun-tahun yang lalu, beliau gagal karena anatar S1 dan S2 nya tidak linear, apalagi kalo dihubungkan dengan current job dia waktu itu. Kalo kasus seperti ini terjadi di targeted area, apalagi PNS, mungkin masih bisa diterima (pengalaman cerita teman2 dari daerah targeted atau key agency, beliau kerja di BMG, tapi S1 nya arsitektur). Tapi kalo dia dari kategory public, ini sepertinya zero tolerance, karena kuota nya memang kecil, persaingannya ketat disitu.

        Pengalaman saya nyoba yang ke- 2 kalinya juga begitu, S1 saya desain grafis, kerja di humas (communication) dan S2 yang akan diambil communication juga, tetap gagal dan tidak dipanggil interview.

        Yang penting, jangan berhenti mencoba… kita tidak tahu, karena ini adalah Rahasia Illahi….

        CMIIW…

  7. Cool Pak! Apalagi untuk mahasiswa yang sdg rush untuk ujian skripsi, tips ini sangat membantu πŸ™‚ Terimakasih untuk selalu memberi semangat untuk kami mahasiswa yang sedang bertempur untuk menjadi Sarjana yang berkualitas dan bermanfaat πŸ™‚

    Anyway, saya punya pertanyaan, Pak. AAS untuk tahun 2014 bagaimana sistemnya? Apa memang belum di buka pendaftaran ya?
    Thanks.

  8. Tulisan yang bagus Bli Andi, untuk semua kawan yang ingin skripsi (dan tulisan akademik lainnya lho) selesai πŸ™‚

  9. ahaha Akan ada masa-masa suram dalam skripsi,, ini judul ditolakin terus aja udah bikin frustasi, berarti fase terberatnya nanti saya jadi gila. X.x

  10. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai karya ilmiah. karya ilmiah merupakan karangan yang menyajikan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai karya ilmiah yang bisa anda kunjungi di karya ilmiah

  11. waaaah beruntungnya saya nyasar ke blog Pak Andi dan baca tips ini,, saya baru mau nyusun skripsi Pak semester ini, jadi makin semangat nihh… Terima kasih Pak Andi… πŸ™‚

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s