Baca Dulu

Untuk memudahkan pembaca menikmati blog ini, saya berikan beberapa informasi penting berikut:

  1. Blog ini adalah milik pribadi I Made Andi Arsana. Saya bekerja sebagai dosen di Teknik Geodesi UGM, Yogyakarta.
  2. Semua isi blog ini adalah tanggung jawab saya, kecuali ada penjelasan lain.
  3. Ingin kontak saya? Gunakan madeandi@ugm.ac.id | madeandi.com | madeandi.staff.ugm.ac.id
  4. Secara umum blog ini mengandung informasi seputar kehidupan sehari-hari, persoalan geospasial (pemetaan), tips ICT, dan beasiswa luar negeri.
  5. Jika ingin mengetahui seputar beasiswa luar negeri, baca dulu Scholarships
  6. Tertarik dengan Beasiswa Australian Development Scholarship (ADS)? Baca Beasiswa ADS
  7. Kalau sedang berburu beasiswa Australian Leadership Awards (ALA), baca ini.
  8. Saya senang berdiskusi dengan siapa saja dan bersemangat membantu perihal apa saja yang saya bisa. Silakan bertanya. Meski begitu, demi kenyamanan kita, silakan sempatkan melakukan pencarian di blog ini karena ada kemungkinan jawaban dari pertanyaan Anda sudah ada di sini. Anda puas, sayapun nyaman 🙂
  9. Selamat membaca dan jangan lupa berbagi.

84 thoughts on “Baca Dulu”

  1. Maaf Pak sy mw tax. Klo translet surt2 berharga apa boleh ti2p org apa hrus d bw langsung? soalx sy tinggalx d kota kcl d NTT pak….
    maksh…

    1. Hi Silvia salam kenal, saya desy dari wamena, tapi saya juga dulu sempat bekerja di Alor, NTT.
      Kebetulan saya baca comment ini, setahu saya ADS memperbolehkan legalisir dari kampus ataupun dari Notaris, jadi kalau tidak memungkinkan datang ke univ atau lembaganya langsung kamu bisa pakai jasa penerjemah tersumpah yang diakui, buka link http://nuansablog.wordpress.com ini yang katanya lumayan murah, temen saya yang sudah lulus juga melegalisirkan Filenya disini (transkrip nilai, ijazah, dll), kalau TOEFL saya tidak tahu, tapi kalau IELTS hubungi saja tempat kamu melaksanakan ujian IELTS nanti minta tolong mereka yang mengirimkan langsung ke kantor ADS (karena setau saya juga legalisir IELTS tidak bisa diberikan ke kita tapi langsung ke penyelenggara beasiswanya) 100rb/lembar legalisir IELTS ini, kalau http://nuansablog.wordpress.com ini tadi saya kurang tahu harganya di webnya ada no. telp bisa langsung silvia hub. kalau saya memang kemarin kebetulan pulkam ke medan jadi saya siapkan semuanya di kampus (karna tahun lalu udh gagal ADS, jadi udh dipersiapkan dulu apa yg perlu.. hehhee) Semangat ya, saya juga mau coba ADS tahun ini, semoga kita berhasil 🙂

      Pak Andi kalau saya ada salah info di klarifikasi yaa..
      maklum masih anak baru Pak.

      1. sala kenal mbak desi, mbak saya bisa minta no hp atau pin bb kah?? kebetulan saya juga di papua, asli sama kita mbak orang medan, 🙂

    2. nambahin silvia, aku lupa tahun lalu untuk sertifikat dan ijazah aku titip legalisir melalui adik stambuk ku, dan tidak masalah dikampus, jadi saranku kalau kamu punya adik stambuk email saja ke dia ijazah dan transkrip nilaimu trs minta tolong dia yg legalisir kan ke kampus, kalau udh ya tinggal di kirim ke NTT toh, beress..
      semangat ya jangan lupa waktunya tinggal 1 bulan lagi, jadi segera diurus surat2nya, sembari menunggu review aplikasimu berulang2, kalau sudah beres semua lgsg dikirim ya, krn NTT ke jkt 3 hari juga kan Pengiriman lewat Pos? jadi paling lambat H-7 sudah kamu kirim.

      good luck, 🙂

      1. maaf mbak kalau tidak sama bisa minta email saja kah?? berbagi info tentang beasiswa ADS, mbak medan dimanakah??

  2. pak andi utk persyarat ADS tertera akte lahir,dan kebetulan sy yatim,(sejak lahir yg sy punya surat ket.lahir sj),sy baru akan mengurus akte lahir sy skrg(22 th) itupun utk ads ini pak :-), menurut petugas berwenang pengurusan akte sy bisa berbulan2,pertanyaannya,apakah boleh akte lahir diganti oleh surat ket.lahir + ktp aj mas??sy khawatir waktunya tidak cukup utk menunggu akte sy jadi,trims salam sukses pak:-)

      1. Pak gimna yea cra plih jurusan d prguruan tinggi yang tepat dan sesuai kemampuan?? Soal.a lgi bingung nentuin.a..
        Oh eaa slm knl soal.a aku bru..)

  3. Selamat malam mas. Nama saya Adi, Flinders uni alumny, tinggal di Jayapura. Saat ini saya sedang mecoba mengisi Australia Awards (dulu ADS) application form untuk mencoba melanjutkan study PhD. Apakah mas berkenan apabila saya ingin berkonsultasi tentang isian dari form (terutama tentang Research proposal details) tersebut? saya terkadang agak sulit membedakan antara Research Statement, Purpose of Study, dan Objectives.

    Saya telah membaca habis web mas ini, termasuk penjelasan tentang ke-tiga hal tersebut. Akan tetapi, saya masih ragu apakah yag saya isikan ini sudah tepat sesuai yg dimaksud oleh pertanyaannya atau belum.

    Apabila mas berkenan dan ada waktu luang, saya akan kirimkan file (bagian file) -nya lewat email.

    Terimakasih banyak sebelumnya.

    Salam,
    Adi

      1. Makasih banyak mas.
        Blog ini banyak membantu para scholarship seekers… minta ijin untuk share blognya ke rekan-rekan saya mas.

  4. salam kenal lagi bli Andi, seingat saya kita pernah jumpa di Bale Bengong, dengan adminnya Anton Cz, pembahasan waktu itu mengenai beasiswa ke luar negeri . saya pun terpana dan hanya bisa menganga 🙂

  5. Maaf pak, izin save halaman2 yg ada di blog ini 🙂
    sebagian besar sya save langsung dan sya simpan biar nggak bolak balik lagi 😀
    jadi hampir ratusan yg tersimpan
    trimaksih atas informasinya
    mudah2an masih ingat sya
    yg waktu di twitter itu bertanya masalah Google Hangout 😀

  6. pak andi, mgkin saya belum dpt kesempatan utk beasiswa ADS tahun ini, krna tahunya dadakan, persiapan saya benar2 singkat,, saya juga masih bingung gimana cara menemukan supervisor yang cocok utk prop disertasi saya nanti…mgkin bpk bisa bantu bagaimana cara mengontak supervisor, saya harus kemana dulu pak? mengingat saya benar2 baru dan sama skali ga pernah punya pengalaman tentang ADS ini…terimakasih atas informasinya pak…

  7. Saya uas dengan bocoraan ADS, Pak I Made Andi Arsana. lagi bertempur mempersiapkan amunusi, lalu segera mendaftar beasiswa ke Ausie, mohon doa retu, terima kasih

  8. Dear Bli Made,
    Suksma atas informasinya yang sangat berharga apalagi untuk saya yang masih sangat awam tentang beasiswa.
    Bangga ada orang Bali yang sukses kaya Bli Made.
    Semoga kebaikan datang dari segala penjuru.
    Tetap berkarya!
    Diah

  9. Om Swastyastu bli,
    Saya pejuang baru duduk di semester 6 dan mulai mencari-cari informasi tentang beasiswa. Saya masih sangat awam dengan beasiswa dan pertama kali menemukan blog ini hampir semua pertanyaan terjawab, walau semua sebenarnya bisa di dapat di blognya bli, saya tetap ingin membeli bukunya bli made, saya pun langsung membeli bukunya bli made, mungkin saking larisnya itu pun sisa di gramedia lagi 2 saja, beruntung sekali saya tidak kehabisan, semoga kelak bisa seperti bli made, bangga ada orang Bali sukses seperti bli made, salam kenal ya bli. Mohon di bantu dan doanya untuk pejuang baru ini bli.

    Suksma. 🙂
    Juliantara

    Selamat sore ibu Diah,
    Tidak menyangka bertemu ibu disini,
    Trimakasih selama semester 5 ini ibu,
    Semoga hasil ujian saya baik walau dengan ujian susulan sendiri kemarin.
    Trimakasih ibu. 🙂

  10. pagi pak Andy, blognya informatif sekali. ijin save ya, biar ga bolak balik buka soalnya koneksi internet dimenado putus nyambung:)

    salam
    anita

  11. Om Swastyastu bli Made,
    selain ijazah dan transkrip nilai, apakah perlu tyang mengirimkan sertifikat terkait mengenai pelatihan2 untuk di permohonan beasiswa nggih?

  12. salam smngat & sukses selalu pak andi..sy sangat berterimakasih krn blog ini sangat membantu saya sehingga sy lolos AAS 2013..beruntung kali sy lolos krn AAS 2013 ini adalah aplikasi beasiswa sy yg pertama..sy pastikan sy tdk bs lepas dr blog anda utk perburuan beasiswa sy yg selanjutnya..thanks pak andi..:)

  13. Hallo Made 🙂

    Perkenalkan saya Yuni dari Batam. Terima kasih sebelumnya telah membuat blog informatif ini. Semoga anda berkenan menjawab beberapa pertanyaan saya seputaran beasiswa luar negri

    Sebelumnya, saya tertarik untuk melanjutkan studi S2 saya melalui program ADS namun ketika saya menemukan informasi mengenai LPDP saya lebih cenderung lebih tertarik melanjutkan studi ke Oslo.

    di LPDP ada pengisian CV mengenai publikasi karya ilmiah. Kebetulan saya belum pernah mempublikasikan karya ilmiah apapun namun buku fiksi saya telah diterbitkan oleh GPU. Apakah sebaiknya buku saya tersebut saya cantumkan atau tidak ya? Kemudia untuk piagam penghargaan, kebetulan saya juga sering mengikuti lomba. Tidak pernah menang namun dapat sertifikat apakah sertifikat tersebut relevan jika dicantumkan?

    Terima kasih banyak Made! Sukses selalu bagi anda yang sangat inspiratif 🙂

  14. Hallo pak andi, perkenalkan saya fajar dari banyumas, saya sekarang kelas xii sma. saya berharap di tahun 2015 bisa bertemu bapak, dan bapak bisa berbagi pengalaman tentang teknik geodesi. Aamiin

  15. membaca komen komen yg udah dari 2012 membuat saya seperti manusia yang gagal, mengapa begitu terperangkapnya diriku dalam sebuah aktivitas yang kurang menunjang passion.

    lalu membaca komen tahun 2014 bulan november, saya heran, begitu telatennya bapak mengelola blog. jika saya melihat blog ini, tidak ada profit lebih, tidak ada iklan seperti blog yang lain, yang ada cuman dapat teman jaringan, apa yang paling memotivasi bapak untuk senantiasa mengelola blog ini ?

    1. Orang2 seperti Anda. Orang yang jujur menyampaikan apresiasi dan jujur menyatakan bahwa ada manfaat dari yang saya kerjakan. Meski lecil. I am only here because of [people like] you 🙂

  16. Salam Pak Andi,
    Saya Okta, saya sangat mengapresiasi website Madeandi ini, sangat membantu dan inspiratif terutama kepada calon pelamar beasiswa AAS. Kalau tidak keberatan, bolehkah nanti saya interview santai melalui skype seputaran beasiswa AAS ini ? Jika memungkinkan saya juga sangat senang bisa ikut menyebarkan website ini.

    Terimakasih. Saya tunggu kabar baiknya 🙂

  17. Salam silaturahim Pak Andi, saya Gina dari Universitas Galu, Ciamis, Jawa.Barat. Senang bisa menemukan figur inspiratif seperti Bapak 🙂

  18. salam kenal mas andi, saya liharman saragih dari FE-Universitas Simalungun, Siantar-Sumut…terimakasih sudah bersedia menjadi seorang inspirator.

  19. Selamat sore pak Andi, saya Anna, mahaasiswi pertanian USU, saya akan segera wisuda bulan februari mendatang, saya berniat ingin mencoba beasiswa AAS tahun ini, tapi saya sedikit bingung dengan syarat yang tertulis di brosur beasiswa AAS 2015 pada poin:
    * ijazah/gelar pendidikan tingkat lanjut dan tingkat tinggi resmi
    (dilegalisir*)
    * transkrip nilai pendidikan tingkat lanjut dan tingkat tinggi
    resmi (dilegalisir*)

    Yang ingin saya tanyakan, pendidikan tingkat lanjut itu maksudnya SMA ya pak? Lalu pendidikan tingkat tinggi itu maksudnya Universitas ya pak? Saya bingung dengan penggunaan istilah ini, terimakasih sebelumnya pak.

      1. Terimakasih atas jawabannya pak Andi, berarti saya hanya perlu menyediakan ijazah dan transkip nilai S1, tidak perlu ijazah SMA. Saya sedang berusaha menghubungi dosen disana untuk menjadi supervisor saya, semoga mendapat respon yang baik. 🙂

  20. Om Swastiastu Bli andi,
    Tyang mau bertanya.. apa mahasiswa Politeknik negeri dan Sekolah Tinggi bisa juga mendapatkan beasiswa ADS?
    Suksma.

  21. terimakasih pak atas informasinya di blog ini yang sangat bermanfaat. saya ingin bertanya pak, apakah jika telah menyelesaikan S2 bisa mengambil beasiswa S2 lagi dengan bidang yang berbeda? terimakasih sebelumnya pak:)

  22. Selamat Sore, Pak Andi.
    Saya sangat senang dan termotivasi dengan tulisan Bapak mengenai scholarship. Saat ini, saya sedang menjalani S2 di IPB, pak. Kebetulan Program Studi yang sedang saya jalani ini menawarkan Short Course di salah satu universitas di Jerman. Saya sangat tertarik untuk ikut serta dalam program tersebut. Yang ingin saya tanyakan, apakah Bapak memiliki tips dan rekomendasi untuk saya agar saya bisa mencari sponsor untuk mengikuti kegiatan Short Course ini, Pak?
    Terima Kasih.

  23. Halo pak Andi, Saya Ayuk saya mau tanya apakah semua dokumen persyaratan harus di terjemah, atau hanya ijazah dan transkrip saja? Kalo di jogja apakah setiap kampus menyedikan jasa terjemah dokumen?atau hanya di UGM saja pak ?Terima kasih mohon bantuanya

      1. Setelah di terjemah harus dilegalisir ke kemenhukam sma ke kemenlu dan kedutaan negara tujuan juga pak Andi?soalnya sya mencari info tentng ini di blog masih jarang.Mohon pencerahanya pak Andi

  24. Selamat siang pak Andi,

    Salam kenal pak, sy Kusuma Estu dari SUrakarta.

    Seperti para pembaca blog Anda yang lain, sy pun sangat terinspirasi dengan semua informasi terkait beasiswa pak. Sy juga mohon ijin mengeprint informasi tsb. Ini sy jg sedang mempersiapkan berkas2 untuk apply AAS. Bulan Oktober 2015 lalu, sy sudah mendapatkan LoA dr salah satu prof di Curtin University. Karena berhubung score IELTS sy (total score= 6, tp masih ada score yg mohon informasinya ya pak..

    Terimakasih atas waktunya.

    Salam
    Estu 🙂

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s