About me

I Made Andi Arsana

Teman-teman memanggil saya Andi. Karena saya orang Bali, sebagian lain memanggil “Bli Andi”. Beberapa kawan lain memanggil saya MadΓ©. Saya lahir dan besar di Bali, kini bekerja di Jogja sebagai guru di UGM. Saya suka menulis dan bercerita. Dari waktu ke waktu, saya juga terus belajar membaca dan mendengarkan.

Di blog ini saya menulis apa saja yang saya anggap menarik. Saya tidak membatasi diri di ruang sempit bernama geodesi dan geomatika meskipun saya berlatar belakang pendidikan itu dan bangga menyebut diri saya surveyor. Dengan tetap mengasah kemampuan teknis survey dan pemetaan, saya juga belajar penetapan batas maritim yang tidak saja teknis tetapi juga legal dan politis. Sambil tetap mengasah pengetahuan saya di bidang aspek geodesi/teknis hukum laut, saya tetap menulis puisi, cerita pendek dan tulisan lain yang bersifat fiksi.

Selamat datang di rumah maya saya dan selamat membaca.

Andi

PS. Ingin tahun lebih banyak tentang saya? Kunjungi website resmi saya di sini atau silakan berkirim email πŸ™‚

155 thoughts on “About me”

  1. gimana de kabarnya? tiyang pernah baca kayaknya dulu di blogg made ada cara nyari otonan,
    kalo made gak sibuk tolong di upload atau di email, kalo ada de yang cara manual bukan pake software ini untuk para perangkat desa.

    makasi banyak ya de……

  2. Bli Ketut,

    Prinsip dasarnya adalah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) Misalnya kita tahu hari ini adalah Rabu Umanis Dungulan, tentu saja kita bisa tahu bahwa 2 hari lagi adalah Jumat Pon Dungulan. Rabu dan Jumat adalah bagian dari perhitungan waktu berbasis 7 (berulang 7 hari sekali), sementara Umanis dan Pon menggunakan basis lima (berulang 5 hari sekali, disebut juga pasaran). Sedangkan, Dungulan adalah wuku yang jumlahnya 30 dan masing-masing wuku berumur 7 hari (satu minggu).

    Jika diterapkan untuk menghitung otonan, maka intinya adalah untuk menentukan pertemuan antara tiga hal di atas (basis 7, basis 5 dan wuku). Hal lain yang perlu diketahui adalah otonan berulang setiap 210 hari sekali. Artinya jika seorang anak lahir tertentu, maka 210 hari kemudian pasti sama dengan hari lahir dalam hal hari, pasaran dan wuku.

    Jika seorang anak diketahui tanggal lahir masehinya tetapi tidak diketahui otonannya, maka caranya mudah saja. Kita bisa hitung mundur dari hari ini. Tentu hari ini kita bisa ketahui bahwa misalnya adalah Rabu Umanis Dungulan. Selanjutnya tentukan umur anak tersebut sekarang, misalnya 374 hari (lebih dari setahun). Tugas selanjutnya adalah mengitung 374 hari yang lalu itu hari apa. Kalau sekarang Rabu berarti mudah kan mencarinya πŸ™‚ Begitu pula dengan pasaran dan wuku.

    Komputer digunakan untuk membantu perhitungan ini. Itu saja.

    Silahkan lihat file excel untuk perhitungan otonan ini di sini.

    1. Om Swastyastu,

      Bli Made, maaf ya saya unprotect file excel untuk perhitungan otonan buatan Bli karena saya penasaran apa isi kolom yang di-hide. Ampura ping banget nggih…
      Tenang, saya tidak akan melanggar hak cipta dari program buatan Bli Made, saya cuma mempelajari logikanya saja. Ternyata sangat mudah setelah melihat full isi sheet-nya. Sekali lagi mohon maaf Bli, semoga Bli Made berkenan memaafkan saya. Matur suksma…

      Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.

    2. saya mau tanya juga pak, kalo tahu otonannya saja gimana untuk mencari tanggal lahir masehinya…???

      terimakasih…

  3. salam….

    saya stevi, tinggal di malang. saya tertarik tulisan anda beberapa waktu yang lalu tentang geospasial dan perbatasan wilayah, kalo tidak salah. tapi bukan yg tentang kota malang.
    seingat saya, anda jg menulis bukunya. boleh tau saya bisa mendapatkannya dimana ya? kebetulan temen saya sedang mengerjakan desertasi ttg hal itu.
    terimakasih sebelumnya.

  4. Baru tahu kalau Made di UGM. Kita beda satu angkatan saja. Salam kenal ya.

    Terima kasih banget dah balas imel tentang form ADS itu. Saya ingin ngelanjut sekolah, capek juga kerja terus, pingin istirahat sambil belajar πŸ˜‰

  5. Salam kenal pak Andi..
    Tulisan anda tentang Wollongong sangat menarik. Saya berencana melanjutkan studi ke sana. Saya berharap nanti bapak tidak berkeberatan memberikan tips dan info lebih banyak tentang Wollongong setibanya saya di sana. Terima kasih sebelumnya. Sampai jumpa.

  6. Hallo Made, atau Andi? Sama aja yah … πŸ™‚
    Wah, ketemu teman se almamater nih. Kalau boleh tahu, Mas Andi lulus tahun berapa? Saya lulus tahun 1986. Mungkin kita nggak pernah ketemu di kampus ya.

    Ok deh, saya mau baca-baca tulisan Mas Andi dulu. Hm, interesting …

    Salam,
    ======
    Makasih Bu Tuti, sudah mampir.

  7. Halo Andi,
    Apa khabar? Wah dah lama sekali ya. Andi adik kelas saya di SMA3 (kalau masih ingat). Saya lagi cari artikel buat menghitung otonan, kok bisa mendarat disini. Ok terimakasih banyak dan email2 khabar kalau sempat.
    Suksema.

  8. Salam kenal, bapak I Made Andi Arsana.

    Selain meliput dan menulis berita, saya juga sedang belajar menikmati kegiatan menulis di blog.

    Semoga, bapak Made Andi juga berkenan untuk berdiskusi bersama-sama mengenai blog, dan segala sesuatu yang berkenaan dengan kegiatan blogging.

    Terima kasih dan salam kenal,

    Ananta Politan Bangun

  9. Bli Made, apakah Bli sekarang menjadi pengajar di sekolah atau tempat-tempat kursus komputer di Denpasar. Namanya apa? Karena saya sekarang lagi nyari tempat kursus dan pengajar yang profesional.

  10. slamat malam pak Andi…salut baca tulisannya….apalagi growth chart dik Lita…. saya Emma, yang tadi ketemu di dekat Bank di UOW.

  11. hai mas andi, ini sepintas baca2 blognya (baru nyampe nih dini hari di strasbourg). tulisan2nya oke dan luas loh, dan enak banget dibaca ;). kapan2 lanjut lagi mbacanya…
    a+

  12. Salam Sejahtera Pak Andi

    Saya membaca sekilas desertasi Tao jin berjudul ” GIS for House Hunters” kalau tidak salah dia dari Universitas Wollongong juga, apakah bisa download desertasi tersebut?

    Trims

  13. Dear Made,

    Your blog and all of your written was very inspiring and make me realize that we do need to do good things while we can. I’m a lecturer as well, but I teach in the University of Surabaya.

    Recently, I’m trying to find scholarship from ADS scheme and by chance come to your webpage when I tried to find an editable ADS form. Thanks for your effort on making the form editable. I’ve sent the form and wish me luck to get the ADS this year.

    I suggest you, if possible – to publish all of your written in this blog. I really think all the written are really interesting, inspiring, and giving positive spirit. I can’t wait to see it becomes tangible and can be enjoyed by all Indonesian. Please let me know when it is published, so I can be one of the reader of the book.

    Thanks
    Budi Hartanto

    1. I really hate my english skill: all the word “written” should be “writting”, right? Sorry for that.
      πŸ™‚

      Budi Hartanto

    2. Dear Budi,

      Thanks you for your positive comment. A book of mine will be published soon (by the end of this year). Even though it does not contain everything I posted in this blog, it does contain my journey. I will keep you posted.

  14. Made, apa kabarnya?
    Masih ingat dengan saya? Dulu kita pernah ketemu di acaranya Pak Putu Yuli Adnyana di PTRI New York. Walaupun sebentar tapi pertemuan yang sangat mengesankan menurut saya. I truly enjoy reading your blog and am looking forward to your new book.
    Selamat tahun baru 2010 untuk Made dan keluarga.

  15. Pak Made,

    Salut atas keuletannya mendapatkan tempat tinggal di Wollongong.
    Untuk paid service, dapatkah ditambahkan :
    mencarikan tempat tinggal sementara (1 minggu) di Wollongong?
    Saya perlu bantuan untuk pertengahan Feb 2010.
    Terima kasih.
    venus.

  16. Salam kenal mas Andi, dulu pernah mampir ke blog ini saat mau apply ADS and sempat juga baca-baca tulisan mas Andi. Lama ga berkunjung, tiba-tiba diingetin sama teman yang lagi kuliah di Perancis yang pernah ketemu sama mas Andi di OKTI Paris, akhirnya berkunjung deh ke blog mas Andi lagi hehe..Ternyata mas Andi menang di OKTI ya.. selamat ya mas (kayanya telat banget deh ngucapinnya hehe, maklum mas baru tahu tadi sih hehe)..

  17. salam kenal mas Andi,
    waduh, kayaknya sy cukup telat dalam mengakses blog ini..=( Pertama sy bs dapet form aplikasi yang editable ini, sy bilang sm tmen, wah…ternyata ada org baek yg mau repot…sungguh itu membuat sy jd terinspirasi..=) tp msh bisakah sy meminta bantuan utk dapetin tips2 dalam pengisian form aplikasi adsnya?
    atas bantuannya,
    maturnuwun sangeeet…

  18. Dear Andi,

    All these personal experiences are really inspiring and life changes, and almost in every single of our movement, wherever we go for, there are so many untold stories to most inspiring one…the fruits of your past efforts are being harvested as today’s life…best of luck,,,

    jony

  19. Jika seorang anak diketahui tanggal lahir masehinya tetapi tidak diketahui otonannya, maka caranya mudah saja. Kita bisa hitung mundur dari hari ini. Tentu hari ini kita bisa ketahui bahwa misalnya adalah Rabu Umanis Dungulan. Selanjutnya tentukan umur anak tersebut sekarang, misalnya 374 hari (lebih dari setahun). Tugas selanjutnya adalah mengitung 374 hari yang lalu itu hari apa. Kalau sekarang Rabu berarti mudah kan mencarinya Begitu pula dengan pasaran dan wuku.
    +1

  20. Pak Andi…
    Boleh saya minta alamat email bapak? kalau diperkenankan saya mau bertanya (banyak) hal mengenai aplikasi ADS 2010.

    Terima kasih Pak Andi

  21. hai bli…sudah lama tidak sapa. wa…makin berkibar dengan ilmu ni..terus berjuang sampai persoalan batas maritim selesai.

    sahabatmu

  22. salam kenal pak..saya mahasiswa tingkat akhir, saya InsyaALLAH mengambil tugas akhir mengenai batas maritim NKRI dengan Timor Leste. Saya baca buku pak made tentang kasus serupa, dan terima kasih dapat banyak informasi yang saya butuhkan. Saya minta ijin sedikit mengutip dari buku bapak. Apa boleh pak?? terima kasih..

  23. Selamat siang Pa Made.

    Salam kenal, nama saya Eduard mahasiswa tingkat akhir program studi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

    Saat ini saya sedang melakukan penelitian akhir mengenai konflik Ambalat ditinjau dari upaya-upaya Kementerian Luar Negeri RI pada periode 2005-2010.
    Saya pun diberi rekomendasi oleh dosen pembimbing saya, Sukawarsini Djelantik, Ph.D untuk mencari referensi karangan anda yang berjudul Batas Maritim Antar Negara.
    Beliau merekomendasikan untuk melihat buku anda sebagai referensi latar belakang masalah dan tinjauan teknis mengenai isu perbatasan.
    Saya pun sempat melihat dokumen dan presentasi anda beberapa waktu yang lalu pada acara seminar IIS HI UGM bersama Prof. Hasjim Djalal mengenai Hukum Laut.
    Sangat menarik sekali bisa bertemu dengan anda sebagai sesama pengguna wordpress, saya berharap banyak bisa berdiskusi dan kenal dengan anda sebagai pakar permasalahan dari penelitian yang sedang saya lakukan.

    Terima kasih dan Salam,

    Eduard
    International Relations, Politics and Social Studies
    Parahyangan Catholic University
    eduard.1105@alpharian.com

  24. Saat ini saya sedang melakukan penelitian akhir mengenai konflik Ambalat ditinjau dari upaya-upaya Kementerian Luar Negeri RI pada periode 2005-2010.Saya pun diberi rekomendasi oleh dosen pembimbing saya, Sukawarsini Djelantik, Ph.D untuk mencari referensi karangan anda yang berjudul Batas Maritim Antar Negara.Beliau merekomendasikan untuk melihat buku anda sebagai referensi latar belakang masalah dan tinjauan teknis mengenai isu perbatasan.Saya pun sempat melihat dokumen dan presentasi anda beberapa waktu yang lalu pada acara seminar IIS HI UGM bersama Prof. Hasjim Djalal mengenai Hukum Laut.Sangat menarik sekali bisa bertemu dengan anda sebagai sesama pengguna wordpress, saya berharap banyak bisa berdiskusi dan kenal dengan anda sebagai pakar permasalahan dari penelitian yang sedang saya lakukan.
    +1

  25. Salam kenal pak Made…saya adalah salah satu mahasiswa Teknik Geodesi Undip.
    Saya telah membaca buku bapak yg berjudul Cincin Merah di Barat Sonne. Saya sangat menyukai buku bapak yang banyak memberi inspirasi terutama di bidang Geodesi.
    Jadi tertarik untuk membaca tulisan-tulisan pak Made yg lain πŸ™‚

  26. salam kenal … sy sangat ingin kuliah d luar negeri … meski saya sadar saya adalah perempuan super biasa dan tak punya kepandaian berlebih … yg saya tau … saya hanya ingin sekolah … taun ini saya harus menunda impian untuk bisa apply ads … mgkin taun depan akan saya coba lagi .. mohon share info ads … thxs

  27. salam kenal pak andi..
    saya Norka, seorang mahasiswi di kalimantan..saya senang membaca blog bapak, banyak inspirasi yg bisa didapatkan. saya minta izin untuk menaruh link blog bpk di blog saya : findingnorka.blogspot.com
    terima kasih pak atas tulisan2nya..

  28. Pak Andi, saya ingin mendaftar beasiswa di Australia tetapi sya hanya memiliki TOEFL 537. bisakah sy mendaftar beasiswa? terimakasih atas jawabannya…

  29. Salam kenal pak,
    saya kadek ridoi rahayu dari Gianyar, Bali πŸ™‚
    sedang kuliah di scholl of publivh health, udayana univ.
    Wah senang membaca blognya, say banyak nyuri ilmu dan pengalaman disini πŸ˜‰
    semoga tahun selanjutnya saya bisa mengikuti jejak bapak,
    berharap bisa mendapatkan scholarship dan melanglang buanaaa…
    ahh…jadi semakin semangat. makasi semangat yg telah ditularkan ini pak
    semangat!

  30. bang andi, apakah saya boleh minta email anda? karena sepertinya saya perlu ngobrol dengan anda tentang impian saya dan keluarga saya yang begitu besar dan anda telah membuat itu semakin besar dengan postingan-postingan anda yang bernada motivasi. terimakasih bang.
    salam dari seorang pejuang yang sedang bermimpi

  31. Bli,

    Mau konfirmasi saja. Mengenai blog ini berarti Bli sudah upgrade ke versi Pro dari WordPress ya?

    Jadi semangat untuk belajar lagi nie…

    Makasie ya Bli atas inspirasinya dan semoga Tuhan YME yang membalas semuanya…

    Amien…

    Mari kita saling mendoakan dalam kesatuan NKRI tercinta…

  32. Mas Andi, saya mau nanya, saya ingin sekali mengambil jurusan TI khususnya mengenai network security. Tp saya lihat di PDA dan PFS ADS tidak ada. bagaimana mnrt Mas Andy? tks

  33. Saya baru mendarat di blog Pak Andi setelah seorang teman membisiki waktu Bapak presentasi di kelas Barbara di IALF minggu lalu. Ternyata benar kata teman saya, inspiring banget…
    Skrng saya sedang berjuang utk bisa memenuhi requirement skor IELTS. Baca blog Pak Andi membuat saya semangat kembali! Thks for inspiring!

  34. bli andi saya deky mahasiswa hukum internasional FH Unisba bandung, saat ini saya sedang mengambil mata kuliah hukum laut internasional, saya masih binggung soal batas maritim indonesia. waktu itu saya pernah lihat di borderstudies.info ilustrasi soal batas maritim indonesia tetapi saya lupa menyimpan file itu, sedangkan saaat ini situs itu sedang tidak bisa dibuka

    Bisakah saya dikirimkan via email ilustrasi batas maritim yang ada di borderstudie. info itu ke rosdianadeky@yahoo.co.id

    terimakasih bli

  35. Hallo
    Andi..

    Salam kenal…
    Saya pernh ikut presentasi bapak di geodesi UGM mengenai batas wilayah..,kapan saya boleh mendengarkan kembali presentasi bpk ? Mohon info jika ada jadwal memberikan mata kuliah di UGM

    Salam…

  36. Pak, saya ingin mengambil beasiswa master, tetapi saya belum memiliki pengalaman banyak mengenai bidang yang ingin saya ambil. apakah ada tips dari bapak dalam penulisan personal statement saya? Kalau boleh, apakah saya boleh meminta email bapak? Terima kasih sebelumnya.

  37. Selamat sore pak andi,,^_^
    Insipring banget blognya,,,terima kasih sudah berbagi.
    Saya seorang guru, saya memimpikan utk bisa mendapat beasiswa s2 LN dlm bidang penddikan, tapi saya mrasa belum mempersiapkan apapun, dan bingung harus memulainya dari mana, mohon penguatan dan masukannya. Terimakasih

  38. Pak Andi, saya berniat melamar beasiswa VET tahun 2014 ke Australia untuk melanjutkan studi saya di bidang pariwisata. Tapi saya masih sedikit bingung dengan proses aplikasinya bagaimana? apa kita harus cari College dulu di Australia setelah di terima baru apply beasiswanya. Mohon bantuan informasi, tips bagaimana cara melamar beasiswa VET.

    Terima Kasih Pak Andi.

  39. salam kenal pak andi.sy guru bhs inggris di salah satu SMK di kab Belu-NTT,sy mengajar di daerah perbatasan timot leste.Di daerah perbatasan sebenarnya banyak kisah menarik yg harus di ceritakan,oleh karna itu saya kepingin berguru d pak andi biar sy bisa jd penulis seperti bapak………………

  40. barusan baca cv Bli Made di madeandi.staff.ugm.ac.id. It took literally 20 minutes just to go through for not even half of it and I didnt even finish reading your cv that I decided to write this comment…maybe because I was trying to absorb, to make sense, to put myself into your shoes, what you have achieved. or maybe because I was too amazed with the amount of awards and publications that you have published? the big question is…how long did it take you to write your cv? πŸ˜› hehehe
    A big salute to what you have and will be accomplished! anyways, salam kenal Bli Made. Saya Aan. Mohon maaf karena baru sekarang tergerak untuk mencorat-coret blog anda, even tough I’ve been visiting,reading and stealing info on this blog for the last couple of years. Thanks mate!

    1. Mas Aan,
      Terima kasih atas salam sapa dan pujiannya πŸ™‚
      Saya bersyukur dengan apa yang saya lakukan. Soal manfaat, orang lain yang tentu menilai.
      Lebih bersyukur lagi jika ternyata apa yang saya lakukan berguna. Akan lebih mantap lagi kalau menginspirasi πŸ™‚

      Salam hangat, selamat atas segala keberhasilannya juga πŸ™‚
      Andi

  41. Selamat pagi pk Andi.
    Senang sekali membaca tulisan bapak, membakar semangat saya lg unt melanjutkan status yg baru saya lepaskan, mahasiswa. hehehe
    Saya baru menyelesaikan S1 di Universitas Riau bulan Mei lalu.Sedikit bingung mau melakukan apa setelah ini, kerja atau kuliah. Setelah membaca tulisan bapak, mulai terbuka pikiran ini.
    Sekali lagi terima kasih
    Salam kenal πŸ™‚

  42. selamaat malam pak andi… saya rian dari aceh… saya baru lulus SMA… bingung mau kuliah dimana… tapi saya mau kuliah diluar indonesia, sekalian cari pengalaman…. kirakira beasiswa ads ini ada untuk yg s1 gak ya? trima kasih pak

  43. Halo Pak Andi. Saya mahasiswa semester 7 yang sebentar lagi akan lulus S1 dari Universitas Negeri Medan jurusan akuntansi.
    Saya berencana untuk melanjutkan studi langsung setelah menerima gelar S1.
    Saya sudah membaca informasi tentang program beasiswa Pascasarjana Austalia Awards, dan kemudian agak sedikit bingung dengan pernyataan berikut :
    “Pelamar dari geografis yang merupakan fokus AusAID adalah mereka yang bertempat tinggal di provinsi NTT, NTB, Papua, Papua Barat dan Aceh.”
    Maksudnya bagaimana ya Pak? Apakah saya boleh apply untuk program beasiswa ini meski saya tidak berasal dari daerah yang disebutkan tsb karena saya berasal dari SUmatera Utara.

    mohon bantuannya Pak.

    Thanks.

  44. Salam kenal Mas Andi,

    Terima kasih atas sharing informasinya tentang beasiswa dan kehidupan di australia. Mau tanya sedikit nih tentang beasiswa IPRS. Saya saat ini mendaftar beasiswa IPRS di James Cook University dan telah menjalin kontak dengan salah satu profesor dan beliau bersedia menjadi pembimbing S3 saya. Apakah dengan ada kesediaan profesor itu menandakan kemungkinan besar aplikasi beasiswa saya diterima? dan apa ya bedanya antara IPRS dan ADS?

    Terima kasih
    Roni

    1. Dukungan profesor itu meninggikan peluang tetapi tidak menjamin. Tim seleksi IPRS itu terdiri dari banyak orang dan penilaiannya didasarkan pada kualitas kandidat. IP S1 itu ternyata sangat berpengaruh, misalnya.
      Bedanya dgd ADS. Kalau ADS akan dapat konsesi untuk transport dll, IPRS tidak. Selain itu durasinya ADS 4 tahun, IPRS jika tidak salah 3-3,5 tahun. Good luck!

  45. Bung Andi,sya pengen kuliah s3 bidang human nutrition di australia,,,saat ini baru mau nyelesaikan S2 Clinical Nutrition di UNS,,,,,sy bekerja di RSUD Wonosari,,Gunungkidul,,,,bgmn agar saya bisa menghubungi anda,,,sy perlu nih motivasi dari anda,,,sy perlu diskusi dengan anda,,,,semangat saya untuk kuliah S3 kembali membara setelah membaca tulisan2 anda,,,,,bisa ketemu gak,,,heheheh,,tank,sy tunggu jawabannya….

  46. Salam hangat Pak Made dari Jogja. πŸ˜€

    Senang sekali bisa menemukan banyak cerita sekaligus inspirasi dari ‘rumah’ Pak Made. Semoga berkenan mendapat ‘tamu’ seperti saya. Hehe.

      1. Sangat senang sekali dapat sambutan yang baik, Pak. Semoga bisa mendapat lebih banyak lagi pelajaran dan ‘wit’ yang bisa mengkayakan pengalaman nantinya. πŸ˜€

  47. Hay pak salam kenal,
    Saya suka dengan prinsip hidup bpak yang ingin membantu teman2 lain untuk lebih maju dan sukses. sekarang ini saya sedang menempuh S1 di semester 5 pada Fak. Hukum Unila. saya ingin melakukan saran2 yang diberikan bpak. semoga saya dapat melakukanya dan belum terlambat.
    Terimakasih pak atas inspirasi yang sangat luar biasa.

  48. subhanallah sekali, sunggu besar budi bapak dalam membagi ilmu, semoga Allah selalu memberikan bapak semangat, sehat dan selalu baik kepada sesama, terima kasih pak telah menjadi orang hebat sehingga bapk bisa membantu kami yang membutuhkann..
    pak saya sangat tertarik sekali dengan beasiswa S2 di Australi,,
    pertanyaan saya adalah, menurut pengalaman bapak, apa yang harus dilakukan untuk mendapa nilai TOEFL yang tinggi sesuai dengan persyaratan beasiswa dan kalau IELTS gimn pak? atau strategy bapak gimn?
    mohon jawaban bapak,,
    karena saya sngt ingi sekali lanjut di luar negri..
    makasi pak,,
    salam kenal πŸ™‚

  49. salam kenal pak andi
    subhanallah sungguh besar budi pekerti bu pak, terima kasih sudh menjadi orang baik dan mau membantu kami untuk meraih mimpi kami,
    dan semoga Allah selalu memberikan bapak kesehatan, kebahagian, kerjinan dan semangat untuk mencapai tujuan bapak dan tujuan masyarakt lainnya..
    dan terima kasih juga pak untuk merespon segala keluhan kami dan membantu menyemangati kami,,
    pak sy ingin bertanya sedikit saja mengenai strategy bapak atau cara bapak untuk mendapatkan skor TOEFL dan IELTS yang tinggi pak yang sesuai dengan persyaratan beasiswa..
    bapak sy sangat semangat sekali untuk ngambil beasiswa S2 di Australia..
    mohon jawabanya pak,,
    terima kasih pak
    salam kenal lagi..
    semnagt selalu pak

  50. halo pak andi atau beli arsana, salam kenal.just blogwalking..kita satu almamater ya tapi mungkin jauh di bawah bapak πŸ™‚

      1. Salam kenal pak,,,
        Maaf pak sebelumnya..
        saya ada yang mau ditanyain seputar pendaftaran UOW…
        saya sudah dapet LOA conditional dari UOW, dengan nilai b.inggris ysang menjadi conditionalnya…
        dan jawaban dari operator UOW bahwa penyerahan condition 2 minngu sblm pendaftaran,.
        pertanyaannya pak, kapan ya pak terakhir pendaftaran ulang di UOW, dengan perkuliahan dimulai februari 2016…
        terima kasih sblumnya pak..

  51. Salam kenal pak Andi. Saya shintya dari semarang. Kebetulan kita satu profesi, hanya saja beda universitas. Saya dan suami ketika membaca blog bapak sangat terinspirasi sekali dengan tulisan bapak. Kiranya bapak mau berbagi ilmu pada kami yang masih minim ilmu dan minim pengalaman. Mohon arahan karena maret 2016 InShaaAllah kami akan melanjutkan PhD di Melbourne of University. Semoga berkah Nya selalu tercurah untuk bapak sekeluarga.

  52. hai,pak.sebelumnya saya mau tanya dimanakah sebenarny tempat wafatnya presiden Ir.soekarno????dan saya juga tanya tentang pendaftaran anak baru dipesantren.?>??

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s