Pendaftaran Australia Awards Scholarship 2016 telah dibuka!


STOP!

Mungkin Anda sedang mencari informasi pendaftaran Beasiswa Australia Awards tahun 2017. Informasi di bawah ini adalah untuk tahun 2016 dan sudah ditutup. Untuk periode 2017, beasiswa ini akan dibuka tanggal 1 Februari 2016. Silakan baca tulisan ini.

Penjelasan singkat
Australia Awards Scholarship alias AAS adalah beasiswa penuh bagi masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat untuk studi S2 atau S3 di perguruan tinggi Australia. Jika Anda sudah menyelesaikan pendidikan S1 dan berusia di bawah 42 tahun, Anda berkesempatan untuk mendaftar. Berikut ini hal-hal penting yang mungkin membantu Anda.

  1. Saya ga’ ngerti apa-apa tentang AAS. Silakan baca ini. Masih ngga ngerti juga? Coba baca website resminya. Masih tetap nggak ngerti juga? Jangan becanda.
  2. Informasi resmi bisa diperoleh di mana? Di websitenya: www.australiaawardsindo.or.id.
  3. Syaratnya apa saja? Semua ada di sini.
  4. Apakah pendaftarannya bisa online? Untuk tahun ini, pendaftaran disarankan online lewat OASIS. Pendaftaran ofline dengan mengisi formulir cetak bisa dilakukan jika pendaftaran lewat OASIS tidak berhasil. Saran saya, coba dulu OASIS sekarang.
  5. Formulirnya diperoleh di mana? Bisa diunduh di sini. Jangan lupa isi data dulu dan data ini tidak akan menentukan Anda diterima atau tidak. Ini hanya untuk dokumentasi AAS. Info tambahan: tanggal lahir tidak harus diisi. Oh ya, kalau kesulitan, bisa juga langsung diunduh dari sini.
  6. Apakah semua jenis TOEFL atau IELTS bisa dipakai? Ada daftar penyelenggara TOEFL yang diakui di sini.
  7. Bisa daftar di Universitas mana saja ya di Australia? Ada di sini.
  8. Apakah harus mendaftar di universitas di Australia dulu sebelum mendaftar AAS? Tidak tetapi harus kontak dulu universitasnya sebagai tanda Anda sudah melakukan persiapan matang sebelum mendaftar beasiswa.
  9. Saya nggak bisa akses internet terus-menerus, bisakah membaca informasi secara offline? Bisa. Silakan unduh buku panduan dalam bentuk PDF di sini, sehingga bisa dicetak dan dibaca di kereta atau di bus kota atau angkot. Bisa juga unduh brosurnya.
  10. Bidang apa saja yang didanai oleh beasiswa ini? Semua ada di formulirnya, lihat halaman 13, atau di sini.
  11. Kalau bidang ilmu saya tidak ada di daftar prioriotas gimana dong? Jangan khawatir, masih tetap bisa mendaftar. Coba kaitkan bidang Anda dengan bidang-bidang yang ada di formulir itu atau baca informasi bidang kegiatan yang dilakukan oleh Australia terkait Indonesia di sini.
  12. Kapan deadlinenya? Tanggal 30 April 2015. Deadline ini lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Jangan sampai ketinggalan.
  13. Saya belum punya TOEFL atau IELTS, bisa daftar nggak? Ya, tes dulu dong. Tapi kalau sampai deadline belum punya juga, bisa menyerahkan berkas aplikasi tanpa TOEFL atau IELTS tapi harus dinyatakan di sana kapan akan menyelesaikan tesnya. Intinya, tetap harus pakai TOEFL atau IELTS. Lihat formulir pada pertanyaan nomor 11 halaman 17.
  14. Kalau sudah pernah daftar dan gagal, boleh mendaftar nggak? Boleh banget. Justru ini pertanda Anda pejuang yang gigih. Lihat formulir halaman 12.
  15. Boleh nggak mendaftar AAS dan di saat yang sama mendaftar beasiswa lain? Boleh sekali dan justru harus disampaikan. Ini tidak akan mempengaruhi penilaian kok. Lihat formulir halaman 12.
  16. Apakah perlu surat rekomendasi? Perlu untuk yang daftar S3, untuk yang S2 tidak wajib tapi disarankan.
  17. Sebenernya dokumen apa saja sih yang disiapkan? Coba lihat formulir di halaman 24. Di sana ada penjelasan dokumen wajib dan dokumen tambahan yang harus disertakan.
  18. Perlukan menyerahkan proposal? Perlu untuk pelamar S3 dan S2 by research. Kalau S2 by coursework tidak perlu. Tidak harus menyerahkan proposal terpisah karena di formulir pendaftaran sudah ada isian proposal. Lihat formulir halaman 15.
  19. Perlukah menghubungi calon supervisor atau profesor sebelum mendaftar AAS? Perlu jika akan daftar S3 atau S2 by research. Jika mendaftar master by coursework, tidak perlu.
  20. Apa bedanya master by research dengan master by coursework? Yang pertama pakai tesis, yang kedua tidak. Sederhananya gitu lah. Silakan baca tulisan ini.
  21. Daftar pertanyaan ini bisa memanjang. Kunjungi lagi nanti ya πŸ˜€
  22. Oh ya, hampir lupa. Kalau masih ada pertanyaan, coba baca buku saya yang berjudul Berguru ke Negeri Kangguru. Tidak harus beli, yang penting baca. Tapi kalau mau beli, silakan beli di sini.

Kalau masih ada pertanyaan, wajar, tapi jangan cepat-cepat bertanya lewat comment di bawah ini. Coba jelajahi blog saya ini. Ada bagian khusus yang membahas Beasiswa Australia ini. Jika teliti, kemungkinan besar pertanyaan Anda sudah terjawab di tulisan-tulisan saya yang jumlahnya ratusan. Saya dengan senang hati membantu, tetapi kasihanilah saya. Jangan tindas saya dengan kemalasan Anda untuk menjawab hal-hal yang sudah saya tulis di blog ini. Lagi pula, Anda kan pejuang hebat. Sebelum bertanya, coba renungkan sejenak β€œtidakkah pertanyaan saya ini sudah dibahas di website resmi atau buku panduannya?” Selamat berjuang Kawan!

PS. Jika Anda membaca tulisan ini setelah tahun 2015, kemungkinan informasi di atas sudah tidak valid lagi, terutapa link/tautannya.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

321 thoughts on “Pendaftaran Australia Awards Scholarship 2016 telah dibuka!”

  1. Permisi.. kalau saya hanya punya toefl itp kan tetap bisa daftar AAS. Tapi bagaimana jika univ yg dituju mensyaratkan ielts. Apa tetap harus ambil ielts? Thx πŸ™‚

      1. Maaf mas Andi, tulisannya sangat bermanfaat. O y, apakah di additional form dan referee template harus tanda tangan basah. Thanks..

      2. hi bapak , senang bisa mengunjungi blog bapak..
        oya bapak saya sedikit kebingungan , kemana form ini dikirim pak ?

        via pos atau lansung dengan email ?

      3. assalamualaikum, pak andi saya pembaca blog bapa, yang saya ingin tanyakan adalah apakah ada beasiswa dari AAS untuk pelajar sma yang ingin melanjutkan study ke s1 di univ tersebut,terimakasih.
        salam
        Nadia.

  2. Tks, pak. Krn blog anda saya jd termotivasi ikt seleksi AAS. Semua hal ttg beasiswa ini menjd terang benderang krn informasi yg termuat dlm blog anda. Sya sdh ikt jst JAN kmrn, pak. Tgal tgu pengumuman. Sya ykin yg terbaik yg Tuhan berikan, apaoun hasilnya. Tetap semangat berbagi mll tulisan anda ya, pak. Tuhan memberkati anda dan keluarga.

  3. Salam Mas Andi
    Saya sudah mendownload applikasinya dari website resminya dan sudah mulai mengisinya. Tetapi sampai pada pertanyaan no 8 tentang schoolarship catagory open/public, dan pertanyaan no 9 tentang proposed study box yang tersedia tidak bisa di klik alias tidak merespon. Sementara box pada pertanyaan lainnya bisa di klik.

    Apakah memang seperti itu aplikasinya? Atau ada kesalahan yang saya tidak mengerti. Mohon bantuan jawabannya Mas Andi

    Terima Kasih

      1. Iya apakah cuma saya yang mengalami hal ini, atau adakah applicant lain yang sudah mulai mengisi dan mengalami hal yang sama?

        Saya menggunakan tab samsung untuk mendownloadnya kemudian saya copy ke laptop yg menggunakan word 2013. Mohon informasi dari rekan2 untuk memastikan apakah saya yang salah dari segi IT atau memang seperti itu applikasinya.

        Kalau Mas Andi memiliki sedikit waktu luang, coba tolong Mas Andi download applikasinya dan cek pertanyaan no 8 dan 9. Soalnya saya penasaran kenapa bisa seperti ini ya?

        Terima kasih πŸ˜€

      2. Saya juga sama, ada bagian di mana tidak bisa diberi tanda X.
        Solusi yang saya lakukan yaitu tetap mengklik pilihan yang dipilih dan setelah saya coba convert dokumen tersebut menjadi PDF, bagian tadi sudah bertanda X. Sekian, semoga bermanfaat. πŸ™‚

      3. Saya juga sama, pas isi form online oasis, pas ngisi proposed study box kursornya baca tapi pas diketik huruf huruf ga muncul. Gimana ya solusinya?

        oya pak Andi, ielts sy hasil 14 des 2013 bisa ga dipake buat apply aas intak 2016 skrang? Terima kasih pak

    1. Saya juga sama, proposed study box yang tersedia tidak bisa di klik alias tidak merespon, apakah sudah ada solusi?, sy apply via oasis, online. terima kasih

      1. Hi Wahid, coba online menggunakan komputer atau laptop, dengan internet explorer, chrome, atau mozilla. Jangan pakai opera. Mudah-mudahan berhasil. Good luck.

  4. Terima kasih infonya Pak Andi. Kemarin saya sudah telpon kantor AAS, katanya untuk tahun ini pendaftarannya via OASIS lhoo…

  5. Apakah saya bisa lolos AAS pak Andi? mengingat saya tidak memiliki pengalaman berorganisasi, jurusan saya S1 Administrasi Publik dan rencana ingin mengejar AAS untuk bidang master by coursework yaitu Public Administration di Flinders University, dan sekarang saya pengangguran (resign dari perusahaan perbankan BUMN terbesar di Indonesia sbg pegawai kontrak selama 4 tahun)? bisakah saya lolos pak Andi?terimakasih..salam sukses untuk kita semua..aamiin

  6. Info tambahan, bagi yang sudah S2 tetapi ingin kuliah S2 lagi melalui program ini dipersilahkan. Tidak ada larangan. Tetapi tentu yang menjadi prioritas yang belum S2.

  7. Maaf Pak Andi,saya ingin bertanya. Untuk pendaftaran beasiswa AAS ini apakah bisa menggunakan surat keterangan akan lulus jika hingga deadline penyerahan dokumen kita masih belum resmi lulus S1? Saya rencana lulus S1 Juli tahun ini dan karena pendaftaran ditutup April saya belum mendapatkan ijazah/transkrip saat deadline pendaftaran.

  8. Maaf Pak Andi,saya ingin bertanya. Untuk pendaftaran beasiswa AAS ini apakah bisa menggunakan surat keterangan akan lulus jika hingga deadline penyerahan dokumen kita masih belum resmi lulus S1? Saya rencana lulus S1 Juli tahun ini dan karena pendaftaran ditutup April saya belum mendapatkan ijazah/transkrip saat deadline pendaftaran.

  9. Yth pak andi pak minta tolong dong kalau pak andi tidak keberatan

    1. bagaimana mencari tentang jurnal,artikel atau bahan research dari porfessor di australia mengenai kadar air biji2an misalnya kopi, padi atau yang lainnya karena saya sampai sekarang kesulitan mencarinya,suwun

    2. bagaimana mencari tentang jurnal, artikel atau bahan research dari prof australia mengenai subjectnya tesol tetapi topiknya mengenai motivasi pembelajaran bahasa inggris di suatu daerah,universitas ? Terima kasih atas bantuannya dan perhatiannya BR

  10. salam Bli Made, hari ini saya dapat pengumuman dari AAS dan lulus sebagai reciever beasiswa. Terimakasih info di web nya, jadi panduan saya menekuni AAS selama proses kemarin. salam

  11. Salam kenal pak andi. saya salah satu pembaca buku “berburu beasiswa sampai ke negeri kanguru” benar-benar sangat menyemangati saat membacanya. Trimakasih. Yg saya ingin tanyakan. Utk surat rekomendasi itu dr atasan kn utk s2 tidak wajib tp disarankan. Apa akan mempengaruhi ya jika kami tidak pakai?Misal mengurangi berapa persen kesempatan.
    Trims mohon pencerahannya:)

  12. Malem pak andi
    Saya mau nanyak, untuk ipk apakah harus diterjemahkan dulu ke dalam bahasa inggris atau tidak?
    Makasi pak ☺

  13. Salam..
    Mas Andi, mohon berkenan memberikan penjelasan tentang bbrp syarat yang saya pribadi belum terlalu faham, yaitu tentang 1.sangat dianjurkan bagi para pendaftar PhD untuk menyelesaikan jenjang Masters dengan komponen penelitian sekurang-kurangnya 25%. 2.para pendaftar jenjang Doctorate juga wajib melampirkan ijazah/transkrip gelar S1 yang telah dilegalisir. 3. para pendaftar jenjang Doctorate dan Masters yang studinya akan mencakup sekurang-kurangnya lima puluh persen penelitian wajib melengkapi rincian proposal penelitian di formulir pendaftaran.
    Thank u..

  14. Yth pak andi

    Yth pak andi dan rekans

    pak minta tolong dong kalau pak andi tidak keberatan

    1. bagaimana mencari tentang jurnal,artikel atau bahan research dari porfessor di australia mengenai kadar air biji2an misalnya kopi, padi atau yang lainnya karena saya sampai sekarang kesulitan mencarinya,suwun kalau yang ini buat saya πŸ™‚

    2. buat isteri ni bagaimana mencari tentang jurnal, artikel atau bahan research dari prof australia mengenai subjectnya tesol tetapi topiknya mengenai motivasi pembelajaran bahasa inggris di suatu daerah,universitas ?

    saya sudah mencari pakai google sesuai saran pak andi tapi tidak ketemu juga :), pak andi kalau ada channe di univ wollonggong mengenai tesol (buat isteri saya) dan moisture method boleh juga

    Terima kasih atas bantuannya dan perhatiannya

    BR

  15. Artinya, meskipun masternya blm selsei, tp jika komponen penelitiannya sdh ada 25 %, boleh utk mendaftar? Apakah seperti itu mas Andi? Karena saya baca juga syaratnya kok lbh utama ijazah s1, meskipun lanjut ke PhD.

  16. Slamat mlm bli. Saya gre dari ntt. Saya PNS gol III B, dan rencna apply AAS, krna itu salah satu impian saya. Smga saya dtrima. Yg mau saya tanyakan, univ apa dan di daerah mana yg cocok untk saya ambil master administrasi publik, dan yg memiliki peluang part time untk krja serta biaya hdp yg tidak trlalu mahal. Saya sdh baca beberapa tulisan bli, tapi mungkin ada saran dari bli untk saya, krna saya brencna tdk membwa keluarga apbila tlah lolos untk beasiswa AAS, oleh krna perhtungan biaya asuransi yg cukup bsar, dan krna saya juga skrg menjadi tulang punggung keluarga, jadi paling tdk walaupun sdg blajar tp saya tetap bisa menafkahi istri dan anak serta org tua di indonesia. Trima ksh atas jwbn bli.

  17. Pak Andi, mohon informasi saya kelahiran Desember 1972, apakah masih bisa ambil beasiswa AAS S3 terkait dengan pembatasan umur 42 tahun. Kebetulan saya sudah dapat Unconditional LoA dari UoW.

    Terima kasih

    Salam

    Setyo

  18. Pak Andi, mohon informasi saya kelahiran bulan Desember tahun 1972, apakah masih bisa ambil beasiswa AAS S3 terkait dengan pembatasan umur 42 tahun. Kebetulan saya sudah dapat Unconditional LoA dari UoW.

    Terima kasih

    Salam

    Setyo

  19. selamat pagi mas andi, saya PNS di sekretariat kabupaten TTS, NTT. saya iminta saran mengenai jurusan yang dinilai equivalent dengan s1 saya, ilmu pemerintahan, s2 yg akan saya apply tahun ini master of development studies. apakah ada kaitan sesuai yg ditulis, mangapa memenuhi syarat tapi tidak lulus, di buku berguru ke negeri kangguru? karena saya ingin sekali belajar studi pembangunan, tapi takutnya tidak ada kaitan. terima kasih mas andi.

  20. salam pak andi,
    I can’t thank you enough for your information. alhamdulillah sangat encerahkan. hehe. saya sudah membaca-baca apa yang dipost oleh bapak. namun ada beberapa yg ingin saya tanyakan karena saya kurang faham,
    1. dari pernyataan bapak ‘Apakah harus mendaftar di universitas di Australia dulu sebelum mendaftar AAS? Tidak tetapi harus kontak dulu universitasnya sebagai tanda Anda sudah melakukan persiapan matang sebelum mendaftar beasiswa’?
    kontak dengan universitas di sini maksudnya bagaimana pak? kalau saya mendaftar master by coursework yg bobot research tidak sampai 50% kredit subjek yang diambil apakah tetap harus kontak dengan universitas?
    2. pesyaratan TOEFL yang diminta adalah PBT 580 an, apakah PBT disini sama dengan TOEFL ITP,
    Thank you for your attention in this manner. πŸ™‚

      1. membantu jawab neydalrva ya. PBT mksdnya Paper based test pak made, dan ITP mksdnya Institutional Testing Program pak.
        menanggapi pertanyaan pertama, berarti sejenis soounding-sounding gitu ya pak. trus apa perlu bukti sounding kita di lampirkan? atau hanya sekedar kita explain aja pada saat pendaftaran y pak?

        mohon infonya:)

      2. Hehe maksih Putri :)) *malah dijelaskan kepanjangannya.
        Dari situ kita bisa lihat pbt dan Itp itu Bukan dua hal Yg Harus dibandingkan. Bisa saja tes institutional Pakai komputer atau kertas. Jadi bisa cbt atau pbt.

        Ya lampirkan …

  21. selamat pagi mas andi, saya PNS di sekretariat kabupaten TTS, NTT. saya iminta saran mengenai jurusan yang dinilai equivalent dengan s1 saya, ilmu pemerintahan, s2 yg akan saya apply tahun ini master of development studies. apakah ada kaitan sesuai yg ditulis, mangapa memenuhi syarat tapi tidak lulus, di buku berguru ke negeri kangguru? karena saya ingin sekali belajar studi pembangunan, tapi takutnya tidak ada kaitan. terima kasih mas andi.

  22. Maaf pak andi, toefl itp itu boleh gak ya, soalnya ada yang bertanya diatas belum dijawab boleh gak nya sama pak andi. Terima kasih

  23. Pak Andi, Ijin bertanya…
    Saya Lulusan S1 Teknik Informatika bekerja sebagai PNS di NTB dan sedang menyelesaikan aplikasi pendaftaran di oasis utk AAS 16. yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa mengambil master of information technology atau computer science atau yg serumpun sementara di priority fields of study tidak tertulis tentang jurusan IT ini, sedangkan yg disarankan untuk mengambil priority. mohon saran….thanks…

  24. Pak Andi ijin bertanya…
    Saya lulusan S1 Teknik Informatika dan bekerja sbg PNS di NTB, sekarang sedang menyelesaikan aplikasi pendaftaran di Oasis utk AAS 16. yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa mengambil Master of IT, Computer atau yang serumpun, sementara di priority fields of study tdk ada tertulis tentang jurusan IT, atau Jurusan saya masuk ke bidang yang mana? sedangkan kita tau disarankan untuk mengambil jurusan yang jd priority…mohon sarannya pak…Thanks…

      1. pak Andi terima kasih atas jawabannya, dan kalau boleh minta infonya dong, untuk jurusan IT itu masuk ke field of study yang mana?

      2. Menurut saya yg Sustainable Growth and Economic Management di filed of study Economics..tp ga tau jg karna ga ada di listnya..

  25. Mau tanya… Mr. Andi pnya kenalan prodlfessor khususny di bidang education snd training… Saya mau coba2 mngajukn research buat studi S3.. Mohon info nya

  26. Selamat malam Pak Andi, salam kenal dari saya. πŸ™‚
    Sekian lama jadi ‘silent reader’ alias gak penah komen (pernah sih sekali hehe), di kesempatan ini saya mau mengucapkan terima kasih atas semua kerja keras Pak Andi dalam menulis dan mengelola blog inspiratif ini, semenjak menemukan blog ini saya seakan ada di jalan lurus hehehe pokoknya terima kasih, Pak. πŸ˜€
    Oiya, saya mau ijin bertanya beberapa hal terkait aplikasi beasiswa AAS ini, yaitu:
    1. Apakah sertifikat-sertifikat (misalnya sertifikat seminar, prestasi, keanggotaan organisasi) perlu diunggah (saya mendaftar melalui OASIS) dan diterjemahkan?
    2. Sewaktu angkatan Pak Andi jadi awardee, apakah ada yang fresh graduate? Karena kebetulan selama ini saya membaca blog-blog pengalaman AAS yang jadi awardee itu yang sudah bekerja.
    3. Sedikit OOT, minggu lalu saya isi form untuk pemesanan buku Berguru ke Negeri Kangguru tapi masih belum dapat balasan, apakah bukunya sudah habis? 😦
    Sekian pertanyaan dari saya, mohon bantuan untuk jawabannya ya Pak.
    Terima kasih πŸ™‚

  27. Bang Andi Selamat Malam!
    Saya rencana mau daftar di AAS. Saya seorang PNS Guru di SD, kira2 field study yang cocok bagi saya apa ya? pengennya sih Magister Pendidikan atau Magister Pendidikan Bahasa Inggris kira2 bisa ya? terus biaya yang dicover oleh pemerintah Australia meliputi apa saja? dan jumlahnya berapa? hehe maaf bang agak panjang pertanyaannya.

  28. Halo Mas Andi
    Mau nanya nih
    Jika S2 saya postgraduate coursework 3 semester tetapi pernah ambil mini thesis, apakah memenuhi persyaratan untuk apply Ph.D???
    Terima kasih

    1. Oya, Mohon maaf ada tambahan.
      Berapa persen komponen project dalam transkrip jika ingin mendaftar Ph.D???
      Terrima Kasih banyak

  29. Dari comment diatas katanya pendaftaran untuk AAS 16 ini CUMA bisa lewat OASIS..sedangkan dari brosur yang saya baca selain pandaftaran secara online, juga dapat dikirim dokumen tertulis ke kantor AAS..mohon penjelasannya pak atau teman teman yang lain??

      1. kalo tidak salah pertama kita daftar dulu melalui oasis. Lalu dikirim kemudian copyan nya. Kalo tdk salah dikirim rangkap 3 ya. Yg copy legalisirnya 1. Bnr ga ya pak andi? Cmiiw:D

      2. tambahan info, bagi yg sudah mendaftar via oasis, ada additional form yang harus disiapkan, sila periksa di situs AASIndonesia.
        BTW the two books I bought from you are great addition to our private library. Thanks

      3. Maaf Pak Andi, additional form utk online application perlu diupload atau dikirimkan hardcopynya?. Ada 16 halaman yg didalamnya informasi dan statement yang sudah ada di form online.Mohon bantuannya

  30. Selamat siang, Pak Andi.

    Saya sudah lulus s1, sudah memiliki surat tanda lulus, tetapi ijazah akan diberikan kepada alumni tepat ketika wisuda, yaitu tanggal 15 Mei 2015 (15 hari setelah tanggal penutupan).
    Apakah saya bisa menghunakan Surat Tanda Lulus dan transkip nilai?
    Semoga tetap semangat berbagi ya Pak Andi.
    Salam dari saya, interpreter di acara British Council di Medan. πŸ™‚

  31. apakah dengan nilai toefl yg sufficient tetap tidak bsa dipertimbangkan untuk lolos apabila IPk nya kurang pak ? krn lulusan UT online sangat sulit mencapai IPK tinggi

  32. Makasih infonya Pak Andi. saya juga baru nyicil ngisi OASIS, tapi mendadak galau karena suami tidak mau ikut padahal saya pengin ajak anak-anak. terbayang betapa sulitnya menjaga dua balita tanpa pendamping padahal saya harus kuliah juga. di situ saya merasa 😦

    maap pak andi, numpang curcol

  33. Pak Andi saya mau tanya terkait pengisian form online di OASIS, pada bagian upload dok..sblmnya sy sdh pernah mendapatkan LoA dari Monash, Uni of Adelaide dan UWA tp sifatnya masih conditional apa itu perlu sy upload sbgai dokumen tambahan atau bgmn mohon bantuannya..oh iya LoA nya untuk intake period 2nd semester July 2015.. Thanks before Pak Andi

      1. Pak Andi,,tentang dokumen yang diupload. Apakah Ijazah dan transkrip harus yang bahasa Inggris saja atau ke dua-duanya? THanks..

  34. Pak andi ada yang ingin saya tanyakan mengenai ijazah dan transkrip nilai yang ditranslate (dalam hal ini saya menerjamahkan dokumen2 saya di pusat bahasa ITB)..yang ingin saya tanyakan,apakah sudah cukup dengan stempel dari pusat bahasa ITB ataukah dokumen terjemahan itu harus dilegalisir lagi di universitas saya??..karena masalahnya skarang saya tinggal jawa dan kampus saya di NTT…

    Pertanyaan saya yang lain..apakah akte kelahiran dan bukti kewarganegaraan seperti KTP apa harus d translate juga pak??

    terima kasih sebelumnya dan mohon pencerahannya..

  35. selamat malam Bli, saya mau tanya, apakah semua dokumen jhardcopy seperti ijazah dll, harus di translate ke english terlebih dahulu, atau boleh kirim ke jakarta tanpa translate ? ??
    mohon infonya pak

  36. Selamat siang mas andi. Saya berencana study master of governance & public policy. Apakah saat mengisi application form,itu masuk kedalam PFS political science & government atau saya mengisinya di box ‘other’? Terima kasih.

  37. Pak, bagaimana bentuk surat romendasi dari supervisor s2 ? Apakah ada formatnya ? karena sy berencana mengapply untuk PhD.

  38. Selamat pagi pak,
    saya coba buka website resminya dari kemarin tapi kok nggak bisa ya? Saya mau download application formnya, tapi nggak bisa. rekan2 ada yang punya filenya? Kalau ada mohon bantuannya untuk bisa dikirimkan ke alamat email saya. butuh banget soalnya…><

  39. Salam,
    Mas Andi, mengapa website atau link2 pada tulisan di atas tidak dapat di buka? saya membuka setiap link tetapi selalu keluar kata error?

  40. Selamat malam rekan2 pejuang AAS, saya mau tanya apakah ada rekan2 yg 2 hari ini tdk bisa membuka website aas? 2 hari ini web tdk bisa saya buka..padahal saya sdh mencoba dari berbagai laptop dan jaringan. Apakah sdg dimaintenance?

  41. Temen-temen disini adakah yang tau syaratnya secara detail? dan formulir2 semuanya (hard copy)?

    Saya coba buka dari tadi pagi nggak bisa sampai sore ini.

  42. Pak Andi, persyaratan usia maksimal 42 tahun tsb apakah berlaku untuk pelamar semua jenjang termasuk S3? terima kasih..

  43. Ada yg mau saya tanyakan, mungkin yang lain juga mengalami
    pada aplikasi oasis online pada bagian no 13 current employment di part isian “How will this scholarship contribute to the organisation’s human resource development needs*?”
    saya udah mengisinya , cuman kok di bagian atas aplikasi ada keterangan error “Enter expected contribution details, use up to 500 characters”

      1. Diisi 80-100 kata tetep error pak, tapi masih bisa di submit kok… dan kalimatnya masih keluar

    1. Kalau masih ada notifikasi eror artinya masih harus diperbaiki. Coba cek hasil isiannya ke MS. Word untuk tahu detail (berapa jumlah karakter dengan spasi). Sepertinya sistem Oasis membaca tidak hanya jumlah max words tapi juga jumlah karakter. Setelah dikurangi dan dipersingkat, isian saya akhirnya tidak ada lagi notifikasi erornya.

  44. Dear Pak Andi..apakah tidak apa-apa bila tidak menyertakan translate ijazah saat apply? karena saya baca kita wajib membawa translate apabila diundang wawancara..mohon pencerahannya,,Terima Kasih

    1. Boleh tidak menyertakan. Tapi coba renungkan, kalau hanya Anda yg tidak menyertakan sementara semua orang lain menyertakan dan IP serta TOEFL Anda juga tidak lebih bagus dari mereka πŸ™‚ gimana kira2

  45. Ijin bertanya Pak,
    Saya baru memiliki kesempatan mengambil tes toefl itp pada tanggal 25 April, sedangkan batas aplikasi 30 April. Apakah dengan saya mengisikan “expected date of test”, saya bisa menyusulkan dokumen sertifikat bahasa inggris setelah lewat tgl 30 April?
    Terimakasih

  46. Ijin bertanya Pak.
    Saya baru memiliki kesempatan untuk mengambil tes toefl itp (berkas lainnya sudah lengkap) pada tanggal 25 April 2015, sedangkan batas aplikasi 30 April 2015. Apakah dengan saya mengisikan “expected date of test” di form aplikasi online, saya bisa menyusulan berkas dokumen sertifikat toefl tersebut?
    Terimakasih Pak

  47. Pak andi saya mau tanya. Utk dokumen yg ditranslate itu apakah harus dari sworn translater atau darimana saja bisa? Kemudian kalau seperti ijazah yg ditranslate legalisasinya dari kampus kita atau dari translatornya pak? Saya sdh tanya ke kampus dan pihak translator pada nggak tau pak T.T
    semoga bapak bisa membantu, terimakasih

  48. Apakah ijasah dan transkrip sma perlu dilampirkan ?? , kurang paham dengan istilah post secondary dan tertiary degree, apa cuman ijasah S1 saja ya ?

  49. Selamat Pagi, Pak Andi. Saya Dedi dari Padang. Saya sedang mengisi aplikasi online AAS untuk tahun ini. Namun ada beberapa kendala, Pak. Pada bagian documentary evidence, kata pedoman OASIS nya bisa upload file dengan tipe PDF, tapi, pas saya upload, ternyata invalid. Kedua, masih pada bagian yang sama, tertulis, yang diupload adalah “Certified copies of previous academic transcripts”, apakah itu artinya, transkrip asli di-copy dulu, lalu dilegalisir, di-scan dan kemudian di-upload, atau transkrip asli itu saja yang di-scan dan langsung di-upload? Tapi di buku petunjuk yang saya dapatkan di Web AAS Indonesia, tertulis begini: “Photocopies of certified documents will not be accepted.” Mohon bantuan dan penjelasannya, Pak Andi dan teman-teman lain yang kebetulan membaca komentar ini. Terimakasih. Salam.

    1. Coba pakai browser Internet Explorer, mas. Saya juga mengalami masalah yang sama kemarin dengan browser Mozilla. Atau, reduce file .pdf nya menjadi < 2mb karena di website tertulis begitu. Semoga membantu πŸ™‚

  50. Selamat Pagi, Pak Andi. Saya Dedi dari Padang. Saya sedang mengisi aplikasi online AAS untuk tahun ini. Namun ada beberapa kendala, Pak. Pada bagian documentary evidence, kata pedoman OASIS nya bisa upload file dengan tipe PDF, tapi, pas saya upload, ternyata invalid. Kedua, masih pada bagian yang sama, tertulis, yang diupload adalah β€œCertified copies of previous academic transcripts”, apakah itu artinya, transkrip asli di-copy dulu, lalu dilegalisir, di-scan dan kemudian di-upload, atau transkrip asli itu saja yang di-scan dan langsung di-upload? Tapi di buku petunjuk yang saya dapatkan di Web AAS Indonesia, tertulis begini: β€œPhotocopies of certified documents will not be accepted.” Mohon bantuan dan penjelasannya, Pak Andi dan teman-teman lain yang kebetulan membaca komentar ini. Terimakasih. Salam.

  51. Sore pa Andi.
    Mau tanya ttg syarat tahun utk toefl. Syarat toefl hrus current. Yg termasuk current ktnya adlh yg diambil 2014-2015. Sy punya yg 2013. Saya ga smpat ambil yg baru. Apa ga masalah kalo sy menyertakan yg 2013? Termaksih infonya pa andi.

  52. Mas Andi, mau nanya ttg referee report, kan di situ ada bagian yg perlu β€œauthorised stamp of organization”, nah dosen pmbimbing skripsi saya bersedia memberikan rekom yg cukup pjg lebar, namun beliau ga punya stempel ato semacam’a (beliau dosen baru dipindahin 2 thn lalu, ga punya jabatan apa2 d kmpus). Utk urus ke bagian akademik’a agar distempel ribet, malah disuruh ke bagian sana-bagian sini, ad yg ngasih alasan disuruh nunggu dosen’a balik dr luar daerah (ud bolak-balik ngurus stempel tu aja hampir dua minggu mas). Saya masih terus mencoba, tp khawatir’a keburu deadline.
    Kira2 kalo boleh nanya pndpat mas, saya bisa masukin referee report biarpun tanpa stempel gt mas? Ato sebaik’a ga usah diupload sama sekali? Surat rekom memang optional, tp katanya kalo ingin memaksimalkan peluang lulus bagian yg optional harus dimaksimalkan (sy jg ga punya rekom dr atasan ato apa, karena masa kuliah cuma kerja part-time di toko kecil). Thanks jawaban’a mas Andi.

  53. Pak andi saya ingin bertanya karena masih bingung, saya ingin melegalisir akte kelahiran, KTP, Ijazah yang sudah di translate dalam bahasa inggris ke notaris. Yang saya tanyakan adalah dokumen yang dilegalisir ke notaris itu kertas dokumen terjemahan yang asli atau foto kopian? Terimakasih

  54. halo bli, seneng akhirnya bisa nemu blolg yg informatif sekali, bahkan lebih komunikatif dari lembaga2 atw konsultan2 beasiswa yg lain hehehe..
    saya mau tanya bli, berarti persiapan AAS ini setahunan ya.. lulusan tahun 2016 berarti baru bisa daftar buat 2017 ya? hmm..
    mudah2an jodoh.. aamiin..
    makasih banyak ya bli πŸ™‚

  55. Dear Mr. Andi,

    1. nanti apabila terpilih, lalu pendaftaran ke universitas nya apakah akan dibantu oleh tim AAS atau apply sendiri langsung ke univ terkait?

    2. untuk pilihan universitas/jurusannya apabila nanti berubah dari yang ditulis di pendaftaran online apakah diperbolehkan?

    3. kalau saya lihat dari skema beasiswa nya kan berakhir di Februari 2016, berarti hanya diperuntukkan untuk 2016 September intake ya pak? Kalau dalam perjalanan beasiswa kita sudah punya LoA untuk 2016 Februari intake bagaimana pak?

    Mohon tanggapannya,
    Terima kasih

  56. pak andi mau mnta saran pak.. saya alhmdllah dapet surat rkomndasi dr dosen pak .tp tanda tangan dan stempel nya di scan dan d jadikan file image di format surat rekomendasi yg kosong. sdgkan d surat rkomendasi yg sudah di isi tdk ada signature dan stempel nya. Bagusnya gimana ya pak?

      1. Pindahkan itu artinya, ‘tulis ulang’ apa yg ada di satu media ke media lainnya πŸ™‚ tulis tangan bila perlu. Kalau mau diketik juga bisa. Scan-nya masukkan ke word lalu kasih text box dan tulis…

  57. izin curhat mas andi: sy br mengenal AAS ini bulan april 2015. klo melihat deadline terakhir pendaftaran tgl 30 april 2015 ini rasanya tdk ada kesempatan lg bg sy tahun ini buat daftar,persyaratan yg mgkin ssh trpenuhi adlh izin dr atasan,translate transkrip,akte lahir,dll.blm lg tes dan sertifikat Toefl yg blm ada dan skrg udh tgl 25 april.brarti sy udh gak punya ksempatn lg donk?.apakah ada pendaftaran gelombang kedua tahun ini ?? mohon pencerahan…

  58. Selamat pagi pak andi dan teman2 lainnya. Ada beberapa yang saya ingin tanyakan terkait upload document ke OASIS

    1. Setelah saya tes toefl di lembaga yang ada di list saya mendapatkan 2 sertifikat (satu ukuran A4 dan satunya kertas kecil berwarna pink, keduanya menunjukkan hasil tes, yang manakah yang harus saya upload?

    2. Additional document yang diupload ke OASIS (form terpisah yang wajib dipload) apakah harus tulis tangan? Atau diketik? Karena yang saya dapat dari web formatnya pdf.

    Terima kasih πŸ™‚

  59. pak saya masih bingung,sbenarnya yg diupload ke oasis itu scan ijazah asli atau scan fotokopi ijazah yang dilegalisir?
    begitu jg dgn KTP dan akta kelahiran yang diupload yg scan asli atau fotokopian?
    saya pikir yang diupload adalah yg asli. sedangkan jika apply hardcopy kirim yang fotokopian legalisir. saya bingung pak. terimakasih atas bantuannya πŸ™‚

      1. selamat malam Pak Andi, saya kurang paham dengan “jadikan satu file”-nya, karena dgn format compress tdk valid. atau adakah kawan lain yang bisa bantu? thanks in advance πŸ™‚

      2. Dua file JPEG, insert di Ms word file di halaman beda. Jadi sekarang punya Ms word yg berisi dua atau tiga halaman dan masing2 berisi file jpg hsl scan. Lalu file doc itu disimpan ke PDF.

      3. Selamat malam Pak Andi, mohon penjelasan dari “jadikan satu file” tersebut. karena format compress gak valid di OASIS. atau kawan” ada yang bisa jelaskan? thanks in advance πŸ™‚

      4. Yeey sudah upload dengan status completed..proses upload mulus semulus aspal baru..OASIS sangat lancar pakai chrome..saya hanya perlu 30 menit saja..(sebelumnya sudah bikin draft essay tapi :D)..ayoo teman2 semangat..

      5. ok trmkasih pak. btw kok saya lihat banayak yg bertanya tntg status open/public? itu ditemukan dmana ya pak? kok rasa2nya saya ga menemukan opsi seperti itu? atau mgkn tmn2 ada yg bisa membantu? trm ksh byk πŸ™‚

      6. hi dewi, apa kamu sudah attach additional form untuk OASIS? kalo belum cepat download ada di website AAS, didalamnya ada option itu πŸ™‚ good luck and God bless you all.

  60. Pak Andi mau nanya:
    Tekait dengan cricos code, sy kebetulan propose study program Master of Engineering Science (courswork) di UNSW. Setelah saya buka web cricos, menemukan 2 cricos code untuk studi terkait 061138K (78 weeks) dan 084282A (104 weeks).
    Saya sudah coba email menanyakan mengenai masalah tersebut di atas via email ke UNSW & international student contact yang terdapat di web cricos. UNSW confirm bahwa cricos code nya 061138K (78 weeks), sedangkan dari Mr. Martin (perwakilan cricos) confirm 084282A (104 weeks). Nah saya jadi bingung yang bener mana, saya jg sudah email ulang ke UNSW perihal 2 code tersebut dan belum mendapatkan jawaban, karena jika mengacu ke handbook UNSW yang sesuai adalah code yang dikonfirmasi oleh perwakilan cricos yaitu 084282A (104 weeks).
    Menurut saran bapak bagaimana?

  61. Pak Andi, saya mau bertanya, terkait proposal riset. Jika kita akan memilih Master by Coursework dengan rencana akan mengambil mata kuliah ‘mini-thesis’ (bobotnya < 30% dari keseluruhan mata kuliah yang diambil), apakah tetap menyertakan proposal riset ataukah cukup mencentang N/A saja, pak? Terimakasih banyak πŸ™‚

      1. menurut petunjuknya hanya yg >=50% pak, berarti nanti riset yang kita lakukan diusahakan tidak perlu menggunakan fieldwork? Berhubung bidang yang akan saya ambil berkaitan dengan Development Practice / Sustainable Built Environment…

  62. Pak Andi, sebelumnya terima kasih atas pencerahannya. Namun ada yang saya belum mengerti dari aplikasi beasiswa AAS. Bagi saya seorang alumni kampus negeri dengan belum adanya pekerjaan yang tetap (hanya bekerja di kursus), tepatnya saya harus memilih yang mana? Public atau Open category? . Maksudnya, apakah maksud dari kolom state university di Public category menerangkan bahwa pelamar adalah alumni kampus negeri ataukah bekerja di kampus negeri? Terima Kasih

  63. pak maaf saya tanya lagi hehe. apa boleh kita memilih 2 jurusan yg berbeda? misalnya saya pilih project management di queenlands dan human resources management di curtin. terima kasih pak atas bantuannya hehe

    1. Permisi Pak Andi, numpang kasi saran buat dewi, kalau memilih jurusan entah sama atau berbeda antara kedua opsi, saya pikir yang penting adalah relevansinya dgn pekerjaan sekarang dan goal yang ingin kamu capai dgn chosen programmes, apakah memprovide skill dlm pencapaian goal kamu atau tidak. semoga membantu.. good luck fighters!

  64. pa andi, saya dah submit untuk ikut beasiswa S2, tapi cuma upload transkrip+ijazah S1, sedangkan diketentuan ada secondary+tertiary degree, kira2 bakal lolos gak ya? he2

      1. makasih pa andi responnya, jawabannya menenangkan, semoga bisa mengikuti jejak pa andi&rekan2 yg sudah sukses mendapat beasiswa ads

  65. Pa andi iji bertanya, untuk penyusulan dokumen (dlm hal ini sertifikat toefl) bagaimana ya pak? sewaktu deadline pendaftaran, hasil tes toefl saya belum keluar

  66. Pa andi ijin bertanya, untuk penyusulan dokumen (dalam hal ini sertifikat toefl) bagaimana ya pak? dimana saat deadline aplikasi hasil toefl saya belum keluar. Terimakasih Pak

      1. untuk penyusulan dokumen sertifikat toefl bagaimana ya pak caranya? makasi pak Andi

      2. Penyelenggara TOEFL bs Kirim langsung Ke AAS. Kalau ngga, kirim sendiri Dg menyertakan identitas serta nomor pendaftaran Yg sdh dimiliki saat reg online.

  67. Siang Pak Andi, di web AAS bagian latest update ada attachment word “Australia Awards Scholarships 2016 Application Form – PO” ini tertulis paling lambat 31 July 2015.
    Ini sama atau beda ya dengan beasiswa AAS yang berakhir April 2015? Saya mau daftar yg April itu tapi ijazah belum keluar, jadi batal daftar.
    Mohon bantuannya Pak, kalau itu sama saya mau coba daftar πŸ™‚

    Terima kasih.

  68. Hello Mr Andi Arsana…

    What a great website, sir! I like to read your website especially about scholarship! Anyway, there is a question for you that i want to know the answer. In AUSTRALIA AWARDS APPLICATION FORM there is a box which ask us to fill our ENGLISH TEST SCORE the question is “Does it (ENGLISH TEST SCORE) mean our TOEFL SCORE, sir?”

    Thanks for your time to answer my question, sir

  69. Dear Pak Andi, thanks a lot blog nya sangat antusias dan memberikan spirit. Rencananya saya akan melamar AAS tahun depan untuk AAS 2017. hanya baru baca-bacas ebagian blog pabak dan mendapat beberapa tips, sangat memotivasi sekali. baru setengah jalan untuk baca handbook-nya, tetapi ada sekit pertanyaan yang sekilas muncul dan penasaran untuk terjawab, boleh ya pak dijawab:

    1. Rencana Lulus S1 saya tahun depan, jika deadline bulan juni, kemungkinan Izasah saya belum keluar, mungkin transkrip sudah. Ada pencerahan pak?

    2. Untuk melamar S2 harus ada research paper pak? new atau bisa kita menggunakan skripsi saya? atau saya membuat judul baru in english? atau research yang pernah saya buat lalu di translet?

    Terimkasih banyak pak untuk waktunya.

  70. pak, saat saya buka website nya kok laman tidak tersedia yah pak? saya siswi SMA kelas 3 pak saya ingin melanjutkan ke australia tp dengan scholarship.

    1. pak, saat saya buka websitenya kok laman tidak tersedia yah pak? saya siswi SMA kelas 3 yang ingin melanjutkan kuliah di universitas australia dengan mendapatkan scholarshipnya pak. mohon bantuan informasi mengenai website tsb pak.

  71. Salam pak Andi, Terimakasih atas tulisan-tulisannya yang menginspirasi dan mencerahkan, saya terpilih shortlisting 2016, mohon doa untuk proses JST dan IELTS Januari Nanti

      1. Halo,, sdh da pengumuman kah?? Utk AAI?? Agak rancu jg krn syarat online(oasis) agak beda dg edaran dari dikti..sbg contoh di dikti syaratnya adlh toefl itp 550,, di oasis toefl pet 580 dg twe sekian.. 😦
        Sy hanya apply lewat oasis lg.. dg berpedoman syarat dari dikti..hiks..
        Mhn pencerahan pak Andi..
        Thanks.

  72. Satu hal yang saya ingin ungkapkan setelah baca bukunya pak made andi adalah kalau kita serius ingin mencoba suatu beasiswa tertentu, maka kita harus banyak baca informasi terkait beasiswa yang kita ingin ikuti tersebut, baik dari milis atau dari kisah sukses penerima beasiswa. coba hindari bertanya ke orang lain tentang hal-hal yang lumrah ada dalam formulir dan ada di dalam brosur yang bisa diunduh di website penyedia beasiswa tersebut. intinya sekali lagi, tanyakan sesuatu yang benar-benar kita merasa tidak jelas tentang beasiswa tersebut. ini hanya pendapat…

  73. Salam kenal. Saya Adi dari NTT
    Pertanyaan saya apa bedanya master by research dan master by coursework? Apakah keduanya berbeda dalam jumlah pemberian dana beasiswanya?

  74. Salam kenal. Saya Adi dari NTT. Pertanyaannya apakah ada perbedaan dalam biaya pendanaan antara master by research dan master by coursework?

  75. Salam kenal
    Saya Adi dari NTT. Pertanyaannya apakah ada perbedaan biaya pendanaan antara master by research dan master by coursework? Apakah masih ada master by coursework di Australia?

  76. Salam kenal. Saya Adi dari NTT Pertanyaan saya apa ada perbedaan besarnya dana antara master by research dan master by coursework?

  77. Pak andi, saya romi dari malut, sy sdh aplay berkas ke AAS di bulan juni kemarin, dengan alamat email kantor, sebulan kemudian ( july) sy uda risigne sehingga almt email sy beruba. Persolan sy adalah info pengunguman beasiwa, bgm cara untuk dapat pengunguman resminya.

  78. hello mas mau tanya doang, saat ini saya sedang studi program s2 di dalam negeri dan alhamdulillah dapat beasiswa dari LPDP, nah saya berencana ingin melanjutkan studi S2 lagi tapi di Luar Negeri, beasiswa AAS mau nerima gak ya? setelah S2 lanjut S2 lagi? terimakasih, email saya: atemkornadi@gmail.com

  79. Pak Andi, Mohon masukan, saya butuh pandangan Bapak..

    Saya PNS di Kemenkeu, namun di supporting unitnya, bukan unit teknis. Mungkin karena itulah dari unit saya jarang yang diterima. 2 tahun lalu kami berlima mendapat kesempatan JST interview, namun tidak ada yang lolos. Tahun lalu bahkan tidak ada satupun yang lolos shortlisting. Tahun ini saya masih berminat, namun dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menjadikan saya kurang semangat dan pesimis. Pertanyaan saya adalah:

    1. Apakah PNS di kategori open membuat kesempatan semakin kecil, karena kategori ini sebagian besar telah terisi di key agencies dan targeted? Dalam pandangan saya, pemberi beasiswa ingin awardee-nya sangat beragam.

    2. Kami sebagai PNS tidak diizinkan apply beasiswa lebih dari 1 dalam 1 waktu, jika kami apply beasiswa ini kami tidak boleh apply beasiswa lain hingga ada pengumuman gagal. Mohon masukan pak, apakah saya perlu mencoba lagi tahun ini atau mengalihkan ke beasiswa lain, karena dalam form aplikasi dan dokumen yang dibutuhkan, saya sudah sangat berusaha untuk menjelaskan secara tajam, detil, kemanfaatan yang kuat untuk organisasi dan Indonesia, hingga saya merasa apalagi yang harus saya improve dalam form aplikasi dan essay saya.

    terima kasih, semoga Pak Andi selalu dalam keadaan sehat, dimudahkan urusannya dan sukses..

  80. Assalammu’alaikum,
    Pak Andi, saya salah satu pembaca blog bapak, saya ingin menanyakan mengenai seputaran beasiswa ADS, yang ingin saya tanyakan ketika saya mengisi aplikasi beasiswanya ada pilihan jenis beasiswanya itu Australia awards scholarships dan Australia awards pasific scholarships. Yang membedakan antara keduanya apa ya pak?

    Terima kasih banyak atas jawaban dari bapak
    Wasalam

  81. mas andi untuk pelamar s2 ttg surat rekomendasi hanya disarankan itu ada pada poin mana ya mas? krn sy baca itu sepertinya wajib. kalo memang ga harus pake rekomendasi sy bakal coba apply hehe

  82. Bapak, saya skrg sudah dalam proses pendaftaran tapi terkendala masalah teknis. Pendaftaran saya sudah sampai pada tahap Documentary Evidence, tapi setiap kali hendak upload file yang diminta selalu berbunyi “invalid type document” padahal dokumen yang saya unggah sudah benar. Tidak lebih dari 2 MB dan format pdf. Kira-kira permasalahannya ada di mana? terima kasih:)

  83. Assalamualaikum pak,

    Mohon maaf pak, saya sudah beberapa kali nge klik link2 yg bapak berikan, seperti link buku panduan dan website resmi, tapi selalu tidak bisa terbuka, kira2 kenapa ya pak?

    Makasih paak,

  84. Pak Andi, saya mohon informasi apakah beasiswa AAS ini hampir sama seperti LPDP dimana awal perkuliahan paling cepat 6 (enam) bulan setelah penutupan pendaftaran. Saya kebetulan saya sudah dapat Unconditional LoA dari Curtin dan mulai masuk kuliah Februari 2017.

  85. Pak Andi saya mau tanya jika hanya menyertakan surat keterangan lulus saja apakah bisa ? karena april 2016 nanti baru akan lulus dan ijazah bekum keluar.
    Pertanyaan kedua apakah wajib tes ielts dan toefl keduanya ? atau hanya pilih salah satu saja ? Terima kasih sebelumnya

    1. Jesica,
      Setahu saya pernah ada kawan yang menggunakan SKL dan diterima AAS.
      Pilih salah satu: TOEFL atau IELTS ketika mendaftar. Kalau nanti lolos tahap seleksi, harus tes ielts yg diselenggarakan oleh AAS sendiri.

  86. pagi pak andi. saya ingin tanya perihal legalisir akte kelahiran dan KTP apa proses legalisir harus sampai i Departemen Hukum & HAM atau hanya cukup di kantor catatan sipil saja ? Saya sudah browsing namun masih bingung perihal hal ini. terima kasih pak

  87. Apakah benar ada kontrak untuk tidak boleh tinggal dan bekerja di Australia setelah mendapat AAS, apakah juga sama untuk larangan bekerja dan tinggal di negara lain selain home country dan Ausi?
    Terima kasih Pak Andi.

  88. Pak, saya mau nanya… kalo university of wollongong itu berbasis riset semuanya??
    karena ketika saya daftar di oasis dfat lalu memilih Faculty of Engineering & Information Sciences di wollongong keluarnya itu keterangan coursework. Saya hanya ingin tau saja apakah memang ada bbrp jurusan yg coursework atau smuanya berupa riset??

    Terima kasih sblmnya pak…

  89. Pak Andi, sy ingin bertanya. Nama sy Dwi. Sy lulusan S1 Pend. Bhs. Inggris. Jurusan sy tdk ad di bidang prioritas. Stlh membaca artikel di atas, bs tetap mendaftar walaupun tdk ad dlm daftar prioritas tp yg penting ad kaitannya. Apakh “Education and Training” ad hubungannya dgn jurusan sy? Mohon jawabannya. Terima kasih

  90. Mas andi, saya punya sedikit problem. Kwmarin teman saya sudah daftar, di monash university. Tp lewat LPDP
    Yg jd pertanyaan saya. Wktu cari info, kenapa toefl ITP kok tidak bisa terdaftar ya? Minimal harus IBT.
    Saya mau ambil test toefl bln ini, karena baru selesai tugas. Tp gara2 itu, saya jadi kepikiran. Seingat saya, IBT d indonesia ya ITP itu, dan yg satunya ya IBT (yang bayarnya juga lumayan, $190). Apa IBT n ITP tdak sma???

    1. ITP itu TOEFL yg berlaku untuk institusi tertentu. Singkatan dari Institutional Testing Program. Ini juga di bawah ETS Amerika. ITP ini adalah ‘adik’ dari PBT (Paper absed test) yg lebih komprehensif. PBT berlaku universal sedangkan ITP tidak. Jika Monash memang tidak ikut dalam jaringan institusi yg memanfaatkan ITP itu berarti memang harus pakai PBT. Menariknya, PBT dan CBT (Computer Based TEst) sekarang sudah jarang atau mungkin tidak ada karena digantikan oleh IBT (Internet Based Test) yaitu ujian berbasis internet. Peserta mengerjakan soal online dan hasilnya langsung masuk ke ETS Amerika. Artinya Monash memang maunya yang universal dan itupun berbasis internet biar cepat dan mudah.

  91. saya ingin bertanya, dalam kolom signature itu apakah kita harus mengeprint form itu bari ditandatangani atau bagaimana?

  92. Kalau daftar beasiswa AAS yg master by research tp blm sempet dapet professornya gmn ya? kmrn udh nyoba ngehubungin professor tp ga ada yang bales

      1. iya saya sudah lihat tulisannya pak, kemarin sudah saya email beberapa professor yang kira-kira bisa jadi pembimbing saya di australia, cuman memang sampai batas waktu form aas belum ada balasan

  93. dokumennya yang dibutuhkan apa saja ya pak?saya masih bingung untuk referee letter, apakah untuk applicant dari golongan pegawai negeri juga membutuhkan referee letter ataukah cukup dengan recommendation letter?

  94. Selamat pagi Pak Andi, terima kasih sudah mau berbagi tentang informasi beasiswa Australia. Saya sudah mulai mengisi data di Oasis, saya agak bingung saat pengisian no CROSIS. Mohon penjelasannya Pak, saya ingin meneruskan S2 Bimbingan Konseling/Psikologi Pendidikan. Terima kasih Pak

  95. Saya mendaftar beasiswa AAS dengan LoA univ Adelaide untuk intake februari 2017. Seandainya saya lolos, apakah bisa perkuliahan diundur ke bulan juni? karena jarak pendaftaran dan kuliah adalah 1 tahun 2 bulan.

  96. Selamat pagi pak Andi. Saya mau tanya, apakah uda ada info pengumuman untuk beasiswa AAS intake 2017? Kmren uda daftar tapi smp skrg belum ada pengumuman apapun via email. Apakah memang lama waktunya? Saya coba cek di web, ga ada infonya Terimakasih pak.

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s