Beasiswa Australia Awards tahun 2017 dibuka tanggal 1 Februari 2016


STOP Press!

Tulisan ini adalah untuk pembukaan pendaftaran tahun 2016. Jika yang Anda cari adalah informasi untuk pembukaan beasiswa tahun 2017, silakan baca tulisan ini. Meski demikian, tulisan di bawah ini tetap penting untuk dibaca karena memuat banyak informasi dan tips umum. Terima kasih 🙂

Berbagi pengalaman meraih beasiswa adalah seperti menahan pintu.
Buku Tips meraih beasiswa Australia

Ini hari yang ditunggu-tunggu banyak orang. Pemerintah Australia kembali memberi kesempatan kepada penduduk Indonesia yang memenuhi syarat utuk belajar S2 atau S3 di universitas-universitas terkemuka di Australia. Yang menarik, seluruh biaya akan ditanggung oleh Pemerintah Australia melalui skema Australia Awards Scholarship (AAS). Khusus untuk Indonesia, beasiswa ini juga dikenal dengan Australia Awards Indonesia atau AAI. Beasiswa ini mengalami perubahan nama berapa kali, mulai dari Colombo Plan tahun 1960an, AIDAB di awal tahun 1990an, ADS di tahun 2000an awal dan kini AAS atau AAI. Barangnya tidak jauh beda, hanya pengelolaannya yang sedikit berbeda. Bagi kita, orang Indonesia, yang penting adalah bagaimana memenuhi persyaratan dan mendapatkan kesempatan itu. Untuk AAS tahun 2017, pendaftaran sudah dibuka tanggal 1 Februari 2016 dan ditutup tanggal 30 Maret 2016. Periode pendaftaran memang cukup singkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang AAS ini:

  1. Jika Anda awam sekali dan tidak mengerti apa-apa soal AAS, Anda bisa membaca tulisan ini.
  2. Jika ingin membaca tulisan yang lebih santai dalam bahasa Indonesia, silakan baca buku saya “Berguru ke Negeri Kangguru”. Tidak harus beli, cukup membaca saja. Tapi kalau maksa mau beli, silakan pesan di sini. Perlu Anda tahu, buku itu adalah kumpulan tulisan di blog ini jadi kenapa harus beli buku?
  3. Semua informasi penting tentang beasiswa AAS ada di website resminya yaitu www.australiaawardsindo.or.id. Jika tekun membaca dan sabar menyimak 98 persen pertanyaan Anda tentang AAS akan terjawab dengan membaca informasi di website resminya.
  4. Ada buku petunjuk resmi yang sangat lengkap dan mutakhir. Calon pendaftar wajib membaca buku itu dan bisa diunduh gratis dalam bentuk PDF dari website resminya di link ini.
  5. Ada brosur resmi yang berisi informasi singkat soal beasiswa AAS dan bisa diunduh gratis dari website resminya juga. Lihat di sini.
  6. Syaratnya apa saja? Harusnya sih ngga nanya lagi karena link-nya sudah saya kasih di atas 🙂 Semua ada di sini.
  7. Apakah pendaftarannya bisa online? Untuk tahun ini, pendaftaran disarankan online lewat OASIS. Pendaftaran ofline dengan mengisi formulir cetak bisa dilakukan jika pendaftaran lewat OASIS tidak berhasil. Saran saya, coba dulu OASIS sekarang. Formulir biasanya juga bisa diunduh di website resminya. Saat tulisan ini dibuat, link-nya belum siap.
  8. Dokumen yang diperlukan untuk pendaftar dari Indonesia disampaiakan di sini.
  9. Apakah semua jenis TOEFL atau IELTS bisa dipakai? Ada daftar penyelenggara TOEFL yang diakui di sini.
  10. Bisa daftar di Universitas mana saja ya di Australia? Ada di sini.
  11. Apakah harus mendaftar di universitas di Australia dulu sebelum mendaftar AAS? Tidak tetapi harus kontak dulu universitasnya sebagai tanda Anda sudah melakukan persiapan matang sebelum mendaftar beasiswa.
  12. Bidang apa saja yang didanai oleh beasiswa ini? Semua ada di formulirnya atau di sini.
  13. Kalau bidang ilmu saya tidak ada di daftar prioriotas gimana dong? Jangan khawatir, masih tetap bisa mendaftar. Coba kaitkan bidang Anda dengan bidang-bidang yang ada di formulir itu atau baca informasi bidang kegiatan yang dilakukan oleh Australia terkait Indonesia di sini.
  14. Saya belum punya TOEFL atau IELTS, bisa daftar nggak? Ya, tes dulu dong. Tapi kalau sampai deadline belum punya juga, bisa menyerahkan berkas aplikasi tanpa TOEFL atau IELTS tapi harus dinyatakan di sana kapan akan menyelesaikan tesnya. Intinya, tetap harus pakai TOEFL atau IELTS. Lihat formulir, ada informasi yang mendukung ini.
  15. Kalau sudah pernah daftar dan gagal, boleh mendaftar nggak? Boleh banget. Justru ini pertanda Anda pejuang yang gigih. Lihat formulir pada halaman yang sesuai.
  16. Boleh nggak mendaftar AAS dan di saat yang sama mendaftar beasiswa lain? Boleh sekali dan justru harus disampaikan. Ini tidak akan mempengaruhi penilaian kok. Lihat di formulir, hal ini juga disampaikan.
  17. Apakah perlu surat rekomendasi? Perlu untuk yang daftar S3, untuk yang S2 tidak wajib tapi disarankan.
  18. Syarat IP berapa sih? 2,9 ke atas.
  19. TOEFL atau IELTS berapa sih? Untuk S2, TOEFL 525 atau IELTS 5,5. Kalau mau S3, syaratnya lebih tinggi lagi yaitu TOEFL 550 atau IELTS 6,0. Tidak percaya? Coba lihat ini 🙂
  20. Untuk mereka yang berasal dari kawasan geografis tertentu, syaratnya bisa lebih lunak: IP 2,75 dan IELTS 5,0.
  21. Perlukan menyerahkan proposal? Perlu untuk pelamar S3 dan S2 by research. Kalau S2 by coursework tidak perlu. Tidak harus menyerahkan proposal terpisah karena di formulir pendaftaran sudah ada isian proposal. Lihat formulir halaman 15.
  22. Perlukah menghubungi calon supervisor atau profesor sebelum mendaftar AAS? Perlu jika akan daftar S3 atau S2 by research. Jika mendaftar master by coursework, tidak perlu.
  23. Apa bedanya master by research dengan master by coursework? Yang pertama pakai tesis, yang kedua tidak. Sederhananya gitu lah. Silakan baca tulisan ini.
  24. Ada batasan usia nggak? Minimal 18, maksimalnya sepertinya tidak ada untuk tahun ini (seperti syarat umur nonton film itu lo)
  25. Untuk yang fresh graduate bisa? Bisa tapi kalau pegawai negeri harus sudah bukan CPNS lagi.
  26. Daftar pertanyaan ini bisa memanjang. Kunjungi lagi nanti ya 😀

Kalau masih ada pertanyaan, wajar, tapi jangan cepat-cepat bertanya lewat comment di bawah ini. Coba jelajahi blog saya ini. Ada bagian khusus yang membahas Beasiswa Australia ini. Jika teliti, kemungkinan besar pertanyaan Anda sudah terjawab di tulisan-tulisan saya yang jumlahnya ratusan. Saya dengan senang hati membantu, tetapi saya juga percaya para pejuang yang keren ini akan gigih mencari informasi sendiri tanpa buru-buru bertanya. Sebelum bertanya, coba renungkan sejenak “tidakkah pertanyaan saya ini sudah dibahas di website resmi atau buku panduannya?” Selamat berjuang Kawan!

PS. Jika ada link yang rusak atau tidak sesuai, mohon berkenan untuk memberitahu pemilik blog.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

120 thoughts on “Beasiswa Australia Awards tahun 2017 dibuka tanggal 1 Februari 2016”

  1. Pak aplication form yang tahun ini beda banget dengan tahun 2013/2014 yang pernah bapak upload di youtube. Aplication form nya banyak yang dihilangkan jika dibandingkan aplication form tahun 2013/2014 ya pak?

  2. Salam Pak Andi,

    Saya sudah cek web resminya syarat toefl untuk master sepertinya 525 bukan 520.
    Kecuali untuk area fokus seperti aceh, papua dll masih seperti tahun lalu 500. Mohon klarifikasinya agar pembaca setia blok pak andi tidak bingung. 😃

    Terima kasih

  3. Maaf pak, semua link yg bapak share di atas kok tdk bosa dibuka ya? temporarily available. Saya masuk ke website AAS nya langsung jg sama. Kenapa ya pak? Saya masuk via hp. Apakah itu berpengaruh? Saya bingung

  4. Maaf pak, saya tidak bisa buka semua link yg bapak share di atas. Apa cuma saya aja yg tidak bisa, atau ada teman2 yg lain jg? Saya langsung masuk ke website resmi AAS jg tidak bisa, masuk OASIS jg tidak bisa, semuanya temporarily unavailable. Mohon pencerahannya pak, terima kasih.

    1. mungkin sedang pemeliharaan bu, kemarin saya bisa. Saya juga sedang mempersiapkan persyaratannya. Agak sedikit berbeda dengan jaman pak Made masih muda

  5. Beberapa hari yang lalu saya melihat di website AAS kalau penutupan pendaftaran tanggal 31 Maret 2016, tapi tadi saya melihat lagi di website AAS ada sedikit perubahan karena pendaftaran ditutup tgl 30 April 2016. Namun entah kenapa setiap saya mau mengunduh formulirnya selalu tidak bisa karena selalu diarahkan ke mercusuar. Apa ada yang mengalami seperti saya?

  6. Salam Pak Andi,

    Beberapa hari yang lalu saya melihat website AAS dan untuk penutupan pendaftarannya akhir Maret 2016, sama seperti yang Pak Andi tulis di atas tapi baru saja saya mengecek website AAS lgi dan ternyata ada perubahan pada penutupan pendaftarannya menjadi 30 April 2016. Namun saya masih belum bisa mengunduh formulirnya meski sudah saya coba berkali-kali karena selalu diarahkan ke mercusuar. Apa memang belum bisa diunduh ya Pak Andi?

  7. Halo Pak Andi, saya ingin menanyakan dua hal, yaitu:

    1. poin nomor 11, perihal mengkontak dulu universitas sebagai tanda sudah melakukan persiapan matang sebelum mendaftar beasiswa.
    Maksud bapak disini, kontak semacam apa yang harus kami lakukan?
    apakah kami harus mengkontak professor disana atau cukup menghubungi pihak admisi untuk menanyakan hal-hal berkaitan dokumen yg perlu dipersiapkan
    nb: saya berencana mendaftar master by coursework

    2. Seberapa besar peluang fresh graduate S1 untuk mendapatkan AAI? menimbang seorang fresh graduate belum mempunyai pekerjaan untuk mengaplikasikan ilmunya pasca mengambil studi S2 kelak.

    1. 1. Kalau coursework tidak peluru kontak Supervisor. Cukup kontak univ saya melalui Admission.
      2. Ada perlu data? Saya tidak punya. Maaf. Atau ingin mendengar ‘tinggi’ atau ‘rendah’ saja. Lagi2 saya tidak punya data. Yg pasti ada yg dapat. Berapa orang? Saya belum sempat menghitung. Maaf 😦

  8. Salam, Pak Andi.
    Mohon maaf, kenapa link untuk buku panduannya error ya? Apakah link nya rusak atau memang sedang diperbaiki? Kemudian link utk formulirnya masih belum ada ya pak? Terima kasih banyak atas bantuannya, Pak.

  9. Salam Pak Andi,

    Saya salah satu yang terpilih mendapatkan beasiswa AAS ini untuk intake 2016, dan persiapan yang saya lakukan sebelum JST interview salah satunya adalah dengan membaca blog Pak Andi yang sangat membantu saya .
    Sebelumnya saya pernah mendengar informasi dari teman saya bahwa penerima beasiswa AAS akan mendapatkan laptop/notebook untuk penunjang studi. Apakah itu benar?
    Karena bila tidak, saya akan mempersiapkannya terlebih dahulu.
    Mungkin Pak Andi bisa share. Terima kasih

  10. hallo pak andi. senang sekali bisa mendapat informasi berguna di blog bapak. tahun ini saya ingin apply untuk AAS. saya ingin membawa anak saya yg masih usia sekolah. namun, di handbook nya ada kalimat “The Australian Government does not provide any financial or other support for the dependents of awardees. Awardees are responsible, including financially, for their family members who accompany them to Australia”. apakah itu berarti anak saya tidak di-cover biaya pendidikannya oleh pemerintah Australia? karena setahu saya, untuk anak usia sekolah akan di-cover biaya pendidikannya. terimakasih sebelumnya atas jawabannya. salam,

      1. Melanjutkan pertanyaan di atas pak, sebaiknya siapkan laptop dari sini, atau bawa “mentahnya” dan nanti beli di sana pak.

  11. dear pak Andi,

    setelah beberapa kali gagal ADS lalu juga kena daftar antri sekolah, akhirnya saya mendapat kesempatan lagi untuk sekolah. Tapi kali ini saya akan mencoba melamar beasiswa LPDP dahulu.

    Jujur, tujuannya tadinya tidak ingin ke Australia karena berkali-kali ditolak oleh calon supervisor selain Exercise n Sport science minta IELTS minimal 7.5, tapi setelah sata update beberapa entry req. beberapa uni di AU, ternyata sekarang ada yang turun menjadi 6 atau 6.5. saya kembali melirik AU, atau kemanalah nasib membawa saya sekolah. saat ini saya sedang mempersiapkan proposal riset dan sudah mencoba mengontak UWA dan Curtin univ.

    wish me luck ya pak. .

    best regards,

    Kurniati
    (yang pernah galau karena mau kuliah lintas ilmu psikologi dan olahraga)

  12. Pak Andi, saya mau tanya tentang sekolah untuk anak, in case membawa keluarga ketika mendapat beasiswa di Australia.
    Jika anak saya (5-6 tahun) dengan kemampuan bahasa inggris yang sangat kurang (bahkan hampir nol) saya bawa ke australia, apakah sekolah-sekolahdasar di Australia tetap bisa menerima anak saya?
    Apakah sekolah tingkat dasar di Australia juga menerapkan semacam standar kemampuan bahasa inggris minimal (IELTS atau TOEFL) untuk anak usia sekolah?
    Terima kasih..

  13. Pak Andi, saya mau tanya tentang sekolah untuk anak di Australia.
    Apakah di sekolah tingkat dasar di Australia menerapkan semacam syarat kemampuan bahasa inggris minimal (IELTS atau TOEFL) untuk anak usia sekolah?
    Jika membawa anak (usia 5-6 tahun) dengan kemampuan bahasa inggris yang sangat minim saat kuliah di Australia, apakah sekolah dasar di Australia tetap mau menerima?
    Terima kasih

  14. Selamat Malam Pak,
    Terimakasih, Tulisannya sangat membantu,
    Saya ingin bertanya pak,
    saya kan freshgraduate tp sudah di terima sebagai Honorer di salah satu kedinasan, apa kah saya masih boleh mendaftar beasiswa AAS??
    dan apakah katagori beasiswanya saya masih termasuk yang open??
    apakah yang termasuk dalam kategori CPNS merupakan yang sudaah terdaftar secara resmi di web CPNS saja??

    terimakasih

  15. Dear Pak Made, Terimakasih blog bapak sangat bermanfaat untuk pejuang beasiswa. Pak, saya ada pertanyaan untuk lolos seleksi awal apakah nilai ielts akan di ranking? maksudnya apabila nilai kita sudah sesuai dengan persyaratan (tahun ini overall 6.5 dengan band per-section tidak boleh dari 6) tapi jika ada kandidat lain yg nilai ielts-nya lebih tinggi maka, kita akan gugur?

    Terimakasih.

  16. Selamat siang pak Andi,
    Terima kasih atas tulisan bapak yang sangat membantu ini.

    Pak untuk log in pendaftaran online apakah bisa dilakukan beberapa kali untuk melengkapi data/dokumen? mengingat beberapa dokumen yang dipersyaratkan belum lengkap sehingga ragu untuk log in.

    Terima Kasih.

  17. Selamat siang pak Andi

    Terima kasih atas tulisannya, sangat membantu.
    Pak, untuk log in pendaftaran online apakah bisa dilakukan lebih dari 1x untuk melengkapi dokumen/data?
    mengingat beberapa dokumen yang dipersyaratkan belum lengkap sehingga ragu untuk log in.

    Terima kasih

  18. Pak..sy mau nanya..kl ipk kurang dr 2.75 apa tdk ada peluang sama sekali untuk ikut mendaftar walaupu bertugas di papua?

  19. Salam.. Pak, pengumuman seleksi berkas untuk beasiswa aas in take 2017 kapan ya? Terima kasih sebelumnya..

      1. saya coba cari di australiaawardsindo.or.id dan dfat.gov.au belum menemukan pengumuman AAS untuk intake 2017. Saya pernah baca pengumuman 1 juni. Mohon kalau ada informasi pak made. terimakasih. 🙂

      2. mw donk minta websitenx spya dicek sndiri. Ada isu dari alumni aas, ktanx blan juni pngumman thap 1, tpi da sya cek di web blum ada infonx. trimksih.

  20. Hallo pak,

    sya mhon info, pengummn sleksi AAS thun ini, dimajukan ke bulan juni atw nnt diumumkn bln desember.? trimkasih

      1. Jadi, kapan pengumumannya pak? Setahu saya bulan Juli? Mohon koreksi bila saya salah. Terima kasih pak.

      2. untuk pemberitahuannya via website resmi atau langsung ke email masing2? terimakasih

      3. Pak Andi.. dari jawaban bapak terhadap pertanyaan saya, saya buka linknya di situ jadwalnya masih tertera deadline nya 30 april.. lalu pengumuman awal adalah juni… tapi siang tadi saya buka, berubah deadline online 31 maret dan pengumuman awal juli 2016.. pertanyaan saya kok bisa berubah ya pak dari yang seblumnya? Pertanyaan kedua, saya masukkan data saya 30 april dan ada pemberitahuan bahwa data sdh diterima. Khawatir saya dg adanya perubahan ini berdampak pada lamaran saya Terima kasih.

  21. assalamualaikum wrwb, menurut pengalaman panjenengan, oemberitahuannya mll emal atau web resmi ya … sbb d link tsb tidak tercantum how they will notify us … matur nuwun

  22. Pak Andi, maaf mw tanya nih.. sy punya sertifikat IELTS dari IDP Education.. Tpi lembaga itu tidak terdaftar di list-nya bapak.. Apakah sertifikat saya bisa dipakai untuk Apply AAS?

  23. Dear Pak Andi,

    Saya memiliki keterbatasan fisik, mata. Bukan tuna netra tapi tidak normal sepenuhnya (low vision). Apakah beasiswa ini memperkenankan kami utk ikut? Sebelumnya saya pernah coba apply KAU (Saudi) ternyata batasan fisik menjadi handicap kam. Pls advise. thank you in advance.

  24. Daer pak Andi,
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas kesempatannya telah berbagi ilmu dan pengalaman. Sangat membantu.
    Saya MHS Kehutanan. Dan punya impian untuk kuliah ke Australia dengan besic yang sama, mohon untuk rekomendasi Universitas serta apa saja yang harus saya persiapkan pak.
    Masi banyak yang belum saya ketahui tentang kuliah di Luar Negeri pak. Mohon bantuan dan bimbingannya.
    Terimakasih banyak pak.

  25. Dear pak Andi

    Selamat malam pak, saya mau menanyakan klw untuk area fokus seperti aceh, nilai toefl minimalnya berapa ya, terima kasih sebelumnya pak.

  26. Selamat siang Pak. Saya adalah guru SD. Sudah selesai S2. Apakah kira2 beasiswa AAS juga bisa untuk guru SD? Terima kasih

  27. Thank you for sharing the information, very worth it 😉 Saya mau tanya, kalau yang di targeted area punya lebih banyak kesempatan tuk dpat AAS kah?

  28. Thank for your information about AAS pak,
    Saya mau tanya apakah semua dokumen seperti ijazah dan transkrip harus diterjemahkan ke dalam bahasa inggris pak?

  29. Another inspiring writing of yours Pak Made 😉 Saya mau tanya perbedaan recommendation letter dengn Referee Report? Saya kemarin sudah download Referee Report dari websitenya AAS, tapi stelah saya membaca blog bapak timbullah pertanyaan. Apakah saya harus pakai format RS yg bnyak tersebar di Internet atau m engikuti Referee Report yang sudh di sediakah? Terima kasih and I am truly looking forward to hearing from you.
    Dewi

  30. Salam Pak Andi, saya sangat tertarik dengan beasiswa AAS ini, saat ini saya sudah lulus s2 di Indonesia, apakah memungkinkan untuk saya ikut program s2 lagi dengan beasiswa ini? jadi bukan lanjut s3, tapi ingin s2 lagi di Australia. terima kasih.
    *ada pengalaman teman s2, yang mengikuti s2 kembali dengan beasiswa di Jepang.

  31. Dear Pak Andi

    Terimakasih banyak pak, tulisan bapak sangat bermanfaat sekali buat saya yang awam banget soal beasiswa AAS ini,hehe
    Saya mau tanya pak, apakah beasiswa ini juga mengharuskan pendaftarnya mendapatkan LoA terlebih dahulu dari universitas yang dituju?

    terimakasih
    Regards
    Iponiasih

  32. Terimakasih pak, informasi yang bapak tuliskan ini sangat bermanfaat dan membantu. 🙂
    Pak saya mau bertanya, apakah persyaratan skor TOEFL menjadi suatu hal yang utama bukankah nanti sebelum diberangkatkan ke Australia akan diberikan pelatihan bahasa Inggris? Apakah mungkin seseorang yang skor TOEFL nya dibawah 525 bisa lolos beasiswa ini pak? Misalkan yang skor TOEFL nya 497. Sekian pak pertanyaan saya. Terimakasih

  33. Menarik menjawab kebutuhan saya. Yang ingin kuliah S2 di UWA. Tapi sekarang status saya sebagai pekerja di industri kimia, karena background S1 Kimia. Apakah saya masih bisa melanjutkan S2 walaupun status sudah kerja?

  34. Pak Andi ijin bertanya. Setahu bapak, Untuk pendaftaran 2017 ini, mengingat terdapat beberapa tahapan pada beasiswa ini sbgaimana yang bapak jelaskan, apakah mungkinkan bila studi master telah dimulai pada februari 2018?

  35. salam pak Andi,
    saya ingin bertanya, bagaimanakah cara mengisi application untuk daftar S2 Master, karena saya sudah 6 tahun yg lalu masih belum tau cara membuatnya.. mohon bimbingan nya pak terimakasih.

    1. Pelajaran untuk para pejuang sekalian:

      1. Pertanyaan ini terlalu luas. Prosedur mengisi formulir S2 atau Master berbeda-beda, tergantung jurusan/programnya. Semua punya formulir sendiri2. Tidak bisa pukul rata.

      2. Pertanyaan ini juga tidak spesifik menjelaskan di bagian mana beliau perlu bantuan. Tentu kurang tepat kalau saya harus jelaskan dari a sampai z, misalnya mulai dari mengisi data pribadi, sampai proposal, justifikasi akademik dll. Terlalu luas.

      3. S2 dan Master itu hal yang sama 🙂

      4. Kalimat “saya sudah 6 tahun yg lalu masih belum tau cara membuatnya” ini tidak jelas maknanya. Apakah sudah mencoba sejak 6 tahun lalu, atau sudah lulus S1 sejak 6 tahun lalu dan lama tidak berkecimpung dalam hal studi, sehingga sekarang tidak paham caranya, atau apa? Tidak jelas dan sebenarnya juga tidak perlu ditulis.

  36. Salam Pak Andi, ijin bertanya:
    saya sementara mengisi form dari OASIS dan saya agak bingung dengan pertanyaan di section 15 – Supporting statement. Pertanyaannya:
    “How have you contributed to solving a challenge and to implementing change or reform? (Be specific and include: what aspect/s of your leadership knowledge, skills and practice you consider to be well established and effective; which people or organisations you worked with to solve the problem; and what creative methods were used.)”
    itu maksudnya cara mengatasi tantangan ketika akan belajar di Australia atau itu pertanyaan secara umum tentang bagaimana applicant mengatasi masalah?
    Mohon penjelasannya pak. Terima kasih sebelumnya.

  37. Asslamu’a Alaikum..
    mau tanya pak, bisa tidak ya, saya daftar dulu, toeflnya belakangan sy upload? soalnya ITP dsni mulainya 15 april, hasilnya nnti 30 april. Mohon solusinya. Terima kasih

  38. klo priority pields of study saya lebih masuknya ke infrastructure planning, tapI kalo milih kuliahnya urban planning, masuk gak pak? hihi

      1. Ijin tanya Pak Andi, saya termasuk dalam kategori ‘Geographic Focus Area’, skor TOEFL ITP saya 453. Apakah sudah memenuhi syarat ya, pak utk daftar AAS 2017 ini? Makasih banyak, pak.

  39. Halo pak. Saya ingin bertanya apakah yang belum lulus kuliah bisa daftar beasiswa ini? Saya baru akan lulus bulan juni nanti dan belum ada ijazah sedangkan pendaftaran tutup 30 april 😦

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s