Sepuluh Tips Jitu Pasti Lolos Beasiswa Luar Negeri


Saya menerima komentar atau email setiap hari terkait beasiswa luar negeri. Secara umum mereka bertanya tips untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Hasil dari berinteraksi dengan banyak orang itu, saya sudah punya sepuluh tips jitu yang menjamin Anda mendapatkan beasiswa luar negeri. Silakan disimak ya.

buku

  1. Anda tidak perlu pintar, tidak perlu IP tinggi, tidak perlu aktif organisasi, tidak perlu kreatif, karena basiswa luar negeri itu untuk orang orang biasa yang tidak istimewa. Semua pendaftar yang jumlahnya ribuan itu pasti diterima karena negara pemberi beasiswa tidak punya perhitungan strategis soal jumlah dana beasiswa yang mereka keluarkan. Jangan khawatir.
  2. Anda tidak perlu pintar berbahasa asing karena di luar negeri Anda akan menggunakan Bahasa Indonesia. Semua tugas makalah yang menumpuk, presentasi yang tiada henti dan pergaulan sehari hari menggunakan Bahasa Indonesia. Belanja di toko ikan juga menggunakan Bahasa Indonesia. Tidak perlu sibuk belajar Bahasa Inggris. Lebih baik Anda gunakan uang saku untuk beli HP baru, bukan kursus Bahasa Inggris, karena itu jauh lebih penting.
  3. Anda tidak perlu bisa menulis yang baik. Cukup tekun saja menulis di Twitter atau Facebook karena persyaratan essay untuk bisa diterima di perguruan tinggi luar negeri itu cukup 14O karakter saja kok. Tidak perlu belajar menulis yang komprehensif hingga ribuan kata dan mengartikulasikan dengan baik gagasan Anda tetang hal hal baru. Kadang cukup dengan hashtag #eaaa atau twit nyinyir, essay Anda akan diterima dan dianggap luar biasa.
  4. Anda tidak perlu mencari sendiri tentang jurusan dan universitas yang tepat karena informasi itu akan datang sendiri ke inbox Facebook Anda lengkap dengan persyaratan masuk dan rincian proses seleksi. Kadang kadang Anda cukup mention seseorang di twitter lalu tanya persyaratan masuk sebuah perguruan tinggi maka orang itu akan berbaik hati menunda pekerjaannya lalu begadang berjam jam untuk membantu Anda mengumpulkan informasi dengan membaca berlembar lembar petunjuk di website resmi sebuah perguruan tinggi di luar negeri. Tidak usah khawatir, pekerjaan dia memang seperti itu. Anda tinggal menikmati saja. Tidak usah repot repot.
  5. Ada tidak perlu belajar membuat CV yang bagus dan kreatif karena format CV bisa diperoleh dengan mudah di internet dan Anda tinggal tiru saja dengan mengganti nama. Petugas seleksi beasiswa tidak akan tahu kalau anda menyontek format dan model CV karena mereka tidak paham caranya menggunakan Google untuk mengecek keberadaan dokumen di internet. Anda juga tidak perlu berprestasi dalam hidup karena CV itu bisa dibuat buat seolah olah Anda berprestasi. Tidak akan ada yang tahu, tidak usah terlalu peduli.
  6. Tidak usah membeli buku untuk latihan TOEFL dan IELTS karena Bahasa Inggris Anda bisa tiba tiba bagus hanya dengan menghabiskan waktu bermain game online Berbahasa Inggris. Semua soal TOEFL dan IELTS nanti terkait dengan game online, tidak perlu belajar khusus. Listening dan Reading juga gampang. Tidak ada bacaan panjang yang perlu pemahaman komprehensif, semuanya seperti twit yang pendek pendek dan random.
  7. Beasiswa luar ngeri itu sama dengan uang gratis untuk Anda dan artinya Anda tidak akan perlu keluar uang. Jadi tidak usah menabung. Kursus TOEFL tidak perlu, biaya menerjemahkan dokumen tidak perlu, biaya transportasi untuk mengurus administrasi tidak perlu, pengiriman berkas juga tidak perlu biaya sama sekali. Sebaiknya gunakan uang untuk membeli pulsa karena tanpa itu Anda tidak bisa upload foto di Path. Tidak ada yang lebih penting dari itu.
  8. Jangan habiskan waktu membaca buku petunjuk beasiswa yang tebalnya puluhan atau ratusan halaman. Jika bingung tentang sesuatu, langsung saja email seseorang atau tanya di Twitter. Biarkan orang yang Anda tanya itu yang pusing membaca buku yang tebal itu dan sebentar kemudian dia akan berbaik hati meringkasnya untuk Anda dalam 14O karakter. Tentu saja orang itu akan melakukannya dengan senang hati karena dia pengangguran dan tidak punya kesibukan lain. Dia bahkan bersyukur mendapat kepercayaan Anda.
  9. Usahakan lebih percaya pada orang dibandingkan website atau buku informasi resmi. Jadi silakan ajukan pertanyaan kepada orang lain seperti “syarat TOEFL berapa”, “apakah ijazah perlu dilegalisir”, “formulir didapat di mana”, “berkas dikirim ke mana”, “dokumen yang dibutuhkan apa saja”. Website resmi pasti tidak memuat informasi seperti ini karena ini termasuk informasi rahasia yang tidak boleh ditulis di website resmi. Tanyakan kepada orang yang memiliki kemampuan seperti dukun.
  10. Percayalah pada informasi tentang beasiswa yang tertulis di blog atau di forum forum diskusi atau broadcast BBM karena informasi itu pasti benar. Anda tidak perlu melakukan verifikasi atau pengecekan dengan membaca website resmi atau menelpon ke penyelenggara beasiswa.

Selamat menerapkan sepuluh tips di atas dan saya jamin Anda akan mendapatkan beasiswa luar negeri besok sore. Percayalah.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

48 thoughts on “Sepuluh Tips Jitu Pasti Lolos Beasiswa Luar Negeri”

  1. SADIS! Tapi begitulah para pejuang malas, beasiswa itu ibarat durian runtuh. Tak ada yang jatuh ari langit dengan cuma-cuma.

    Terima Kasih Pak I Made Andi Arsana

  2. Reblogged this on Fera Komalasari and commented:
    Saya selalu suka tulisan Pak Made Andi. Saya menemukan blog beliau pada akhir Desember 2011 silam. Itu artinya tiga tahun yang lalu saat saya masih menjadi mahasiswa semester bawah. Sejujurna tidak ada kata bosan untuk menyimak postingan2 belaiu tenatnag TIPS Lolos beasiswa karena belai mem-posting bukan sekali dua kali akan tetapi berkali-kali dengan bahasa yang berbeda. Uniknya… saya mengcopy semua tulisan beliau dari tulisan entah tahun berapa sampai yang terbarukan dan menggabungkannya menjadi bacaan dalam bentuk PDF sampai ratusan halaman jadi saya tidak perlu repot-repot membuka ulang berkali2 blog beliau karena saya sudah punya 😀 kecuali ingin melihat postingan terbaru, Dua tahun saya menyebut nama beliau didepan dosen saya dan ternyata dosen saya mengenal Pak Andi. Wha… mungkin karena dosen saya (37 th) S2 di Australia dulunya jadi kenalannya disana atau mungkin karena dosen saya lulusan UGM jadi beliau mengenal Pak Andi… entahlah… Beliau heran terhadap saya mengapa saya bisa mengenal nama beliau dan saya menjelaskan bahwa saya mengenal beliau dari postingan2 blog. Saya berkata Pak Andi sangat baik kpd siapa saya- saya tahu itu karena belaiu bersedia menjawab berbagai pertanyaan pembaca bahka meluangkan waktu untuk menulis sebanyak itu. Bukan karena beliau seorang dosen akan tetapi menurut hemat saya itu semua karena naluri berbagi beliau sangat tinggi. Baiklah …. ini saya repost dari blog Pak Andi…. Semoga bermanfat 🙂

  3. Mr made tulisannya menginspirasi banget buat saya..semoga saya yang orang biasa yang tidak aktif berorganisasi juga bisa menggapai mimpi kuliah di australia juga..

  4. Salam kenal..
    Tips nya unik pak..Baru kali ini sy membaca tips jitu spt yg Bapak tulis..
    Sy tdk tahu apakah tips ini beneran atau perlu di negasi kan .. hehe

  5. tips yg sngat ampuh pak andi..
    baru kali ini ada tips yg dituliskan dengan gaya sarcasm tapi semua pointnya sangat mengena sesuai dg kondisi kekinian..:)
    terima kasih pak, saya jd semngat lagi…#fight

  6. Suka dgn postingan ny Pak Andi yg ini…
    Sungguh hebat, ap yg dsampaikan Pak Andi ini bisa menjadi inspirasi bg org lain, salah satuny saya :’)
    Tahun depan, insyaAllah, saya pengen jadi salah satu pengejar beasiswa tsb 🙂

  7. a great sarcasm Pak Andi. Pas baca isinya asli saya terbengong-bengong dan instrospeksi diri apakah ada dari kriteria itu dalam diri saya. oh saya selama ini silent reader tulisan-tulisan Bapak. Pertama Kali tahu Website ini pertengahan tahun 2013 lalu. Salam kenal Pak Andi

  8. setiap tulisan bapak sangat luar biasa, tips ini benar benar PAHIT pak rasa nya buat yang malas. saya mau mengucapkan terima kasih pak, tulisan bapak tentang daftar prediksi pertanyaan yang mungkin muncul saat wawancara beasiswa AAS sangat membantu. Perjuangan saya dari tahun 2013 berbuah manis tahun ini saya lulus beasiswa AAS, pak made. EAP di denpasar mulai bulan depan. sekali lagi terima kasih pak made, tulisan bapak sangat menolong banyak pemburu beasiswa.
    salam dari kupang, NTT

  9. saya punya folder khusus tentang tulisan tulisan pak made di laptop. Sangat membantu pak. Terima kasih bapak sudah menjadi berkat buat banyak orang termasuk saya. Dari tahun 2013, saya berburu beasiswa AAS, Pak. Puji Tuhan berbuah manis di tahun ini, saya menjadi salah satu awardee AAS pak, EAP di denpasar mulai bulan depan selama 4.5 bulan. Teringat saat wawancara, ada pertanyaan tentang apa yang menjadi kesulitan terbesar saya saat belajar di australia nanti ? saya tersenyum dan teringat tulisan bapak di daftar prediksi pertanyaan yang mungkin muncul saat wawancara beasiswa AAS. sekali lagi terima kasih pak, Doa saya pak made diberkati selalu, tetap jadi berkat lewat tulisan tulisan bapak,

    salam dari kupang, NTT

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s