Hebat karena diremehkan


Saya pernah menonton acara penjaringan bakat seperti Indonesian Idol, Indonesia Mencari Bakat, X Factor, atau acara serupa versi luar negeri. Yang paling saya suka adalah saat audisi pertama, ketika para kandidat memperlihatkan bakatnya untuk pertama kali di depan juri dan penonton. Suasana dan kesan dramatis akan muncul kalau ada kandidat yang mengejutkan penampilannya. Kandidat seperti ini biasanya istimewa karena ternyata penampilannya begitu hebat, jauh lebih hebat dari dugaan penonton dan juri.

Anda mungkin pernah melihat audisi Susan Boyle di Britain’s got talent. Selain karena suara emasnya, yang membuatnya tampil begitu istimewa sesungguhnya adalah Simon Cowell yang jelas-jelas meremehkannya ketika petama kali dia memperkenalkan diri. Kita bisa melihat dengan jelas air muka dan tanggapan Simon terhadap Susan yang tidak positif. Tidak hanya itu, banyak penonton bahkan tidak sungkan menunjukkan sikap mencibir ketika Susan belum mulai bernyanyi. Kita bisa merasakan atmosfer studio yang meragukan dan meremehkan Susan pada awalnya. Ketika dia mulai bernyanyi, suasana berubah 180 derajat. Semua mata terperanjat, semua hati terkejut dan terkesima. Ada rasa bersalah pada masing-masing orang karena telah meremehkan. Suasana menjadi begitu dramatis dan Susan menjadi sedemikian istimewa karena ternyata bisa melampaui harapan semua orang. Dia bahkan “menelanjangi” dan “menampar” siapa saja yang tadi salah duga hanya karena melihat penampilannya yang memang kurang meyakinkan.

Belajar dari Susan Boyle di Britain’s got talent, mungkin ada baiknya mensyukuri mereka yang meremehkan kita. Sikap meremehkan itulah yang pada akhirnya membuat keberhasilan menjadi dramatis dan berkesan luar biasa. Maka jika ada yang meremehkan kita, sesungguhnya dia telah menyediakan lahan yang subur bagi ‘Susan Boyle’ yang ada di diri kita untuk menyeruak ke luar, mengejutkan dan memesona.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

5 thoughts on “Hebat karena diremehkan”

  1. Di lain pihak ada acara kayak Masterchef dimana yang benar-benar hebat malah SELALU ga menang ๐Ÿ™‚

    Juaranya malah yang paling sering nangis dan penuh drama ga jelas ๐Ÿ˜ฆ #CurhatTerselubung

  2. sepakat banget, bang!
    saya pun malah tambah berapi-api untuk menunjukkan kemampuan terbaik kalau sekeliling saya sudah meremehkan sebelum kita beraksi. ๐Ÿ˜€

  3. pas ๐Ÿ˜€ sepakat! , memang yang bikin menarik acara-acara seperti itu adalah moment-moment diremehkan dan kemudian bisa menunjukkan bakatnya .. dan kita bisa banyak mengambil hikmah dari acara-acara seperti itu ๐Ÿ™‚

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s