Membuat Radio online itu Mudah dan Gratis


Ingin punya radio dan bisa didengarkan di seluruh dunia? Gampang. Luangkan waktu satu jam maka Anda sudah akan punya radio online dan siap siaran dari mana saja sepanjang ada koneksi internet. Saya sudah membuat beberapa radio online dalam waktu sebulan terakhir. Berikut langkahnya.

Membuat Akun Radio Online

  1. Buat akun radio online di situs www.listen2myradio.com lalu pilih Sign Up for Free Account.
  2. Isi data lengkap layaknya membuat email atau akun Facebook lalu klik “Create my Account
    radio2
  3. Sebuah pesan akan dikirim ke email Anda untuk langkah lebih lanjut.
  4. Buka email Anda dan klik link untuk konfirmasi registrasi.
  5. Ketika sudah melakukan konfirmasi, Anda bisa klik link untuk login
  6. Lakukan login dengan email sebagai username dan masukkan password.
  7. Anda akan dihadapkan satu halaman untuk memasang (install) radio Anda. Klik link yang disediakan.
    radio3
  8. Buat broadcaster password (ini diperlukan saat pengaturan winamp untuk siaran nanti). Buat juga admin password. Tulis judul atau nama radio (terserah saja). Selain itu tulis juga deskripsi radio. Tidak usah khawatir, ini bisa diubah kapan saja.
    radio4
  9. Bagian yang penting adalah membuat URL radio. Pikirkan baik-baik karena inilah yang akan diingat oleh pendengar Anda nanti. Pendengar bisa menyimak siaran Anda dengan mengunjungi URL ini. Misalnya, radio saya http://madeandi.listen2myradio.com. Silakan pikirkan nama yang mudah diingat. Setelah itu klik install.
  10. Lakukan proses selanjutnya seperti panduan yang muncul di layar Anda.
    radio5
  11. Pilih lokasi server yang disediakan. Saya sarankan di UK.
    radio6
  12. Catat detil IP dan Port yang diberikan, Anda akan memerlukan ini untuk pengaturan selanjutnya.
    radio7
  13. Klik link Radio Details setelah mencatat IP dan Port sehingga Anda akan melihat informasi rinci radio Anda.
  14. Anda akan melihat status Stream is ON berwarna hijau yang Artinya radio Anda sudah siap digunakan.

Menyiapkan Media untuk Siaran
Untuk bisa siaran Anda memerlukan program Winamp dan melakukan pengaturan tertentu. Lakukan langkah-langkah berikut

  1. Unduh winamp, Shoutcast DNAS 2.0 dan SHOUTcast Transcoder lalu pasang.
  2. Setelah dipasang, aktifkan Winamp sehingga muncul juga jendela Nullsoft. Di sinilah Anda melakukan pengaturan untuk siaran. Tips: seringkali Nullsoft ini tidak terlihat karena selalu berada di bawah jendela Winamp. Jika ini terjadi, coba kecilkan atau geser jendela Winamp Anda.
  3. Pilih tab output dan pilih salah satu dari 5 keluaran yang disediakan. Pilih tab connection dan isilah data seperti IP, Port, username, dan password. Ingat, ini adalah broadcaster password, bukan password yang Anda gunakan untuk login di Listen2Myradio.
    radio8
  4. Pilih tab Encoder lalu pilih type MP3 Encoder. Jangan lupa centang Auto Connect
  5. Sekarang pilih tab Input dan di sana ada pilihan Winamp atau Microphone (Soundcard Input). Pilih Winamp jika akan siaran dengan memutar lagu2 di Winamp atau pilih Microphone/ Soundcard Input jika akan memperdengarkan suara penyiar.
  6. Jika semua pengaturan benar maka status di Nullsoft akan menunjukkan “sent sekian bytes”
    radio10
  7. Anda sudah siap siaran. Jika saat itu inputnya adalah Winamp maka lagu yang Anda putar di Winamp akan bisa terdengar di seluruh dunia melalui URL radio yang ditentukan tadi. Jika ingin memperdengarkan suara penyiar maka ubah input jadi Microphone atau Soundcard Input dan mulailah cuap-cuap.

Siaran di Lain Waktu
Jika Anda akan siaran di lain waktu maka Anda harus tetap login terlebih dahulu tetapi tidak perlu melakukan pengaturan IP dan Port seperti di atas.

  1. Kunjungi http://www.listen2myradio.com lalu login dengan email dan password.
  2. Akan terlihat bahwa Stream is oFF. Silakan klik “Turn On click here” sehingga di bagian bawah akan ada pilihan Turn On/Turn Off, silakan klik Turn ON sehingga muncul pesan “Radio is turning on”. Di bawah itu ada pesan “Click here to refresh” dan silakan diklik. Anda akan lihat status hijau Stream is On.
    radio9
  3. Anda sudah siap siaran dengan Winamp dan status di Nullsoft adalah “sent sekian bytes”. Dalam hal ini Anda tidak perlu melakukan pengaturan apa-apa lagi dan bisa mulai memutar lagu atau cuap-cuap dengan mic. Ingat, pilih input yang tepat.

Semoga petunjuk singkat ini bermanfaat. Belum bisa berjalan sesuai keinginan? Silakan kontak saya.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

158 thoughts on “Membuat Radio online itu Mudah dan Gratis”

  1. Pak Andi, radionya nanti bisa didengarkan oleh sapa aja? Dan didengarkan lewat mana?
    Oya, skalian,mau ngucapn makasi utk smua info yg di share di blog ini, sangat brmanfaat buat sya, alhamdulillah sy lulus ADS taun 2013 🙂

  2. Pak Andi klo untuk Media Pemutar musik Winamp bisa gak pak? maksud saya media pemutar dengan Blackberry Smartphone atau dengan apa saja?

    Terimakasih

  3. pak andi….semuanya sudah connect dan sudah sent sekian bite tapi ketika kita coba mau dengar pake url nya …kok cuman loading aja and connecting tapi gak ada suara ya…..

    salam/sigiro/url:silahisabungan.listen2myradio.com.

      1. pak saya sudah punya radio streamingnya radiosragen.listen2myradio.com
        tetapi setiap saya siaran saya buka kok lagu yg muncul lagu yg kemarin saya putar. yg saya putar saat saya siaran kok ga keluar ya ?

  4. mas andi saya udah selesai buat account di listen2myradio, saya udah masukin ip dan port ke plugin shoutcast, nah tinggal username itu saya make apa? apakah asal asalan saja atau gimana? gagal disitu tuhh..

    1. Kadang ini memang terjadi pada saya juga. Tipsnya, sebelum pindah ke soundcard input, matikan music di winamp dulu. Kadang ini bisa mengatasinya. Jika tidak ya restart lagi aja 🙂

  5. klo saya problem nya ini pak
    In text1 Found 2 words needed more then 20
    If you sure you wrote more than 20 words, probably you wrote Spam Text, so please write normal text!!!! mohn bimbingan nya

  6. YTh. pak Andi terima kasih banyak atas petunjuknya, saya sdh coba buat s/d taraf streaming sudah jalan, saya coba di http://ip adress :Port/listen.pls sudah jalan ada suara, saya buka di URL sendiri sudah jalan cuman ngga ada suara, bagaimana kalau dibuka di URL supaya ada suara ? kedua waktu dicoba di ……../listen.pls suara terputus-putus bagaimana supaya buferingnya bagus ? sdh saya coba di Output diset 64 kpbs, 22,050 khz (dari 128 kbps saya turunkan) server saya pilih meggunakan UK, bagaimana solusinya, Terima kasih.

  7. mas, kemaren saya coba bikin. Terus alamatnya gini: onthemix.radio12345.com, nah itu kan alamat utk membuka via PC/com kan. Terus klo mmbuka via blackberry gimana ya alamatnya?

  8. Mas, klo contoh: blablabla.radio12345.com itu kan buat via komputer/PC. Klo masuk via blacberry gimana ya alamatnya?

  9. Pak.. kok lagu yang di situsnya gak berubah2. saya sudah ganti lagunya di winamp tapi disitusnya tatap dan di ulang2 lagunya… gimana caranya supaya bisa bersamaan dengan pemutar diwinamp supaya kalau diganti lagunya diwinamp disitusnya bisa sama lagunya ..

  10. Pak, tempat saya kog kadang konek kadang tidak itu gimana ya pak??susah amat upload pake listen2myradio ini dari dulu. Saya pake speedy pak..trims jawabannya

  11. Jika semua pengaturan benar maka status di Nullsoft akan menunjukkan “sent sekian bytes”

    yang ini belum mas. belum sent sekian bits.
    yang terjadi statusnya kadang connecting dan receiving gitu terus mas.

  12. Problem in installation

    Problem in installation:

    In text1 Found 22 words needed more then 30
    If you sure you wrote more than 30 words, probably you wrote Spam Text, so please write normal text!!!!

    Go back and try again

    Thank you, listen2myradio.com

    Itu yang Tertulis pak waktu sya daftar , trus bagaiman tu pak??

  13. 6.(Jika semua pengaturan benar maka status di Nullsoft akan menunjukkan “sent sekian bytes”) punya saya kok gak bisa “sent sekian bytes” kok tetap conecting mohon penjelasannya

  14. pak kenapa di nullsoftnya tidak mau connect ya? padahal sudah terisi dengan benar, di web juga padahal sudah connect… 😦

  15. Mas ini cr pembuatan yg dbahas ini gratis?
    Klo alat2 yg dbutuhkan untuk memulai bkin radio itu apa aja pak?

  16. Pak Andi…kalau WINAMP atau Shoutcast nya saya ganti pakai VLC Media Player apakah bisa?…VLC Media player juga ada fungsi streaming nya…..

  17. maaf mas bro…., settingan yang mana gi yang harus di setting…., mohon bantuan nya…., masalah nya di kalimantan tengah khususnya di wilayah palangka raya belum ada…., dan kalau harus membayar…, kemana dan berapa…..,

  18. semua tahap di listen2myradio sdh clear…..nullsoft posisi dmn di winamp? sy gak nemu nullsoftnya gan? oh ya plugin shout cst transcoder gak bisa gan…

  19. Nulsoft yg di contohkan seperti bapak Andi tulis, tidak muncul ya di winamp saya.gimana cara setting winampnya biar muncul kotak dialog winamp seperti contoh diatas

  20. Untuk pemula dan yang hanya ingin coba-coba saja sangat bagus pakai listen2myradio, tapi sayang karena server luar latency nya tinggi.

    Alternatif bisa pakai VPS lokal, diinstall shoutcast

  21. pak punya saya ini bunyi tidak, saya suruh buka temen saya kok mendadak ada tulisan dari listen2myradio ” seharusnya adnda tidak membuka ini di blokir ” ini apa maksudnya pak ? tolong bantuannya. wwwbudoyosragencom.listen2myradio.com

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s