Ketika Ahok ber-Hangout!


Adalah Radio PPI Dunia yang punya ide cerdas, mewawancarai Ahok, Wakil Gubernur DKI Jakarta secara langsung terkait penanganan banjir Jakarta. Yang membuatnya istimewa ada dua. Pertama, wawancara ini bersifat interaktif sehingga memungkinkan partisipasi dari siapa saja di seluruh dunia. Kedua, wawancara ini tidak saja disiarkan dalam bentuk audio tetapi juga video menggunakan Google Hangout. Jika saya tidak salah amati, Ahok adalah wakil kepala daerah pertama di Indonesia yang menyampaikan gagasannya lewat Google Hangout sehingga bisa disimak secara langsung oleh siapa saja di seluruh dunia yang memiliki internet yang cukup. Google Hangout sudah digunakan oleh Obama dan Julia Gillard untuk berkomunikasi dengan rakyatnya. Radio PPIA Dunia melakukan sebuah terobosan yang luar biasa.

Video yang Anda saksikan berikut adalah hasil rekaman dari proses dialog ini. Ketika ini berlangsung live, video ini disiarkan di youtube. Sambil disiarkan, video ini direkam Youtube dan kini bisa Anda nikmati sebagai arsip seperti halnya video lainnya. Dari video di bawah kita bisa lihat bahwa ini benar-benar natural tanpa editing dan kini bisa dinikmati sebagai arsip apa adanya. Yang belum pernah menggunakan Google Hangout, silakan baca tulisan saya yang pernah terbit di Suara Merdeka.

Ahok memang sangat populer. Partisipan berasal dari seluruh dunia. Ada professor di Eropa, Amerika dan Asia. Beberapa mahasiswa dan aktivis juga memberikan komentar dan sarannya. Ini menunjukkan betapa antusiasnya banyak orang untuk mendukung pemerintah DKI Jakarta untuk mengatasi banjir. Meski harus diakui bahwa tidak semua komentar dan usulan itu merupakan hal baru. Seperti yang disampaikan Ahok, jika bicara soal studi, Jakarta sudah memiliki begitu banyak dan bahkan terlalu banyak. Kini saatnya melakukan implementasi.

Seperti diakui Ahok, telekonferensi ini merupakan hal pertama baginya dan ini adalah pengalaman baru. Meski demikian, Ahok nampak sangat percara diri dan tenang menghadapi berbagai pertanyaan dan usulan yang disampaikan oleh para partisipan. Meskipun belum bisa dilihat manfaat dari telekonferensi semacam ini, jelas ide yang digagas Radio PPI Dunia bersama Kedutaan Indonesia (KBRI) di Belanda ini sangat patut dihargai. Ini adalah kali pertama, setahu saya, adanya dialog yang bersifat global dan lintas batas untuk membicarakan persoalan lokal Jakarta. Hal ini merupakan hal yang patut ditiru juga oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah lainnya.

Yang terpenting, dialog interaktif ini menunjukkan bahwa studi banding yang dilakukan oleh anggota DPR sepertinya perlu ditinjau ulang. Dalam keadaan dunia yang highly-connected seperti sekarang ini, jarak dan waktu bukanlagi kendala jika tujuannya adalah untuk berbagi pandangan dan saling belajar satu sama lain. Radio PPI Dunia, KBRI Belanda baru saja telah membuktikannya dengan Google Hangout. Saya pribadi mengagumi usaha ini. Hormat saya untuk Radio PPI Dunia, KBRI Belanda dan Pak Ahok. Politik telah memasuki fase baru di Indonesia, fase yang memungkinkan rakyat didengarkan suaranya.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

4 thoughts on “Ketika Ahok ber-Hangout!”

  1. Sepertinya pak ahok niru idenya Bapak.. hehe..
    Rasanya bapak sudah lama posting cerita soal google hangout dan peranan internet dalam dunia perkantoran.. : )

  2. ini salah satu bentuk transparansi pemerintahan, teknologi sudah menyediakan aksesnya, tinggal para pejabat kita mau atau tidak menggunakannya.
    salut buat pak ahok 🙂

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s