Tanjung Berakit dalam Video


Jika isunya adalah kedaulatan, banyak orang yang mudah sekali terusik. Tidak saja mereka jadi lebih berani untuk melakukan sesuatu, seringkali akal sehat menjadi nomor dua. Demikian pula situasi di Indonesia saat ini yang sedang hangat karena insiden di perbatasan Tanjung Berakit yang melibatkan Malaysia. Entah untuk keberapa kali sudah, jargon “Ganyang Malaysia” diteriakkan lagi. Masih bagus, kali ini tidak dilanjutkan dengan kalimat tidak penting lainnya seperti “selamatkan Siti Nurhalisa”.

Sebagai sumbangan saya untuk membuat situasi jadi lebih baik, saya membuat sebuah video yang mengilustrasikan insiden ini agar orang awam yang tidak mendalami persoalan perbatasan dan hukum laut bisa memahami dengan baik. Selamat menyaksikan.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

10 thoughts on “Tanjung Berakit dalam Video”

  1. Selamat pagi Made andi
    saya mau sedikit bertanya tentang perairan internasional sekitar 7mil diutara Tanjung Berakit.
    Bisakah memberikan informasi dimana saja koordinat wilayah NKRI diluar dari irisn yang disengketakan seperti didalam video.
    saya bekerja di kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, saat kami patroli kesana banyak sekali kapal² asing besar² berlabh jangkar disana hingga berbulan lamanya, kami menduga ada illegal transfer oil dan pencemaran yg dilakukan kapal² tsb. terima kasih

    1. Karena memang belum ada batasnya, kita tidak isa mengatakan sampai di mana wilayah NKRI. Yg pasti menurut klain sepihak, wilayah NKRI adalah seperti peta yg diterbitkan resmi Badan Informasi Geospasial.

      1. Oke akan kami cek lagi batasnya di peta.
        Satu pertanyaan lagi bli, yaitu tentang perairan internasional. Dimana perairan internasional diatas Timur laut Tanjung Berakit dan berapa mil jauhnya.

      2. Dalam UNCLOS, tidak ada istilah perairan internasional. Apa yg Anda maksud dgn ini? Apakah maksudnya ‘laut bebas’ atau high seas? Jika demikian maka tidak ada laut bebas karena laut bebas itu di luar 200 mill laut dari garis pangkal sedangkan jarak antara Ina dan MY di sana dekat sekali. Ingat, laut teritorial sejauh 12 mil laut, zee sejauh 200 mil laut. Tidak mungkin ada laut bebas pada kawasan laut yg sempit spt itu.

      3. Koq mereka (kapal-kapal besar itu) berdalih mereka berlabuh di perairan Internasional sehingga tidak perlu menunjuk agen baik di Malaysia maupun Indonesia dalam waktu yang relatif lama (ada satu kapal yang sudah berlabuh disana mulai tanggal 03 desember 2012)
        ini posisi GPS nya 01 24.86 N – 104 40.5 E
        MAsuk perairan Indonesia / Malaysia / Atau benar yang mereka dalihakan (high seas)
        Mohon pencerahan.

      4. Lokasi kapal itu ada di sini http://twitter.com/madeandi/status/285257140053090305/photo/1

        Garis merah itu batas landas kontinen. artinya kapal itu ada di sisi Indonesia. tapi perlu diingat, belum ada batas perairan di sana dan kapal itu adanya di air bukan di landas kontinen sehingga belum bisa dipastikan di perairan siapa kapal itu berada.

        Intinya, inilah pentingnya batas. Jika batas belum ada kita bahkan tidak bisa memastikan di mana sebuah kapal berada.

        Di sisi lain, garis putih itu adalah klaim Indonesia untuk batas ZEE sehingga jika mengacu pada ini, maka kapal itu ada di ZEE Indonesia. Tapi sekali perlu diingat, batas ZEE ini masih merupakan klaim sepihak Indonesia, bukan kesepakatan dengan Malaysia atau negara lain. Kalau mau diskusi soal ini bisa diatur diskusi online lewat skype. Silakan kontak saya madeandi@ugm.ac.id

      5. Oke beli Thk atas info nya, saya dapat info lagi kalau kapal itu sudah bergeser sejauh 5 cable kearah SE (tenggara) dari posisi GPS semula.
        Apa payung hukum yang bisa saya tunjukkan bahwa dia berada di perairan Indonesia. Seperti UNCLOS atau PP yang lain?
        Saya baca satu artikel bahwa Ina – Mal sudah membuat kesepakatan batas wilayah sebanyak 25 koordinat. 10 di selat malaka dan 15 koordinat di perairan Laut China Sel (pantai timur malaka) sayangnya penulisnya tidak memberitahukan titik2 korrdinat itu,
        Siap , Akun skypenya akan saya simpan.

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s