Migrasi


Awalnya saya tidak berniat untuk bermigrasi dari blogger ke wordpress, meskipun ada beberapa teman yang menyarankan dari dulu. Bukan apa-apa, bermigrasi tidak selalu mudah dan terutama perubahan menimbulkan ketidaknyamanan. Bermigrasi ke wordpress dari blogger ketika blog saya di blogger sudah cukup mapan dengan pengunjung tetap memang akan berisiko.

Adalah kekonyolan pemerintahan negeri ini yang akhirnya membuat saya mencoba-coba bermigrasi. Depkominfo, yang entah karena alasan apa, sempat membuat blogspot tidak bisa diakses beberapa hari. Saya yang tidak bisa hidup tanpa ngeblog tentu saja menginginkan jalan keluar. Akhirnya secara tidak sengaja saya menemukan fasilitas import di wordpress dan tanpa pikir panjang saya gunakan. Dalam beberapa menit, semuga isi blog saya di blogger termigrasikan ke wordpress. Semua serba cepat dan mudah, walaupun kenyataannya masih ada satu dua hal yang terasa kurang indah. Lumayan untuk ukuran migrasi yang singkat dan mudah.

Setelah beberapa hari, blogspot normal kembali dan sayapun melupakan wordpress. Satu hal mengejutkan terjadi, blog saya di blogspot lenyap tanpa bekas dan katanya sudah terhapus. Saya terkejut tetapi belum bisa berbuat banyak. Saya menduga-duga bahwa migrasi saya ke wordpress menjadi salah satu pemucunya. Saya khawatir, tindakan migrasi ini dianggap pelanggaran atas layanan dan ketentuan blogger. Bisa jadi.

Apapun itu, saya tidak ingin kehilangan ratusan tulisan saya di dunia maya dan kalaupun memang blogger tidak mau mengembalikan tulisan itu (itupun kalau yang menghapus adalah blogger sendiri), saya harus lakukan sesuatu. Kita tunggu saja.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

2 thoughts on “Migrasi”

  1. pak, kalau saya tadi iseng searching, kayaknya migrasi dari blogger ke wordpress sah-sah aja pak. Hehe….

    mungkin saya juga kepikiran pindah ke WP, soalnya kalo di WP, lebih mudah ngasih komen, ga kayak blogger, loading nya lama betul kalau mau komen…

    hehe

  2. hihi.tadi farid cerita ke saya, semoga tulisannya bisa balik hehe.. selamat datang di dunia WP hihihi

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s