Tukang Ojek [pun harus] Inovatif


“Mau dengar lagu apa Pak? Koleksinya lengkap kok?” demikian tanya pengendara Gojek yang menjemput saya malam itu. Ini pertanyaan tidak biasa dari seorang pengendara GoRide yang menggunakan sepeda motor. “Gimana caranya?” tanya saya penasaran. Ternyata di helm yang saya gunakan ada speaker yang terhubung dengan HP melalui koneksi Bluetooth. Canggih!

Di sepanjang perjalanan yang kurang dari setengah jam itu pun, saya menikmati lantunan lagu dari Sheila On 7. Lagu-lagu itu diputar dari aplikasi Joox di HP yang disediakan khusus untuk menghibur penumpang. Pemasangan speaker di helm juga sedemikian rupa sehingga saya bisa mendengar lagu dengan baik sekaligus bisa mendengar suara lain di sekitar. Akibatnya, percakapan dengan Mas pengendara Gojek juga tetap lancar.

Ini bukan soal lagu dan teknologi. Kita tahu, penggunaan Bluetooth untuk perkara demikian memang sudah jamak dan lazim. Saya terkesan dengan idenya. Ide untuk memberikan hiburan dan menjadi berbeda. “Biar beda dengan yang lain, Mas” katanya renyah Ketika saya tanya motivasinya.

Yang menarik, dia menjelaskan dengan fasih cara kerja teknologi di balik kreativitasnya itu. “Wah, gampang itu, Mas. Tinggal beli dan pasang, aja” katanya menjelaskan betapa mudahnya itu baginya. “Saya lihat di Youtube aja. Banyak tutorialnya”, katanya. Dari caranya menjelaskan, nampak jelas dia tidak saja memahami tetapi juga begitu menikmati apa yang dilakukannya. Dia antusias menceritakan cara kerja teknologi, dia gembira mejelaskan harganya, dia juga bahagia mengisahkan respon penumpangnya. Saya tidak heran, penumpang pasti menikmati berkendara bersama dia.

Lelaki itu punya kemampuan untuk memulai percakapan yang alami. Tidak mudah melakukan ini. Tidak semua orang dikarunia kecakapan ini. Tidak sedikit penyedia layanan publik mencoba melakukannya tetapi tidak semua bisa melakukannya dengan alami tanpa memaksa. Selain memang dikarunia bakat alam, lelaki itu tentu melatihnya sehingga menjadi kebiasaan. Di sela lagu Dan, Shepia dan Tunggu Aku di Jakarta yang mengalun dari Sheila On 7, percakaan kami tak pernah putus.

Dia pun bercerita, suatu ketika diberi hadiah HP oleh penumpangnya. Penumpang baru. Bukan pelanggan. Melihat cara komunikasi dan kehangatan pribadinya, rasanya saya tidak heran dengan berita itu. Lelaki ini bisa secara alami menarik perhatian orang dan bisa menuai simpati dengan begitu mudahnya. Saya hanya tersenyum haru mendengar bagaimana dia menangis setelah diberi hadiah itu. “Kok bisa, ada orang sebaik itu. Saya nggak habis pikir, Mas” katanya semangat.

“Saya bagi tiga penghasilan saya” katanya saat menjelaskan strateginya mengatur keuangan. Betul, percakapan kami begitu deras mengalir sehingga menyentuh hal-hal yang tidak lazim antara seorang pengendara Gojek dan pelanggannya. “Sepertiga saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sepertiga lagi untuk cicilan, dan sisanya saya tabung” katanya.

Tabungan ini konon digunakannya untuk membeli sepeda motor secondhand dan disewakan. “Alhamdillilah, laku Mas. Nggak pernah nganggur sih motornya sampai sekarang” katanya saat saya tanya apa laku penyewaan sepeda motor di Jogja. “Saya selalu pakai Facebook Ad” katanya fasih dan tanpa canggung. Kabarnya, ada delapan unit motor yang sedang dikelolanya saat ini. Dari lelaki yang nampak sederhana ini, baru saja saya melihat ‘digital economy’ diterapkan dan menyentuh kehidupan nyata manusia biasa yang seorang petarung jalanan.

Kreativitas dan Inovasi memang seharusnya menjadi kata kunci dan itu harus menjadi milik siapa pun. Tukang ojek pun harus inovatif jika ingin mendapatkan hal istimewa dalam hidupnya di dunia per-ojek-an. Menjadi berbeda itu kunci. Seperti kata Pandji Pragiwaksono, “sedikit lebih beda, lebih baik, dibandingkan sedikit lebih baik.”

Dalam perjalanan ke Semarang, 5 Agustus 2022

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: