Jangan terlalu serius, ini cuma gelar Doktor


Di hari pertama saya memulai PhD di Australia, pembimbing saya menyampaikan “it’s only a PhD, Andi. Take it easy”. Saya terkejut. Bagaimana bisa santai? Ini adalah pencapaian akademik tertinggi. Saya harus buktikan bisa menciptakan hal baru dan berkontribusi pada ilmu pengetahuan. Bagaimana bisa santai?!?!

Dia paham kegalauan saya. Dia kemudian melanjutkan. Doktor adalah surat izin meneliti. Tidak lebih dari itu. Dengan meraih gelar doktor kamu sudah lolos proses pelatihan sehingga selanjutnya siap meneliti yang ‘sebenarnya’. Lebih lanjut dia bilang “the real work is after your PhD”. Jangan habiskan waktumu saat meraih doktor karena itu bukan pencapaian tertinggimu.

Jika kamu punya passion dan ketertarikan akan satu bidang, kerjakan itu dengan sungguh-sungguh, dengan semangat, dengan keriangan, tanpa tekanan deadline dan tanpa direcoki oleh orang lain. Saat proses meraih doktor, kamu tidak punya kemewahan itu. Jadi kamu bisa simpan dulu cita-cita besar itu sampai lulus PhD dan nanti kamu bisa melakukan apa saja.

Dia lanjut lagi. Jika kamu bisa kerjakan PhD dengan cara yang mudah namun sudah memenuhi syarat minimal sebagai PhD, kamu tidak harus menyiksa diri berlebihan, kan?! Jika kamu ingin yang luar biasa dan sempurna, lakukan setelah gelar PhD di tangan. Kamu bisa mengatur sendiri ritme dan kedalaman penelitianmu ketika itu.

Di suatu ketika, saya bertemu teman yang memulai PhD hampir bersamaan dengan saya. Dia ternyata sudah lulus. Ketika saya jelaskan situasi saya, dia hanya berkomentar singkat. “Come on, Man. Get your license and let’s start the real work”.

Jadi, ini cuma gelar doktor, jangan terlalu serius 🙂

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

2 thoughts on “Jangan terlalu serius, ini cuma gelar Doktor”

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s