Biar Kuliahnya Ngga Gitu-gitu Aja


“3 kata untuk I Made Andi Arsana”

Kuliah yang baik adalah yang interaktif. Masalahnya, tiap kali ditanya, mahasiswa anteng2 aja. Tiba2 jadi pendiam. Gimana solusinya? Lakukan interaksi yang anonim dengan cara yang akrab sama mereka. Gunakan HP.

Misal kita ingin mengetahui pandangan mahasiswa terkait mata kuliah kita. Misal kita mau tanya “apa hal pertama yang muncul ketika mendengar mata kuliah ini?”

1. Pakai Google Docs (Form dan Sheet) (docs.google.com)

Buat google Form dengan satu pertanyaan di atas. Selanjutnya kirim link form ini ke grup WA/Line mahasiswa saat ngajar sehingga mereka langsung bisa buka di HP masing2. Minta mereka mengisi. Karena tanpa nama, biasanya semua mau ngisi. Gimana? Nggak tahu cara bikin Google Form? Hmmm

Di saat yang sama, tampilkan hasil jawaban mereka di Google Sheet yang menampilkan hasil/respon Google Form. Setiap ada yang menjawab, maka hasilnya tampil di layar. Mahasiswa merasa terlibat dan ‘excited’ karena mereka melihat jawaban mereka tampil tapi tidak malu karena tidak ada yang tahu. Akhirnya banyak yang menjawab dg lebih ‘berani’ dan kreatif. Kelas bisa jadi seru penuh tawa.

2. Pakai Mentimeter (mentimeter.com)

Login ke Mentimeter (bisa pakai FB atau bikin akun sendiri) dan buat sebuah slide interaksi. Intinya dg Mentimeter ini, kita akan bikin slide tapi isinya merupakan sumbangan para mahasiswa kita. Misal buat slide dengan pertanyaan “kesan tentang kuliah ini” dan beri kesempatan mereka menulis 3 kata. Setelah rancangan slide jadi, kirim link ke grup WA/Line mahasiswa sehingga mereka langsung bisa mengisi.

Hasil isian mereka bisa ditampilkan dalam bentuk word cloud di slide yang kita rancang tadi. Tampilkan itu pada saat mereka mengisi sehingga semua orang bisa melihat kontribusi mereka tapi anonim. Seperti layaknya word clud, kata yang paling sering muncul akan tampil paling besar.

Kedua model di atas juga bisa dipakai untuk kuis, evaluasi pemahaman materi, dan tanya jawab lainnya. Di kelas saya yang jumlah mahasiswanya 70 orang, partisipasinya bisa lebih dari 100. Sakti bener hehe. Selamat mencoba.

I Made Andi Arsana

Teknik Geodesi UGM

PS. Metode di atas saya contek dari Pak Nurcahyadi, GM Hyatt Jogja dan Pak Irwan Endrayanto (MIPA UGM).

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

2 thoughts on “Biar Kuliahnya Ngga Gitu-gitu Aja”

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s