Menyingkap Misteri IP


  1. Soal IP ini sensitif, saya paham πŸ™‚ Pesan ini bagi mereka yg blm lulus saja. Someone has to tell the truth bahwa IP penting.
  2. Pesan saya soal IP untuk mahasiswa baru agar sadar dari awal. Yg terlanjur IPnya gak sempurna, ayo berjuang dgn β€˜kreatif’ untuk menutupi kekurangan.
  3. IP tinggi memang tidak menjamin kesuksesan tapi IP tinggi akan memberikan kita kesempatan yang lebih banyak. Artinya peluang suksesnya juga lebih besar πŸ™‚
  4. IP rendah itu memang tidak hina kok cuma agak repot aja kalau 4 thn lagi mau cari kerja. Itu saja πŸ™‚ Jadi kalau masih punya waktu untuk meningkatkan IP, kenapa tidak?!
  5. IP yg tdk sempurna bukan akhir segalanya. Jangan putus asa. Masalahnya, kita harus berjuang lewat cara yg tidak ‘umum’. Itu saja. So, be ready!
  6. Menurut saya, mending kuliah lebih lama (jika harus) untuk memperbaiki IPK daripada kehilangan banyak kesempatan gara-gara IP ga’ cukup.
  7. IP bagus tdk harus cumlaude. Tapi Ada batasan angka yg membuat kesempatan terbuka lebih lebar πŸ™‚ Tergantung mau jadi/kerja apa.
  8. Kita ga selalu berprestasi di kampus. Kadang merasa down ga apa2. Yg penting jgn lupa bangkit.
  9. Transkrip saya ada D nya. Tentu sy tdk bangga tapi bersyukur. Jadi sy punya ‘otoritas’ kalau ngomong soal IP :))
  10. Yg paling top: lulus cepet IP tinggi tp jika ga bisa, harus kompromi. Berdamai dg diri sendiri demi kepentingan lbh besar
  11. Banyak yg pengaruhi keberhasilan. Ada yg di luar kuasa kita. Tugas kita menghindarkan kegagalan krn hal yg bs kita kendalikan. IP salah satunya.
  12. IP bukan segalanya krn yg penting adalah karakter. Tapi seringkali kita ditanya IP dulu sblm diuji karakternya πŸ™‚
  13. IP bagus (cukup) itu perlu kalau nanti mau sekolah ke LN selain indikator lain seperti kemampuan bahasa internasional. Harus diingat oleh mahasiswa baru nih.
  14. IP tinggi tidak lebih penting dari iman yg baik. Tapi iman baik + IP bagus bukan dosa juga. Think about it πŸ™‚
  15. Banyak yg IPnya tidak bagus jadi orang sukses tapi bukan berarti untuk sukses IP harus jelek πŸ™‚ Lagipula jadi pengusaha sukses dg IP tinggi juga keren.
  16. Saya sering ditanya “IP saya jelek, masih bisa daftar beasiswa nggak?” Selagi blm lulus, usahakanlah skrg! Kalau terlanjur jelek, cari beasiswa yang tidak mengutamakan IP.
  17. IP jelek? Kalau memang masih ada waktu, coba perbaiki. Saya pernah kok IP 1,2 πŸ™‚ Tidak bangga, tapi tdk malu juga. Bukan soal seberapa sering jatuh, tetapi seberapa mau untuk bangkit lagi πŸ™‚
  18. Ukuran IP bagus itu tergantung tujuannya. 3.0 blm tentu cukup untuk perusahaan/beasiswa tertentu. Check ya πŸ™‚
  19. Ada perusahaan/beasiswa yg mensyaratkan IP min 3 ada jg 3.25 atu di atas itu. PNS ada jg yg bisa 2.75. Check ya πŸ™‚
  20. IP tinggi tidak bikin kamu mulia tapi bikin lamaran kerja kamu 4 thn lagi kelihatan lebih menarik. Itu saja πŸ™‚
  21. Harus IP tinggi ya? Tidak. Bill Gates aja kaya meski gak lulus. Tp bisa kaya dan lulus dg IP bagus juga keren kok πŸ™‚
  22. IP tinggi tidak menjamin keberhasilan di masa depan. Sayangnya, IP rendah juga tidak πŸ˜‰ Jadi?
Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

8 thoughts on “Menyingkap Misteri IP”

  1. “Berjuang dengan cara yang tidak umum.” I like this phrase, Sir πŸ™‚ Menegangkan sekali berjuang tidak seperti yang lain, be different. Saya salah satu yg beruntung dgn IP yang biasa saja (masih untung ndak kemelut) πŸ˜…. Semoga tetap bisa berjuang dgn baik walaupun antimainstream πŸ˜…
    Terimakasih artikelnya, Pak Andi. Menjadi pembelajaran yg baik terutama untuk adik adik yang masih mengejar ilmu di perkuliahan 😊

  2. saya anak d3 geomatika ugm yg ipk nya sangat pas2an ..
    tapi puji Tuhan kalau daftar kerja ga pernah kesusahan ,
    dan selalu jadi no 1 waktu training .
    meski yg lain ipk jauh diatas saya tp saya selalu memimpin untuk urusan prestasi dan akademik di kantor (secara tempat kerja saya udah kaya sekolahan yaa. . ) . karir plan juga selalu terpenuhi tepat waktu..
    mungkin karena di ugm udah kebiasa kerja keras dan berpikir keras kali ya pak andi.. πŸ™‚

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s