Beasiswa ke New Zealand


Taken from NZ Embassy | Download application form in Ms Word (doc)

New Zealand-ASEAN Scholars (NZ-AS) Awards terbuka untuk calon yang memenuhi syarat dari pemerintahan, swasta dan masyarakat sipil. NZ-AS Awards bertujuan untuk memberdayakan individu-individu dengan pengetahuan, keterampilan, dan kualifikasi tertentu agar bisa berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi, sosial dan politik dalam negara ASEAN.

Latar belakang

NZ-AS Awards merupakan skema beasiswa yang direvitalisasi, berusaha untuk memberikan kontribusi besar bagi pengembangan ASEAN dengan memberikan meningkatkan kesempatan pendidikan pascasarjana di Selandia Baru, termasuk untuk Indonesia.

Program Bantuan Selandia Baru (NZ Aid Program) menyediakan beasiswa pascasarjana bagi mahasiswa dari Indonesia, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina dan Vietnam untuk melakukan studi di Selandia Baru. Indonesia akan menerima alokasi jumlah penerima beasiswa terbesar hingga 50 orang per tahun.

Tema

NZ-AS Awards terbuka bagi semua calon yang memenuhi syarat dari sektor pemerintahan dan swasta termasuk, masyarakat sipil, dosen universitas, organisasi yang bergerak di sektor pembangunan, dan yayasan amal. NZ Aid Program menyambut baik lamaran dari warga Indonesia yang menunjukkan kepemimpinan dan keunggulan akademik, dengan prioritas diberikan kepada mereka dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Daerah geografis: Kawasan Timur Indonesia (NTB, NTT, Maluku, Papua dan Papua Barat) telah menjadi fokus utama dalam program bilateral Selandia Baru dan merupakan wilayah yang paling tertinggal dalam hal pembangunan dengan jumlah penduduk miskin yang lebih tinggi serta memiliki akses terbatas terhadap pelayanan sosial dasar, termasuk kesehatan, pendidikan, air,  dan sanitasi serta peluang ekonomi.
  2. Kementrian Pemerintah: Individu diprioritaskan dari Kementrian Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan, (termasuk lembaga penelitian yang relevan di bawah kementrian tersebut); Lingkungan, Pariwisata, Polri, Energi dan Sumber Daya Mineral; Pendidikan, Bappenas, Kemlu dan Pertahanan (khusus untuk pegawai negeri sipil di Kemhan)
  3. Bidang Studi: Individu di sektor publik atau swasta dengan bidang studi yang mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, sebagai fokus utama dari NZ Aid Program.

Calon di luar bidang/criteria yang diprioritaskan di atas tetap dipersilakan untuk mendaftar. Sebagai kriteria umum, para kandidat yang dapat menunjukkan kualitas kepemimpinan dan potensi untuk kepemimpinan di masa mendatang akan diberikan prioritas. Ini termasuk pelamar yang telah menunjukkan standar akademik yang tinggi, terutama di tingkat sarjana mereka. Calon yang kompetitif harus mampu menunjukkan bahwa program studi yang mereka usulkan akan memberikan kontribusi untuk pembangunan Indonesia.

Fasilitas beasiswa

Tiket pesawat pergi-pulang, biaya kuliah penuh, biaya hidup awal saat tiba di Selandia baru (establishment allowance), dan biaya hidup sehari hari.

Institusi pendidikan

  • Auckland University of Technology (AUT)
  • Lincoln University
  • Massey University
  • Unitec
  • University of Auckland
  • University of Canterbury
  • University of Otago
  • Victoria University of Wellington
  • University of Waikato.

Kriteria kelayakan umum

  • warga negara Indonesia dan telah tinggal di Indonesia selama setidaknya setidaknya selama dua tahun pada saat aplikasi
  • sebaiknya di bawah 40 tahun pada saat aplikasi
  • tidak memiliki kewarganegaraan / status tinggal permanen di Selandia Baru atau Australia, atau menikah atau bertunangan dan akan menikah dengan seseorang yang memegang kewarganegaraan Selandia Baru atau Australia atau status penduduk tetap;
  • tidak sedang atau pernah menerima beasiswa Pemerintah Selandia Baru atau Australia dalam 24 bulan terakhir saat aplikasi
  • beasiswa tidak akan digunakan untuk membiaya pendidikan yang sedang berlangsung;
  • tidak memiliki jenjang gelar yang sama atau dalam bidang serupa pada tingkat yang sama dengan yang dilamar [ini berarti pemegang gelar S1 harus mendaftar untuk Master, sedagkan pemegang gelar Master harus melamar untuk studi PhD]
  • memiliki IELTS (akademik) minimum  5,5 secara keseluruhan, tanpa ada band dengan nilai kurang dari 5.0 (Ujian IELTS tidak boleh lebih dari 24 bulan pada saat aplikasi)
  • harus bersedia melakukan studi pada tahun kalender diperutukkanya beasiswa yang bersangkutan;
  • bergelar sarjana dengan nilai tambah akademis yang kuat serta relevan dengan kualifikasi pasca sarjana yang diusulkan, (catatan: NZ Aid Program mengutamakan para kandidat lulusan institusi Indonesia bukan lulusan dari negara maju).
  • harus memiliki pengalaman bekerja minimal dua tahun dan mampu menunjukkan komitmen yang kuat untuk sektor publik dan / atau sektor swasta dan / atau sektor masyarakat di Indonesia dan pembangunan Indonesia secara umum.
  • memenuhi persyaratan penerimaan dari institusi pendidikan Selandia Baru di mana program sarjana tersebut dilakukan (termasuk kriteria Bahasa Inggris).

Proses seleksi dan jangka waktu

Aplikasi lengkap harus diserahkan ke Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta (ditandai dengan NZ-AS di kanan atas amplop) paling lambat tanggal 11 April 2011 untuk tahun masuk 2012. Tabel berikut menunjukkan tanggal indikatif untuk aplikasi dan proses seleksi tahun 2011:

  1. Pelamar yang tertarik mengajukan aplikasi ke Kedutaan Besar Selandia Baru, Jakarta selambat-lambatnya  11 April 2011
  2. Proses seleksi untuk menghasilkan daftar pendek (short list) dilakukan Juni-Juli 2011, dilakukan oleh  Kedutaan NZ di Jakarta dan dan Panel Universitas
  3. Seleksi Akhir (Termasuk wawancara dan tes IELTS jika diperlukan) dilakukan bulan Agustus sampai September 2011, dilakukan oleh Manajemen Service Contractor (MSC) melalui konsultasi dengan Kedutaan Besar Selandia Baru.
  4. Pengumuman hasi seleksi dilakukan September sampai Oktober 2011
  5. Pembekalan Pra Keberangkatan Desember 2011 oleh MSC
  6. English Language Training (ELT) Pra-keberangkatan dilakukan bulan Januari sampai Desember 2012

Ringkasan

Indonesia akan mendapat jatah penerima NZ-AS Awards terbesar dari dari Program Bilateral Selandia Baru untuk wilayah ASEAN. Pada tahun 2011 Selandia Baru akan menawarkan 50 penerima beasiswa untuk Indonesia, peningkatan yang substansial dari 15 yang disediakan pada tahun 2010. Peningkatan ini merupakan salah satu dari sejumlah inisiatif Menteri Luar Negeri Selandia Baru Murray McCully yang diumumkan akhir tahun lalu guna mendukung usaha Selandia Baru untuk memperdalam hubungan dengan negara-negara ASEAN. Beasiswa NZ-AS diberikan kepada sarjana secara individu yang memenuhi syarat melalui konsultasi dengan Pemerintah Indonesia.

Keterangan lengkap dan pedoman beasiswa ini tersedia mulai akhir Februari 2011 di website kami:

www.nzembassy.com/indonesia dan di www.aid.govt.nz.

 

Kontak:

Ira Indirawati

Email: nzas@ntt.net.id

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

25 thoughts on “Beasiswa ke New Zealand”

  1. Kalau ada lebih banyak orang Indonesia punya spirit seperti bli Andi Arsana, yang selalu memberikan pencerahan, semangat dan berbagi dengan tulus ikhlas kepada orang lain, saya rasa Indonesia tidak butuh waktu terlalu lama bagi Indonesia untuk dapat bangkit dari keterpurukan. Tentu keluarga bli Andi Arsana, terutama orang tua dan istri, sangat bangga dengan bli Andi Arsana !!! terima kasih banyak atas application form dalam MS word… best luck for you and your family…

    Regards,

    Haris

    1. Matur nuwun atas kata2 indahnya Mas. Orang yg rela memberi apresiasi seperti Mas Abdul Haris ini adalah yang sesungguhnya menciptakan lebih banyak orang baik di dunia.. Matur nuwun..

  2. Thanks a million, Mas Andi. The more you give the more you receive. Saya doakan semoga Mas Andi lebih banyak lagi “receive” nya 🙂

  3. Aplikasi lengkap harus diserahkan ke Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta (ditandai dengan NZ-AS di kanan atas amplop) paling lambat tanggal 11 April 2011 untuk tahun masuk 2012.

    aplikasi lengkapnya apa aja ya pak?
    mohon info lengkapnya 🙂

    terimakasih

    Eko Rusmanto
    eko_xo@yahoo.com

  4. Pak Arsana,

    apakah memungkinkan untuk mengajak suami/istri dan anak untuk skema beasiswa di atas. saya mencari2 informasi tentang hal tersebut tetapi tidak menemukannya.

    Terima kasih

  5. salam, bapak andi yg terhormat saya mau tanya, gimana kalo proses untuk yg s-1? sy kebetulan mahasiswi di Libya dulu tp blm sempet lulus karena di libya sekarng lg perang, dan sulit kemungkinan membaiknya,saya udah semestr akhir. saya ingin ambil jurusan linguistik kalo bisa ke new zealand. ada gak pak? mohon infonya ya pak. trimaksh

  6. halo bang,,,mohon penjelasan apa semua ijazah sd/smp/sma yang kita terjemahkan dak ijazah terakhir saja untuk beasiswa newzealand ini..

    terimkasih penjelassannnya bang..

  7. satu lagi bang
    pada kelengkapan ini:
    Untuk semua pemohon untuk studi pascasarjana, salinan resmi dari transkrip akademik
    semua tersier kualifikasi dan jadwal grading untuk setiap kualifikasi (dalam bahasa Inggris).

    mana maksudnya jadwal grading untuk setiap kualifikasi?
    dan apakah terjemhananya harus pakai penerjemah tersumpah?

    thanks

    1. Grading schedule: konversi nilai angka-huruf (misal: A = 4, B = 3 dan seterusnya) Atau kalau ada istilah yang digunakan misalnya A = cumlaude, B = sangat memuaskan dst..
      Penerjemah resmi…atau tersumpah

  8. mas andi saya mau menanyakan ttg aplikasi NZ awards ini. saya mengirimkan langsung aplikasi saya ke salah satu universitas di NZ. itupun setelah saya menemukan di website deadline aplikasi untuk setiap universitas. sehingga, saya menyimpulkan bahwa aplikasi saya bisa dikirim langusng ke universitas di sana beserta aplikasi beasiswa NZ. beberapa hari yg lalu saya menerima email resmi bahwa saya diterima oleh universitas. apakah itu berarti saya juga diterima untuk beasiswa NZ? thanks

    1. Maaf, saya tidak tahu banyak soal beasiswa ini, hanya membantu menyebarkan informasi saja.

      Kalau saya jadi Anda, saya akan tanyakan hal ini kepada universitasnya. Selain itu, bunyi surat penerimaannya harusnya jelas, apakah itu penerimaan untuk sekolah atau juga disertai beasiswa. Silakan tanyakan saja ke Universitas ybs. Good luck!

  9. Selamat pagi Mas Andi Arsana. Saya mau tanya, untuk format proposal penelitian dalam pengajuan beasiswa ADS bentuknya seperti apa? apa hanya satu halaman seperti yang disediakan pada link. Terimakasih sebelumnya.

  10. Hi Pak Andi,

    Saya berencana mau apply beasisiwa selandia baru. Saya tertarik dengan pernyataan bapak:

    ” tidak memiliki jenjang gelar yang sama atau dalam bidang serupa pada tingkat yang sama dengan yang dilamar [ini berarti pemegang gelar S1 harus mendaftar untuk Master, sedagkan pemegang gelar Master harus melamar untuk studi PhD]”

    Yang saya mau tanyakan adalah:
    – Kalo program yang dia ambil postgraduate certificate in Marketing? sedangkan saat ini saya sudah mendapatkan gelar master in engineering management?

    Trimas kasih atas penjelasan.

    Salam,
    Yosef CR

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s