Semangat baru


Teman-teman Mahasiswa Indonesia,

Delivering a speech
Delivering a speech

Dari awal saya berkeyakinan bahwa kita, mahasiswa Indonesia, yang ada di University of Wollongong memiliki potensi untuk berkembang dan menghasilkan sesuatu yang baik. Di sisi lain, kita memiliki kerinduan yang sama untuk menjaga persahabatan di negeri rantau. Kemarin, Jumat tanggal 5 Juni 2009, sekitar 45 orang mahasiswa berkumpul dan telah mengambil satu langkah maju.

Saya berterima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk menjadi ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) UoW periode 2009-2010. Kepercayaan ini bagi saya adalah amanah yang harus dijunjung tinggi. Melihat antusiasme teman-teman dalam acara kemarin, saya optimis kita akan mampu bekerjasama menghasilkan sesuatu yang baik. Saya juga menyampaikan apresiasi kepada Sdr. Yudhistira Rifki atas pengabdiannya sebagai Presiden PPIA periode lalu.

Tidak banyak yang saya janjikan, kecuali berusaha semaksimal mungkin mengemban tugas mulia ini. Satu hal yang akan selalu saya usahakan adalah bahwa PPIA dirasakan keberadaannya, baik oleh anggota maupun orang luar yang berkepentingan. Idealnya PPIA harus menawarkan solusi, bukan beban.

Bagi pihak dan organisasi di luar PPIA, kita akan menjadi mitra yang baik dan saling mendukung. Keberadaan PPIA tidak akan menjadi saingan tetapi pelengkap. Seraya menjaga netralitas dan aturan organisasi, PPIA akan bekerjasama dengan siapa saja atas dasar saling menghormati. Kepada yang senior saya mohonkan kebijaksanaannya, kepada yang muda saya harapkan energi positifnya.

Saya sadar, anggota PPIA beragam macamnya. PPIA harus bisa seperti baju yang hadir dengan berbagai ukuran sehingga cocok untuk banyak orang. Meski begitu, PPIA tentu tidak mungkin mengakomodir semua keinginan. Untuk itulah kita akan tetap berkomunikasi. Saya akan mendengar teman-teman, terutama saat kita berbeda pendapat (Obama, 2008).

Di dalam PPIA saya rasa boleh ada mimpi yang tinggi, sekaligus harus ada praktik yang membumi. Boleh ada gagasan membangun bangsa, tanpa melupakan pentingnya tips belanja makanan halal bagi mahasiswa baru, misalnya. Boleh ada ide seminar internasional sekaligus tetap menikmati futsal yang menyegarkan.

Intinya kita akan bekerjasama, dan saya yakin kita bisa berperan sesuai porsi masing-masing. Sekali lagi, terima kasih, mohon doa dan dukungan teman-teman semua.

Semoga apa yang kita cita-citakan tercapai.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

3 thoughts on “Semangat baru”

  1. Amiin.. and good luck Pak Andi ๐Ÿ™‚

    p.s.
    I have replied your recent email but it kept failing. Sebelumnya saya juga pernah kirim email duluan tapi gagal juga.
    Thanks ya ๐Ÿ™‚ salam hangat juga dari Sydney buat Pak Andi sekeluarga.. kapan2 semoga berpeluang silaturrahmi ๐Ÿ™‚

    Siti Khadijah

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s