Menera Ulang Kemuliaan Guru


Saya seorang guru. Di Hari Guru ini, ada pertanyaan penting yang saya tanyakan, setidaknya pada diri sendiri. Seberapa banyak murid merasa dan yakin bahwa guru adalah representasi kemuliaan? Seberapa banyak guru yang benar-benar mewakili poster dan posting di media sosial di Hari Guru yang banjir pujian, sanjungan dan terima kasih?

Sangat banyak dari kami, para guru, tidak berhak disebut bijaksana karena masih terlalu mudah emosi saat berhadapan dengan murid-murid yang sesungguhnya kreatif tetapi kami tuduh ‘kurang ajar’. Tidak sedikit yang tidak mau belajar hal-hal baru sehingga cara mengajar kami tidak mengalami peningkatan. Banyak dari kami adalah pemutar kaset usang, mengajar dengan cara dan bahan yang sama dalam satu atau dua dekade lamanya.

Saya mungkin adalah koruptor yang menggelapkan jatah waktu mengajar untuk hal lain yang tidak semestinya. Bisa jadi, saya adalah penjahat yang menindas murid dengan berbagai tugas yang membebani padahal sesungguhnya itu sekedar dalih ketidaksiapan mengajar. Saya kerap ‘terpaksa’ melakukan hal lain saat rapat daring dan ini mungkin tak ada bedanya dengan segelintir wakil rakyat yang tertidur saat rapat paripurna.

Saya mungkin tak ubahnya pemerintah yang menyiapkan rencana pembangunan dengan terburu-buru karena saya kerap melakukan hal yang sama saat menyiapkan silabus dan bahan ajar.  Yang pasti, saya adalah pekerja biasa. Alasan saya bertahan mungkin tak selalu untuk masa depan bangsa tapi untuk anak dan pasangan yang harus bertahan hidup atau merasa cukup mulia.

Maka kami mungkin bukanlah pahlawan tanpa tanda jasa. Bisa jadi kami adalah orang-orang yang tanpa jasa karena berbuat tanpa niat dan berjuang tanpa senjata. Selamat hari Guru.

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: