15 Tahun Ngeblog


Adalah sebuah posting dari seorang kawan, di milis kami, para penerima beasiswa ADS, yang menjadi titik awal. Posting itu tentang Enda Nasution, seorang blogger, yang kemudian dikenal sebagai Bapak Blogger Indonesia. Saya sendiri tidak tahu apa itu blog.

Membaca postingan itu, saya jadi paham dan langsung bertekad untuk membuat blog. Saya mulai menulis post pertama tanggal 15 Februari 2004, tepat 15 tahun lalu. Waktu itu saya masih menggunakan blogspot, lalu beralih ke wordpress dan kini menggunakan domain sendiri: madeandi.com.

Saat menulis, saya tidak begitu tahu apa yang akan terjadi. Saya tidak yakin akan konsisten. Lebih tidak yakin lagi apakah tulisan saya akan bermanfaat untuk orang lain. Blog, pada awalnya, adalah catatan pribadi saja, tidak dimaksudkan berbagi informasi penting, apalagi inspirasi.

Setelah 15 tahun berlalu, saya tidak menyesalinya. Pembaca madeandi.com ternyata sudah cukup banyak. Tak kurang dari 1000 klik tiap hari dan ratusan terima kasih sudah saya terima. Dengan begitu, saya merasa senang dan sedikit berguna. Kini, madeandi.com juga sudah menjelma menjadi beberapa buku yang bisa dinikmati secara offline oleh para pembaca.

Secara konsisten menulis dalam waktu 15 tahun tentu tidak mudah. Rahasianya, saya tidak menganggapnya sebagai kewajiban apalagi beban. Tidak sama sekali. Saya menganggapnya sebagai hobby. Hobby dilakukan jika ada waktu tersisa dan dikerjakan degan senang hati. Jika tidak sempat, lupakan saja.

Namun ada juga orang yang menjalankan hobby dengan sedikit mengabaikan kewajiban utama. Harus saya akui, kadang saya begitu juga. Ini tidak harus ditiru. Yang terpenting, saya membebaskan diri saya menulis tentang apa saja dengan sederhana. Seperti tagline yang saya pasang di madeandi.com, “something good does not have to be difficult”.

Terima kasih telajh membaca karya saya. Terima kasih telah membersamai perjalanan madeandi.com selama 15 tahun terakhir.

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

7 thoughts on “15 Tahun Ngeblog”

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s