Tips Seminar Skripsi


  1. Baca kembali dan kuasai materi skripsimu. Jangan bertempur tanpa persiapan.
  2. Rancang sebuah cerita yang secara umum menggambarkan apa yang sudah ada (penelitian sebelumnya) sehingga kamu jadi tahu apa yang belum ada (permasalahan) dan selanjutnya mengisi apa yang belum ada itu (topik penelitian).
  3. Bagaimana kamu mengisi yang belum ada itu? Itulah metodologi penelitian. Apa yang kamu perlukan untuk mengisi yang belum ada itu? Itulah alat dan bahan penelitian.
  4. Selanjutnya buat presentasi sesuai dengan alur cerita yang sudah dibuat. Dalam hal ini kamu bisa membuat presentasi mengikuti alur skripsi (Pendahuluan; Metode Alat dan Bahan; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan) tapi dengan logika cerita di atas. Maka dari itu, yang ada lebih dahulu adalah rangkaian ceritanya, baru muncul slide presentasinya.
  5. Hindari membuat presentasi dengan cara copas isi skripsi apa adanya. Buat poin-poin penting. Sedapat mungkin, sertakan ilustrasi dalam bentuk peta, gambar atau animasi.
  6. Untuk memudahkan dalam bersiap-siap, buat naskah presentasi dengan rinci sesuai dengan urutan slide presentasi. Tulis detail yang akan kamu katakan untuk tiap slide.
  7. Berlatih dengan serius. Pastikan presentasi hanya berlangsung 10-15 menit saja, kecuali di kampusmu memang dibolehkan lebih lama. Kalau belum bisa tepat waktu, jangan berhenti berlatih. Saya biasa latihan puluhan kali kalau mau presentasi.
  8. Saat Hari H, lakukan sesuai latihan. Jangan lupa menyapa dan berterima kasih. Pembuka dan penutup harus jelas dan tegas. Jika latihannya bener, kamu pasti akan tepat waktu.
  9. Saat menjawab, gunakan kalimat positif, bukan bantahan. Memulai jawaban dengan frase “tapi kan” atau “bukan begitu” atau frase negative lain itu kurang tepat.
  10. Sampaikan terima kasih dan gunakan awalan ‘menyetujui’ ketika menjawab pertanyaan atau merespon sanggahan penguji. Misal “betul apa yang Bapak sampaikan tentang X. Di sisi lain, ada fenomena yang berbeda sehingga bla bla”
  11. Tugasmu bukan untuk membantah penguji tetapi untuk membuktikan bahwa kamu benar, dengan cara yang tidak mempermalukan siapapun. Maka berlatihlah untuk meyampaikan kebenaranmu, bukan sekedar membantah kebenaran orang lain.
Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

One thought on “Tips Seminar Skripsi”

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s