Program Beasiswa Pasca Sarjana AusAID Ditiadakan


Beberapa hari terakhir ini, dunia persilatan para pejuang beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) atau yang dulu disebut Australia Development Scholarship (ADS) dihebohkan oleh satu berita mengejutkan. Seperti yang saya tulis sebagai judul tulisan ini, ada satu berita yang mengatakan bahwa “Program Beasiswa Pasca Sarjana AusAID Ditiadakan“. Kontan berita ini meresahkan para pejuang yang tengah siap-siap berjuang tahun depan. Ternyata, setelah diselidiki, berita itu salah dan kesalahan terjadi pada proses penerjemahan berita dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Berita berbahasa Inggris mengatakan “DFAT confirms offers for next year’s AusAID graduate program revoked“. Berita aslinya mengacu pada penghentikan penerimaan sarjana baru sebagai pekerja, bukan penghentian pemberian beasiswa pascasarjana.

Kesalahan penerjamahan ini cukup fatal dan meresahkan, membuat dunia twitter dan facebook jadi sangat ramai. Untunglah, berita itu salah dan faktanya adalah beasiswa AAS atau ADS tetap ada seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini juga disampaikan dalam revisi berita yang mengatakan “AusAID Hentikan Penerimaan Staf Sarjana Baru” Hanya saja, mesti diperhatikan, memang ada pengetatan dana sehingga mungkin akan ada penurunan jumlah. Persaingan mungkin akan sedikit lebih ketat.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

19 thoughts on “Program Beasiswa Pasca Sarjana AusAID Ditiadakan”

  1. Thank you so much untuk infonya, untuk gak bnar. Sempat membuat hti deg2kan.

    Terkirim dari tablet Samsunga madeandi’s life menulis:

  2. iya pak, lost in translation..
    udah kaget duluan soalnya saya defer, berangkat ditangguhkan jadi tahun depan dan suami pun lagi nunggu pengumuman hehe

  3. Oalah, bli Andi.

    Saya saya ikut mengagetkan teman saya dari Australia yang ada di kantor dengan adanya berita ini. Saya sudah masuk daftar pendek yang akan ikut wawancara dan ikut IELTS Januari nanti. Syukurlah kalau begitu.

    Kali ini saya harus berhasil, sebab tahun lalu masih belum padahal sudah yakin akan mendapakatkannya. Terima kasih banyak atas segala informasi yang bli Andi sampaikan selama bertahun-tahun perjuangan saya untuk mendapatkan beasiswa ini.

  4. Selamat pagi,,, Mau nanya, persyaratan lain untuk masuk AAS apa saja yaaa?

    Thank you so much.

    Terkirim dari tablet Samsunga madeandi’s life menulis:

      1. Mohon maaf saya mau tanya persyaratan soal toefl institusional itu maksudnya toefl itp-ets itu ya?

  5. Pak Andi,
    Kalau boleh saya tau pendapat Pak Andi, apa menurut Pak Andi, pihak ADS / AAS akan membaca satu persatu isian form aplikasi pelamar untuk menentukan apakah pelamar ini layak masuk shorlisted atau tidak ? ataukah murni hanya mempertimbangkan persentase quota open/public, cewek/cowok, S2/S3 ?
    Saya ingin tau sesuai pengetauan Pak Andi sejauh ini.

    Terima kasih atas perkenannya menjawab Pak.

  6. Untunglah Pak. Saya sedang bersiap-siap untuk mengikuti program ini di tahun 2014.
    Begini Pak, saya mau tanya, untuk program ADS seberapa besar Australia menanggung biaya untuk penerima scholarshipnya? soalnya, saya mengikuti eksibisi IDP di Medan. Mereka mengatakan bahwa tidak ada beasiswa jenis apapun dari Australia yang full scholarship. Paling banyak juga bisa ditanggung sekitar 50% an, sisanya usahakan sendiri.
    Mohon kejelasan infoya Pak. Terimakasih Pak.

    1. AAS/ADS adalah full scholarship. Uang sekolah dan biaya hidup ditanggung. Tiket dan asuransi kesehatan juga ditanggug. Jangan khawatir. Jika masih belum yakin, baca sumber resminya ๐Ÿ™‚

  7. Thank God! Hari ini saya baru menerima surat dari AAS yg mengundang untuk tes IELTS n interview di Jakarta, senangnya minta ampun…. Tapi khawatirnya juga gak kalah besar. Thanks for the good news Mr. Andi… Really really appreciate it! God bless you!

      1. bang andi apa ada info terbaru terkait dengan ads 2014? sya berharap maret bulan depan bisa ikut bersaing dengan para pejuang beasiswa, mohon doa nya ya bli

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s