Liburan dan bekerja di Australia, Mengapa Tidak!


Visa Australia

Sejak sekolah di Australia, banyak teman atau saudara, terutama anak-anak muda, yang bertanya bagaimana caranya bisa ke Australia untuk bekerja. Jika saja pertanyaannya untuk liburan tentu saja tidak sulit menjawabnya. Visa turis adalah jalan keluarnya, meskipun hanya untuk tiga bulan. Untuk bekerja, urusannya tidak sesederhana itu. Umumnya, untuk bisa bekerja di Australia, seseorang harus menggunakan visa kerja atau visa pelajar. Sebagai pelajar, seseorang bisa bekerja 20 jam seminggu. Sementara itu, visa kerja biasanya bisa diperoleh jika sudah ada tawaran kerja dari perusahaan. Ini tentu saja tidak mudah. Di sisi lain, tidak banyak teman-teman dan saudara saya yang bisa datang ke Australia dengan status pelajar karena memang sangat mahal.

Mulai setahun atau dua tahun lalu, Australia mengeluarkan satu jenis visa baru yang disebut Working and Holiday Visa. Visa jenis ini berkode 462 dan selanjutnya saya sebut sebagai Visa 462. Dengan Visa 462 ini, seseorang bisa masuk ke Australia dengan tiga tujuan yaitu liburan, bekerja dan belajar pada saat yang sama. Pemegang visa 462 bisa berada di Australia selama satu tahun, bekerja pada satu perusahaan yang sama selama enam bulan dan belajar selama maksimal empat bulan. Selama setahun itu, pemegang Visa 462 bisa liburan di berbagai tempat/state di seluruh Australia.

Segala ketentuan Visa 462 bisa dilihat di website Imigrasi Australia dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit. Hanya saja, harus diingat bahwa visa diberikan hanya kepada 100 orang setiap tahun fiskal (Juli sampai Juni). Hal ini membuat persaingan jadi sangat ketat. Dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit, saya yakin pelamarnya pasti sangat banyak. Artinya, kompetisi mendapatkan Visa 462 ini bisa dianggap lebih sulit dibandingkan memenangkan beasiswa ADS. Anggapan ini tentu bisa diperdebatkan.

Visa 462 diberikan kepada orang Indonesia berusia 18-30 tahun untuk liburan, bekerja dan belajar di Australia. Jika berhasil mendapatkannya, pemegang visa bisa berangkat ke Australia kapan saja dalam waktu setahun sejak visa diberikan. Selanjutnya bisa berada di Australia selama setahun sejak kedatangan pertamanya di Australia. Misalnya, Anda diberikan bulan Mei 2012 maka Anda bisa berangkat kapan saja sebelum bulan Mei 2013. Jika Anda berangkat bulan September 2012 maka Anda bisa tinggal di Australia sampai bulan September 2013.

Biaya pendaftaran Visa 462 adalah AUD 270 atau sekitar 2,5 juta rupiah yang berlaku untuk satu orang. Jika ingin mengajak pasangan maka pasangan Anda harus mendaftar secara terpisah dan tidak ada jaminan akan berhasil mendapatkan visa yang sama. Keberangkatan ke Australia tidak bisa dengan anak-anak sehingga visa ini lebih cocok bagi mereka yang masih lajang atau sudah menikah tetapi belum punya anak.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, usia pelamar visa adalah 18-30 tahun dan harus sudah memiliki paspor Indonesia. Tingkat pendidikan yang diperbolehkan mendaftar adalah diploma, S1, S2, S3, dan Graduate Certificate. Disyaratkan juga untuk bisa berbahasa Inggris memadai dengan TOEFL 450 (paper-based) atau TOEFL 133 (computer-based) atau TOEFL 45-46 (internet-based) atau IELTS 4.5 (General Training Module). Persyaratan IELTS berbeda dengan untuk kepentingan sekolah yang harus mengikuti Academic Training Module. Bagi mereka yang lulusan perguruan tinggi berbahasa Inggris, persyaratan ini tidak berlaku.

Untuk mendaftar, pelamar harus mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia dalam bentuk surat yang dikeluarkan oleh Imigrasi Indonesia. Menurut beberapa teman yang mengalami, mendapatkan surat dari Imigrasi ini bukan perkara mudah. Pelamar juga harus memiliki bukti tabungan sebesar AUD 5000 atau sekitar 50 juta rupiah. Uang ini adalah untuk menjamin bahwa keberadaan di Australia cukup terjamin di beberapa bulan awal, dengan asumsi belum mendapatkan kerja. Artinya uang ini adalah untuk jaga-jaga, bukan uang yang dibayarkan kepada pemerintah Australia. Untuk ini, banyak juga yang berkreativitas dengan meminjam uang lalu menempatkannya di rekening untuk pendaftaran. Tapi tentu saja hal ini tidak disarankan karena memang sebaiknya pelamar (atau setidaknya keluarga) memiliki uang sebesar itu untuk menjamin jika terjadi apa-apa.

Pelamar juga harus menjalani tes kesehatan untuk melakukan pendaftaran. Selama di Australia, pemegang visa 462 harus menjadi anggota asuransi kesehatan dengan beberapa pilihan penyedia jasa asuransi kesehatan. Selain harus terbukti sehat, pelamar harus juga terbukti berkelakuan baik dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang. Pelamar juga disarankan untuk memahami kehidupan dan budaya Australia sebelum masuk ke Australia untuk memudahkan adaptasi.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, pemegang Visa 462 hanya diizinkan bekerja selama enam bulan di suatu perusahaan/agen. Jika tetap ingin bekerja sepanjang tahun harus pindah perusahaan. Jika dengan alasan masuk akal ingin bekerja lebih dari enam bulan di satu perusahaan maka pemegang visa harus mengajukan permohonan meskipun tidak ada jaminan untuk persetujuannya.

Pendaftaran Visa 462 menggunakan form 1208 yang bisa diunduh di website Imigrasi Australia dengan melengkapi semua dokumen. Semua dokumen persyaratannya tertulis di checklist yang bisa diperoleh di website Imigrasi Australia. Setelah semua persyaratan terpenuhi, berkas lamaran bisa dimasukkan melalui Kedutaan Australia di Jakarta atau Konsulat Jenderal Australia di kota lain, salah satunya Denpasar. Intinya, semua persyaratan dan prosedur pendaftaran Visa 462 dijelaskan secara lengkap di website Imigrasi Australia. Informasi di blog ini juga diperoleh dari webite yang sama.

Tentang pekerjaan di Australia
Jika Anda belum pernah sama sekali ke Australia maka urusan pekerjaan mungkin agak rumit. Saya sarankan, seraya melamar visa, Anda mengontak kenalan di Australia. Salah satu yang bisa dikontak adalah mahasiswa Indonesia di Australia melalui PPI Australia. Selain itu, bisa juga menghubungi komunitas Indonesia di Australia yang bisa dicari dari internet. Dengan komunikasi yang baik dan sopan, saya yakin ada yang bisa membantu setidaknya memberi informasi. Interaksi ini juga penting untuk mendapatkan pekerjaan dan akomodasi selama di Australia nanti. Jika sudah punya keluarga di Australia tentu akan lebih mudah karena bisa dibantu soal akomodasi dan pekerjaan meskipun itu tidak berarti bisa tinggal dengan mereka.

Soal pekerjaan, yang tersedia cukup banyak adalah pekerjaan fisik misalnya bekerja sebagai cleaner, tukang petik buah di perkebunan, penjaga restoran, konstruksi bangunan, penjaga toko, tukang antar surat/selebaran, dan lain-lain. Akses terhadap pekerjaan seperti ini akan lebih mudah diperoleh jika terlebih dahulu menghubungi komunitas mahasiswa atau masyarakat Indonesia di Australia. Pekerjaan lain yang memerlukan keterampilan lebih secara intelektual misalnya adalah asisten peneliti, pekerja laboratorium, pekerja salon, dan lain-lain. Pilihan atas pekerjaan ini tentu saja disesuaikan dengan minat dan keterampilan Anda.

Upah kerja untuk pekerjaan fisik berkisar antara AUD 15-20 per jam sehingga bisa mendapatkan AUD 500-800 per minggu tergantung jam dan jenis pekerjaan. Jumlah uang ini tentu saja terlihat banyak jika dirupiahkan tetapi tidak terlalu banyak jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup di Australia. Seorang mahasiswa lajang yang tinggal di kota kecil seperti Wollongong, Australia bisa menghabiskan uang AUD 700-1000 per bulan tergantung gaya hidup. Dengan perhitungan kasar, semestinya Anda bisa menabung sekitar AUD 500-1000 per bulan. Tabungan ini bisa digunakan untuk jalan-jalan jika benar-benar ingin menikmati liburan di Australia. Jika tidak, tabungan ini bisa dikumpulkan dan dibawa pulang untuk kepentingan lain.

Informasi yang saya sampaikan terkait pekerjaan dan penghasilan serta pengeluaran dalam tulisan ini bersifat umum dan masih kasar tetapi cukup mendekati kebenaran. Untuk mendapatkan informasi lebih rinci dan terpercaya, Anda WAJIB melakukan pencarian sendiri dan menggali informasi dengan keras dan cerdas. Inti dari cerita ini adalah bahwa kini anak muda Indonesia bisa datang ke Australia untuk berlibur, bekerja dan belajar sekaligus dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit. Yang diperlukan adalah mimpi besar dan kerja keras yang cerdas. Kalau orang bilang the sky is the limit, kita punya pepatah yang lebih hebat di atas langit ada langit. Maka yang membatasi apa yang bisa kita capai sesungguhnya bukanlah langit tetapi imajinasi. Seperti orang Yunani yang tidak menulis obituari saat orang meninggal saya juga ingin mengajukan pertanyaan yang mirip dengan pertanyan mereka Do you have passion?

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

168 thoughts on “Liburan dan bekerja di Australia, Mengapa Tidak!”

      1. Bli andi maaf sy mau tanya, adik sy mw mengurus visa working holiday dr agen nya harus mengurus ke kantor imigragrasi jakarta, apakah benar visa working holiday tdk bs diurus dr kantor imigrasi Denpasar? Suksma.. mohon info nya

    1. kalau ada keluarga kita di sana, tapi mereka belum dapat PR .karna lagi menunggu di ACC dr pihak aussie. itu bisa membantu kita nantinya buat kuliah atau kerja atau bahkan liburan ke sana? mohon infonya

  1. Menarik sekali artikelnya. Terima kasih banyak atas informasinya! Saya tertarik sekali untuk liburan, kerja, sekaligus belajar di luar negeri. Tahun lalu saya baru lulus S1 dan sedang nabung untuk melanjutkan S2, syukur-syukur dapet beasiswa, AMIN!! Saya mau menanyakan apakah appy visa 462 ini sulit? Jika mau appy apakah harus sudah diterima kerja terlebih dahulu dan bukti penginapan / tempat kita tinggal selama di sana? Dan apakah ada quota yang diterima tiap tahunnya untuk Visa 462 ini?

    1. 1. sulit? silakan baca lagi artikel ini, lihar syaratnya dan lihat persaingannya, lihat kuotanya.
      2. kerja dulu/penginapan? tidak
      3. kuota? berarti Anda belum baca tulisan ini. Silakan baca lagi.

  2. Bli Andi terimakasih sekali ulasannya. Aku sih sudah ketuaan tapi ini kayaknya pas sekali untuk ponakanku. Biarpun nantinya gagal dapat, rasanya ingin sekali menggelitik dia biar mulai kena virus demam beasiswa πŸ™‚

  3. pak andi saya ingin sekali migrasi ke ausi..saya mahasiswi s1 yang masih menempuh smester 4..kan uang jaminan untuk diri sendiri kira-kira 50 juta nah lalu kira-kira tafsiran biaya paspor,visa,pesawat untuk pindah itu berapa ya pak?totalnya
    trimakasih
    widya

    1. Passpor: tanya imigrasi Indonesia
      Visa: lihat imigrasi Australia. Di tulisan ini sudah saya jelaskan juga
      Pesawat: sekitar $1000 PP (tanya agen penerbangan supaya lebih pasti)

  4. wah pak Andi…sy tertarik sekali nih… kebetulan umur saya 29, berarti kesempatan masih ada walau tipis sekali hehehe…
    ada yg mau sy tanyakan pd pak Andi, mungkin bpk tau.
    mengenai tes kesehatan, kan harus hasil rontgen. Belum lama ini, sy pernah rontgen untuk keperluan beasiswa lain. Bolehkah sy memakai hasil rontgen tsb? mengingat biaya tes rontgen cukup mahal dan tidak bagus juga kalau sering2 rontgen.
    terimakasih info nya pak..

    1. Maaf saya tidak tahu persis soal ini. Logikanya ada ketentuan terkait apakah tes kesehatan dianggap valid atau tidak. Waktu dilakukannya tes kesehatan itu salah satu faktornya. Seperti TOEFL misalnya, usia tes tidak boleh lebih dari 2 tahun. Silakan dicek detilnya apakah tes rontgen ini masih dalam ‘toleransi’ mereka dari segi waktu pelaksanaan.

      1. Sore pak Andi…maaf sy mengganggu lg nih…(sangkin minat nya nih pak hehe…tp bingung, karena ini pertama x bagi saya)..sy mau tanya2 lagi boleh ya pak Andi…
        Untuk mendapatkan surat dukungan dari imigrasi di Indonesia,
        di situsnya dicantumkan detail kontak, ada 5 orang yang disebutkan namanya plus nomor HP, email dan alamat resmi Direktorat Lintas Batas & Kerja Sama Luar Negeri-Direktorat Jenderal Imigrasi.
        Yang ingin sy tanyakan pak, bagaimana cara saya untuk mendapatkan surat dukungan ini. Karena sy bekerja di Aceh, terlalu jauh rasanya kalau saya datang ke kantor nya langsung di Jakarta. Apakah sopan kalau sy menelepon atau mengirim email ke salah satu dari 5 orang yang disebutkan tsb…? Menurut pengalaman bpk bagaimana …?
        Maaf pak pertanyaannya banyak…hehe
        terima kasih..

      2. Ina,
        Saya tidak Pengalaman soal ini, hanya berbagi info yg saya tahu. Kalau dicantumkan kontaknya, artinya boleh dikontak. Tidak apa2, email ada memang untuk memudahkan komunikasi πŸ™‚

  5. Terima kasih infonya Mas , untuk usia diatas 50 tahun masih adakah peluang untuk bekerja di Australia Mas .. sebagai tenaga expert / kontrak/ temporer ?
    Tks

  6. Infonya menarik sekali, kebetulan saya sangat ingin dan sudah merencanakan ke australia akhir tahun ini setelah menyelesaikan kuliah. Saya teratrik pakai visa 462 ini, yang saya mau tanyakan TOEFL yang dipakai itu jenis apa ya mas tau nggak? TOEFL ITP atau TOEFL internasional atau malah TOEFL dari lembaga2 bimbingan bahasa inggris gitu bisa? terima kasih atas jawabannya πŸ™‚

    1. Saya tidak tahu persis tapi dugaan saya adalah TOEFL yg secara interanasional diakui, dilisensi oleh ETS. Silakan tanyakan ke pihak berwenang. Jangan lupa, baca websitenya ya πŸ™‚

  7. pak andi kira-kira ada nggak ya pertusahaan atau agen tenaga kerja di australia yg merekrut karyawan dari indonesia tanpa biaya/
    sistem potong gaji. trima kasih pak atas infonya

      1. Thanks so much bli…^_^ trus jenis visa yg diurus oleh mbak Asti dulu apa bli? Suksma Bli….your information is always helpful….^_^

  8. Dear Bli Andi…saya mau tanya pengurusan visa yg terkait juga dengan ADS…jika awardee saat menerima beasiswa adalah seorang lajang,lalu sebelum berangkat menikah….apakah pasangannya bisa ikut?Jika bisa,apa jenis visa yang harus diurus oleh si pasangan tersebut jika ikut,sehingga bisa tinggal dan bekerja juga selama awardee menerima beasiswa….trims sebelumya bli….

      1. Thanks so much bli…^_^ trus jenis visa yg diurus oleh mbak Asti dulu apa bli? Suksma Bli….your information is always helpful….^_^

  9. pak mau tanya saya.
    kalau ada keluarga kita di sana, tapi mereka belum dapat PR .karna lagi menunggu di ACC dr pihak aussie. itu bisa membantu kita nantinya buat kuliah atau kerja atau bahkan liburan ke sana? mohon infonya terima kasih pak sebelumnya

  10. Halo mas Andi,

    Menarik sekali membaca tentang Australia ini, saya sangat tertarik untuk bekerja di negeri kangguru tersebut sekalian sambil belajar sih hehe. Bolehkah mas Andi memberitahu skill apa yang biasanya mereka butuhkan? Di beberapa forum saya bertanya dan mereka menjawab “Lu punya skill apa engga?”, saya belum faham tentang “skill” apa yang dimaksud.

    Terima Kasih.

      1. Pak andi,sy trtarik utk bekerja di bngunan ato perkebunan,gmn crax mndapatkn visa bt krja d sana..
        thanks..

  11. saya pngen skali bs bkrja d australia,jd TKI pun jg ga pa2,asalkan bsa.krna saya cuma lu2san SMA ja.tlong bgt,saya dbantu.dmi masa dpn saya?krna d indonesia cri krja sulit bgt n gajinya pun jg murah,gak cukup buat brumah tangga&bngun rumah.ni no hp saya 08563611743.skali lg tlong saya dbntu.saya mau krja pa ja d australia yg pnting halal.thanks

  12. Halo mas Andi.. Terima kasih info nya, sangat bermanfaat sekali.. Saya ada rencana untuk bekerja di Australia, apa saja saya bersedia, asal cukup untuk nabung. Ada ide apa yang harus saya lakukan? Apakah dengan apply visa turis (tp jatuhnya ilegal donk?), atau apply student visa? Berapa average time untuk mengambil kursus di Australia, dan sulitkah untuk mendapatkan kerja di Australia? Jika mas Andi tidak keberatan, dapat hubungi saya melalui email. Saya ingin bertanya lebih jauh lagi mengenai hidup di Aussie.. Terima kasih byk mas.. πŸ™‚

  13. Greeting buat mas Andi. Infonya sangat membantu, terima kasih atas ada’nya tulisan ini. Saya sudah research soal bagaimana meminta surat keterangan dari Imigrasi Indonesia dari website imigrasi.go.id, tp saya masih bingung di bagian mana bisa saya temui soal cara bagaimana meminta surat permohonan. Mungkin mas Andi bisa membantu atau reader yang lain πŸ™‚

    Makasih

      1. Barusan saya sudah dapat info’nya, menurut orang yang kerja di Migration Consultant, langsung menghubungi kantor imigrasi sendiri. Mungkin kalau ada yang mau tanya2 bisa ke contact ini Yapit Japoetra di yapit@tpg.com.au

  14. terimakasih atas bantuan yg telah bapak Andi berikan
    kalau untuk agen di indonesia yang menjamin kita pegi gt,ada gak ya Pak?terimakasih

  15. Salam bli,
    Mohon info sekiranya bisa buat bahan pemikiran kami, saya usia 37 thn, kakak saya sdh australian citizen tinggal di melbourne, sy beserta istri dan anak ingin pindah dan menetap disana, pertanyaan kami visa apa yg memungkinkan buat kami, dan bantuan apa saja yg bisa diberikan oleh kakak sy sbg penunjang untuk mendapatkan visa kami, terima kasih sebelumnya.

  16. Siang Bli Andi, saya salah satu candidat ADS split side awardee, brkt ke Canberra insy rabu malam tgl 9 besok.
    saya ada prtanyaan cukup mengganggu, karena program beasiswa saya hanya mengcover 1 tahun diANU,kami disarankan utk tidak membawa keluarga.Namun,saya sangat ingin utk mengajak istri saya utk ikut “menikmati” Oz,begitu juga istri saya jg berkeinginan yg sama meski hanya dalam waktu ga trlalu lama (2-3minggu).
    Pertanyaannya,menurut Bli,lebih baik saya apply visa dependent utk istri atau visa tourist?selanjutnya,mohon info jg pengurusan visa utk istri saya tsb.

    trimakasih Bli,saya banyak trbantu dg informasi Anda dari awal mau dftr ADS kmarin2.

    P.S. Saya sempet membaca sekilas tulisan Bli Andi di IALF Jkt

  17. Saya saat ini bekerja di kapal pesiar, dapetin kerja di hotel di australia, apakah saya mudah dapetin kerja di hotel…? Lebih dari 10 tahun saya bekerja di kapal. Thanks so much….
    Regard.
    Ben 10

  18. Wah,.. sayang banget saya usianya 31 tahun,..
    but still i have this Huuuuggggeeee of passion ^_^
    udah pernah kerja di Maldives 2 tahun, sekarang pengeeeeeennn banget kerja di Aussie,.. hm,.. kapan eaaaaa? ada info nggak?
    makasieee

  19. mas andi aku mau tanya ,,persyaratan untuk apply working holiday apa ?
    mas andi tau info agency di indonesia yang legal untuk apply working holiday dari jakarta

    thank you mas
    rena

    1. Pagi mbak rena, kebetulan kemaren saya browsing agen imigrasi, sepertinya itu legal sih mbak, coba cek aja di website nya : http://onederland.com.au/?lang=id
      sya jg mau ngasih sumber nya mbak, sy dpet dri situs kompasiana, monggo mbak di cek : http://sosbud.kompasiana.com/2012/08/03/tips-mencari-kerja-ke-australia-482898.html
      berhubung kta smua sama2 ada niat bwt ke aussie, jika ada info yg bermanfaat mohon bagi2 ya, invite aj my pin BB : 7D4580BA
      Semoga apa yg kita impikan bisa terwujud, amin
      trim’s

  20. Tetangga saya bisa berangkat kerja ke Australia, padahal umurnya diatas 40 th,bahkan bisa berangkat dengan ana know yg baru saja lulus sma,nah yg kaya gitu gimana caranya mas,

  21. Pak andi

    Saya mau tanya? Kalau dengan keahlian sebagai driver kendaraan besar seperti truck dan bus dengan umur saya saat Ini 34 tahun kira2 ada peluang nggak untuk bekerja di sana?

    1. Kemungkinan ada karena memang di sini ada pekerjaan seperti itu. Namun demikian, saya tidak tahu persis. Pertanyaannya, apakah memang mereka masih butuh tenaga kerja demikian dari luar negeri. Ini yang saya tidak paham.

  22. Pak Andi, saya punya sepupu yang menikah dengan Australian, kira2 kalo dia kasih rekom visa 457 buat saya, bisa gak ya? karena saya udah 32 tahun, skilled in agricuture, sedangkan dia sendiri stay di kalimantan. thanks

      1. Hai Pak Andi… saya mau bertanya tentang peluang menjadi guru bahasa Indonesia di sekolah di Australia. Apakah banyak dibutuhkan? Terima kasih.

  23. yg agak sulit ialah bukti rekening tabungan sampai 50 jt….lepas tuh saya punya ijazah degreetapi masih di tahan di kampus..karena belum lunas, tapi kalo saya punya uang 15 jt..kira kira boleh tak ya bg..thank u

  24. Pak saya mau tanya? Kalau lulusan smu bisa nggak ya? Skill saya saat ini sebagai driver bus.saat ini saya bekerja di pt.freeport indonesia sebagai driver bus.saya sekarang berusia 34 tahun.kira2 ada peluang nggak ya ?

  25. pak saya mau tanya saya cuma ke lulusan smk..tapi saya ada pelngalaman kerja dari malaysia sebagai operator dan tabungan mencukupi ,,,kira2 bisa gak ya bekerja di australia sebagai petik buag di sana? hemmmm

  26. Salam kenal Pak Andi, sy berumur 27 tahun…. bisa dijelaskan kesulitan apa yg didapat dalam memohon surat yang dikeluarkan oleh Imigrasi Indonesia? kalau dana sebesar 5000 audnya sudah tersedia apakah akan lebih mudah pa?
    saya ingin sekali bisa bekerja di australia dan kalau bisa menetap pa
    bbrp bulan lalu saya liburan ke australia , sejak itu sy jatuh cinta dengan australia, krn pemandangan alam dan lingkungannya yang teratur.
    kebanyakan dari teman saya yg menetap di australia mengikuti jalur visa pd umumnya pa, saya tidak kenal seorangpun yang mengusahakan jenis visa seperti ini, mohon dibantu pa Andi jika ada referensi orang maupun tulisan dari orang 2 ygg mengusahakan visa jenis ini.
    thanks a lot

    1. Coba masuk ke kaskus bro,di reg oz nya itu banyak suhu2 yg punya info lebih dan lbh paham,mungkin salah satu dr mereka bisa bantu,thx.

  27. Sya mau krj di kpl autralia adapun pengalaman saya kerja di kpl taiwan 2 th
    dokumen,paspor, buku pelaut ,bst

    087719645448

    mksh

  28. Usia sy dah 35 th,pengen bgt tinggal di ausie dan berencana ambil visa student spy bisa tinggal agak lamaan di ausie nya sy benar2 kuliah nya dan berencana bawa istri sama anak jg menurut bli gmana?

  29. Pak kalau pake visa 457 dgn usia 34 dan keahlian sebagai driver kendaraan besar seperti truk dan bus dgn pengalaman kerja d pt freeport indonesia kira2 ada peluang nggak????

    1. Kalau menggunakan visa ini, tidak perlu visa studi lagi asal studinya tidak lebih lama dari yang diperbolehkan. Kalau mau studi di Australia ambil S1, S2, S3 tentu harus pakai visa yang berbeda.

  30. usia saya 31 tahun, ingin kerja di australia pake visa working holiday apa bisa pak andi?, saya baca diatas hanya terbatas usia 18-30 tahun. terima kasih

  31. Hallo semuanya saya iwan puji Tuhan udah dpt Citizen ausy. udah dpt kerja .udah dpt rumah(morgate),udah bisa mobil. Utk saudaraku sekalian saya doakan cita cita kalian dpt tercapai .Di ausy utk hidup bagus,utk anak bagus ,pendidikan dan kesehataan bagus.utk kerja bagus ada superanuation .Copa saudara sekalian apply working visa dan cari kerja ada yg petik buahaan kerja i jam 15- 16 dollar lumayan. God Bless every one.Dulu saya sempat double ngak kuat jadi hanya 1 job saja.(dua duanya permanetjob dan gajinya bagus) Tks pak .

    1. Selamat ya pak iwan, boleh di share dong pak kronologi and perjuangannya bsa mewujudkan impian ke aussie?
      trim’s πŸ™‚

  32. Pak, surat rekomendasi WHV sudah dapat, perlukah asuransi kesehatan ? Pakai asuransi kesehatan apa ya, kok mahal

  33. pak andi kalo saya ingin bekerja di sana,sedangkan posisi saya sekrang umur 30thn saya sekrang berwiraswasta di rumah.inti nya ingin bekerja di sana tapi pendidikan akhir saya baru sampe smu apakah ada solusi ?

  34. Pa Andi kalau kita sedang kuliah di Malaysia, bisa ĞΒͺќ>:/ kita mengajukan working and holiday visa untuk internship di Malaysia tanpa harus pulang dulu ke Indonesia. Tq

  35. Salam,
    Sebenarnya byk yg mau saya tanyakan tp sy mau tanya yg singkat saja,
    Istri saya PNS dpt scholarship s2 di ausie,saya usia 31th, istri ingin saya ikut kesana utk intake 2015 nanti saya sama sekali buta harus bagaimana saya sudah baca2 tp kalo utk spouse yg ikut seharusnya bagaimana ya pak, trimakasih

  36. Om swastyastu Bli andi, saya baru selesai training di miami florida dan sudah lulus dr kampus perhotelan di bali. Saya tertarik utk menambah pengalaman di australi. Saya kebetulan sudah ada tawaran kerja di hotel, tp saya msh bingung cara utk apply visa 462 ini. Bs kasih tau lengkapnya utk apply visa bli? Apa bs dari bali? Terima kasih sebelumnya. Matur suksma..

  37. Bli Andi, thank you for informative website. well written dan bisa ngasih banyak insight untuk informasi yang benar dan legal.

    Kita dari ONE derland Consulting adalah konsultan imigrasi terdaftar di Australia yang resmi dan sanggup memberi informasi yang akurat dan professional. jadi kalau ada keraguan untuk kerja, study, migration yang resmi feel free contact our consultant di Bali atau Australia. http://www.onederland.com.au.

    Terima Kasih lagi

  38. Selamat Malam Pak Andi Arsana, Saya Rendy.
    Usia 23 Tahun
    Saya Ingin Bekerja Di Australia .
    Tapi Apakah Pendidikannya Harus Diploma ?
    Sedangkan Saya Hanya SMK / SMA
    Apakah Bisa Untuk Aply Visa nya ?
    Dan Apakah Harus Punya Certificate TOEFL Untuk Bisa Aply Visa Australia ?

    Terima Kasih .

  39. Selamat Malam Pak Andi Arsana, Saya Rendy.
    Usia 23 Tahun
    Saya Ingin Bekerja Di Australia .
    Tapi Apakah Pendidikannya Harus Diploma ?
    Sedangkan Saya Hanya SMK / SMA
    Apakah Bisa Untuk Aply Visa nya ?
    Dan Apakah Harus Punya Certificate TOEFL Untuk Bisa Aply Visa Australia ?

    Terima Kasih .

  40. bli made, sy niat ke aussie pake visa 462. Bli ada info soal sponsorsip? Apa kalau ada sponsor kita gak perlu bukti rek 50jt?

      1. salah satu dari syarat pembuatan visa setidaknya kan harus 2 tahun perguruan tinggi bos ..
        jadi gimana kalau dengan yang cuma setahun ?
        apakah bisa ?

      2. 1. Anda mengomentari tulisan saya atau bertanya hal lain? Kalau ini adalah komentar terhadap tulisan saya, coba fokus ke persoalan working Holiday visa. Visa ini memang hanya satu tahun.

        2. Di luar itu, banyak program sekolah di Australia yg memang hanya setahun. Tidak masalah.

  41. maaf boss …
    graduate certificate itu gimana bos ?

    saya disini cuma pernah kuliah setahun ..

    saya baca baca .. syarat untuk membuat visa 462 itu at least harus 2 tahun perguruan tinggi..
    mohon bimbingannya ..

    saya tidak berkomentar .. saya bertanya ..

    terima kasih pak andy

  42. hi pak Andi sy mau tanya. skrg sy bekerja di singapore dan ingin holiday selama 2 minggu di canberra dn tinggal bersama ponakan, apa mudah bagi sy utk mendaftarkan visa dn apa syaratnya ?? Boss di singapore menjadi sponsor sy.

  43. Looking for a new home?
    Or move into a new place of stay?
    Need to list your current accomodation?
    Stuck in your current lock-in contract fee?
    We can help you with that!

    Who is Koskosan Australia?
    A company that assist both the landlord and tenants to find each other, and providing additional services that mediates the process to make it as simple as possible, and as convenience as possible.

    Our Services:
    – List your accomodations on our website
    – Promote your apartments on our social medias
    – Assist you in looking for short term accomodation in Australia
    – Assist you in looking for long term accomodation in Australia
    – Assist you in giving informations about living in Australia

    Contact Us:
    +61 401 319 839
    +62 812 9888 6702
    hello@koskosan.com.au

    Website: http://www.koskosan.com.au
    Instagram: http://www.instagram.com/koskosan_australia
    Facebook Page: https://www.facebook.com/pages/Kosko…80097145381344

    Kenny Yustana
    Marketing Officer
    Kenny.y@koskosan.com.au
    +62 812 9888 6702
    Koskosan Australia

  44. NET cukup berguna ketika datang untuk membuat website dinamis dengan alat-alat canggih daan widget .
    Ini benar-benar tergantung pada Anda bahwa perusahaan yang Anda ingin menyewa unmtuk mengembangkan, memelihara dan memperbarui aplikasi web bisnis Anda .
    Sebuah perusahaan pengembangan website profesional adalah salah satu,
    yawng memperhitungkan aspek bisnis yang berbeda menjadi pertimbangan .

  45. Malm mas aku mau ty tentang pembergktn k australia gmn cara nya ,yg d masalahkn pasport saya ,padport TKI, tapi visa saya visa kerja gmn mas thanks

  46. Maksudnya dari pertanyaan wellen Dericson itu dia kuliah setahun perhotelan jadi ya namanya diploma 1.Dia mau kerja di Australia . Tapi disini yang dibicarakan visa work and holiday . Jadi nya mas Wellen tidak me mengerti tentang jenis visa nya Dan topicnya. Dan mas aendiri tidak mengerti pertanyaan mas Wellen.

  47. ternyata persyaratan pendidikan minimal D3, kalau masih dalam study s1 kira2 bisa gak ya? soalnya saya baca di website resminya http://www.australia.com/ untuk persyaratan pendidikan terakhir tidak terlalu di jelaskan. kalau memang harus D3 atau S1 paling tidak memacu saya untuk lulus lebih cepat, terimakasih banyak untuk artikelnya sangat berguna πŸ™‚

    1. Saya sudah pernah pergi menggunakan visa jenis ini .visa ini hanya berlaku setahun dan waktu sy dtg yi tahun 2014.australia sdg sulit cari pekerjaan.jadinya sy hanya dtg dan membuang2 uang.coba dicermati lagi baca ttg visanya lbh mendetail.visa ini hanya utk pekerjaan spt perkebunan.cafe dll.waktu sy dtg anak yg lulusan ausi pun sdg tdk dpt pekerjaan,walaupun hanya pekerjaan cafe.so kalkulasikan lagi kalau tdk dpt pekerjaan selama 6 bulan awal gmn.brp biaya yg hrs dikeluarkan.sehari2 sekali makan min 15 dollar belum transport dan rent kamar di suburb 1 mgg 60 dollar.kalikan jadi 6 bulan.brp biaya yg dihabiskan.kalau di indonesia uangnya bs dipakai utk usaha dll..kecuali anda punya uang berlebih..atau anda ada kenalan di sana yg bs menerima anda sebelum anda dtg..kalau anda hanya bawa 50 jt rupiah itu tidak cukup untuk hidup dengan kamar yg layak.apalagi sampai berbulan2 jika anda tdk dpt pekerjaan.waktu itu teman sy yg dpt visa yg sama tinggal di 1 kamar dgn 4 orang asing hanya 1 kamar ukuran 4×4 dgn 1 wc .coba anda bayangkan.ga seindah yg d
      ipikirkan.sy hanya memberitahu realitasnya…krn skrg indonesia pun sdg krisis.bagaimana kalau uang anda habis di sana dan begitu pulang anda harus cari kerja lagi…walaupun tdk semua org mengalami hal yang sama yah…sy sdr waktu itu membawa 70 jt dan berbulan2 tdk dpt pekerjaan.bahkan eaktu itu sy tanya supir taksi wn ausi yg membawa sy ke airport.mrrka bilang sdg sulit cari pekerjaan even utk kerja biasa2 saja…tulisan ini bukan bermaksud apa2 hanya sekedar saran utk dipikitkan ulang.lebih baik pergi utk jalan2 saja.

      1. Berarti anda kurang piknik dan sorry erica, mungkin anda termasuk orang yang pasif. Saya pernah di syd dr th 2012 sampai 2015 dengan visa sekolah. Hari pertama saya mendarat di sana, saya sudah langsung kenalan sana sini, tanya info sana sini. percis di hari ke 4 saya sudah dipanggil interview. hari ke 6 saya sudah bekerja jadi customer service di salah satu toko di mall di chatswood. Saya kerja hanya 20 jam saat waktu sekolah dan lebih dari 50 jam saat liburan. Sebenarnya saya banyak ditawari pekerjaan, cuma saya tau keterbatasan saya, sehingga banyak yang saya tolak.

        Ada cerita lainnya, teman saya juga datang ke syd th 2014 dengan visa 462, minggu ke 2 dia sudah dapat kerja walaupun cuma jam sedikit, namun dengan bantuan kita2 teman2nya, dia malah bisa bekerja 40 jam lebih dari 2 pekerjaan berbeda.

        Kesimpulannya dimana ada usaha dan doa, tidak ada kata gagal. Sorry erica, dalam hal ini kamu bisa dibilang terlalu banyak merenuni nasib dan terlalu menutup diri sampai berbulan2 tidak ada kerjaan.

  48. Malam pak Andi, kebetulan saya punya keluarga baru di Melbourne. Baru saja mendapatkan visa untuk berlibur selama 3 bulan saja. apakah ada kemungkinan hal seperti itu bisa mendapatkan pekerjaan juga? terima kasih.

      1. mas andi untuk area jawa timur ada gak ya agen yg bisa memberangkatkan ke sidney ..pakai visa study yg cepat.. tolong infone ..
        q arif bojonegoro. umur 26 bulan 12 ini. ini nmer aku 085257550192 tolong ya mas ..soale temanq dulu lewat bridge sby cepat tpi skarang lambat..siapa tau ada lagi yg lebih mantap..klo bisa yang bisa carikan sponsor.

  49. mas andi untuk area jawa timur ada gak ya agen yg bisa memberangkatkan ke sidney ..pakai visa study yg cepat.. tolong infone ..
    q arif bojonegoro. umur 26 bulan 12 ini. ini nmer aku 085257550192 tolong ya mas ..soale temanq dulu lewat bridge sby cepat tpi skarang lambat..siapa tau ada lagi yg lebih mantap..klo bisa yang bisa carikan sponsor.

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s