Dua nasihat


Made Kondang berkerut jidatnya, serius mendengar nasihat mantan guru yang kini menjadi temannya. “Kondang”, kata temannya itu, “Calon pengasuhmu itu adalah orang terkenal. Dia sakti mantraguna, tersohor kanuragannya. Hanya saja, dia tidak akan mempedulikanmu. Dia akan biarkan kamu berjalan sendiri tanpa bimbingan ketat, kamu akan tertabrak sana sini dan tersesat. Mana mungkin dia mau mengarahkanmu setiap hari. Kamu akan ditelantarkan oleh dia. Aku sarankan kamu mencari pengasuh lainnya.”

Kondang ciut hatinya mendengarkan nasihat yang tidak menguatkan pilihannya. Haruskah Kondang mengubah keputusanya? Diapun menuju salah seorang sahabat senior lainnya.

“Aku kenal calon pengasuhmu itu dengan baik.” Senior ini memulai nasihatnya. “Dia adalah dewa di bidangnya, semua orang mengagumi kesaktiannya. Kami tidak ragukan. Yang lebih istimewa, dia adalah seorang yang sangat menghormati kemerdekaan berpikir dan berkreativitas. Kamu tidak akan pernah didikte untuk melakukan ini dan itu sesuai kehendaknya. Dia akan membiarkanmu merdeka, memilih jalan yang kamu yakini tanpa menghalangi. Dia bukanlah diktator yang keinginannya selalu harus dipenuhi. Dia akan membiarkanmu berjalan sendiri, meskipun satu saat kamu menabrak sesuatu. Dari tabrakan itulah kamu akan belajar sesungguhnya. Dia akan memberimu kesempatan istimewa untuk menghadapi sendiri setiap tantangan dan merasakan tidak saja keberhasilan tetapi juga kegagalan yang mendewasakan. Jika aku muda dan punya kesempatan kedua, akan aku jadikan dia sebagai pengasuhku.”

Kondang terdiam sejenak, menimbang-nimbang. Perlahan namun pasti ditegakkannya kepala dan terangkatlah dagunya.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

3 thoughts on “Dua nasihat”

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s