Terbang


Begitulah kalau kita membiarkan keliaran imajinasi berkelana tanpa kendali. Kita memang bisa terbang. Tentu saja tidak dengan sayap seperti seekor merpati putih yang menaklukkan awan, tetapi seperti seorang manusia biasa yang seperti kata Hitch bahwa kita memang selalu bermimpi bisa terbang.

Saya baru saja terbebas dari sebuah tugas berat, menyelesaikan penelitian di United Nations, NY dengan hasil yang tidak mengecewakan. Presentasi sudah dilakukan dan mendapat respon yang sangat positif dari kolega maupun dari orang-orang PBB. Singkat kata, saya merasa layak untuk istirahat sebentar dan menyatakan kemerdekaan. Kemerdekaan ini ternyata bukanlah persoalan bebas melakukan apa saja, tetapi keberhasilan menyingkirkan beban dengan cara yang benar. Kemerdekaan bukanlah semata-mata berhenti melakukan tugas berat tetapi menyelesaikannya dengan baik dan hasil yang tidak mengecewakan. Dengan cara beginilah kebebasan dan kemerdekaan akan mendapatkan maknanya.

Di penghujung program, teman-teman dari 8 negara secara aklamasi memlih saya sebagai wakil mereka untuk menyampaikan pidato pernyataan terima kasih (vote of thanks) kepada petinggi Office of Legal Affairs United Nations. Kepercayaan ini adalah juga prestasi yang tidak bisa saya sembunyikan kebanggaan yang ditimbulkannya. Beberapa menit setelah saya menutup speech, koordinator program berkebangsaan Canada berbisik “It was really good”. Kalau saya memang bisa terbang, saya ingin terbang dengan sayap-sayap kebanggaan seperti ini.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

4 thoughts on “Terbang”

  1. Makasih mbak yu Lidia. Aku hanyalah tulang-tulang berserakan, tapi adalah kepunyaanmu 🙂 [diadaptasi dari Chairil Anwar]

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s