Pintu Sorga


Satu lebaran lagi terlewati. Pintu maaf dibuka lebar-lebar, tidak saja bagi yang puasa sebulan penuh seperti Cak Mamat, tetapi juga bagi Kondang yang tidak pernah puasa karena kebetulan bukan muslim. “Kosong-kosong, ya Cak”, Kondang tergopoh mendekati Cak Mamat sambil menyalaminya. Cak Mamat kontan menjadi terkenal karena dia satu-satunya orang yang merayakan lebaran di desa itu. Dengan Bahasa Arab terbata, Kondang pun menirukan ucapan selamat lebaran di TV yang kurang lebih artinya “mohon maaf lahir dan batin”. Kodang juga sering menambahkan dengan kalimat “Selamat para pemimpin, rakyatnya makmur terjamin”.

Lebaran kali ini, Kondang rajin mendengarkan kasetnya GIGI terbaru yang bertajuk Pintu Sorga. Ada rasa teduh ketika mendengar suara Armand melantunkan lagu rohani. Kondang semakin terbius karena teringat salah satu pentolan band mapan Indonesia itu adalah Dewa Budjana yang orang Bali dan Hindu. Inilah kolaborasi lintas iman yang menyentuh hati Kondang. Semestinya semua orang begitu, pikirnya.

Selain Pintu Sorga, Kondang juga mendengarkan Nyanyian Dharma 2 yang diprakarsai Dewa Budjana. Yang menjadikannya istimewa adalah Nyanyian Dharma kali ini merupakan kolaborasi yang juga lintas iman. Dengar saja Trie Utami yang melantunkan Gayatri Mantram dan mengumandangkan Karma. Juga Emil, penyani cilik yang jauh-jauh dari Palembang mengumandangkan ajaran Tri Kaya Parisudha. Betapa indahnya! Toleransi yang sebenarnya lewat seni.

Di sela sumringah hatinya menyambut lebaran, Kondang sedikit terusik. Seorang kawannya mengeluh karena ditegur oleh temannya ketika mendengarkan lagu rohani di kantornya. Kondang bertanya-tanya apakah si teman yang kebetulan puasa ini juga wajib puasa dalam hal menikmati lagu? Atau jangan-jangan karena lagu rohani itu tidak termasuk dalam lingkaran kitab sang teman? Kondang hanya bisa menyimak, tidak tahu karena sayang sekali Kondang bukan pemuka agama.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

One thought on “Pintu Sorga”

  1. Wah kita sama-sama pengeemar lagu-lagu rohani hasil aransemen GIGI, mau lihat video streamingnya silahkan lihat di blog punya saya di :

    novaku.wordpress.com

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s