Mengapa disukai?


Seorang mahasiswa datang pada saya dengan wajah sedikit memelas. “Saya maunya Bapak yang menguji saya saat seminar skripsi”, bagitu kira-kira kalimat yang mengalir dari mulutnya. “Saya kurang sreg dengan dosen yang nguji saya sekarang”, dia menambahkan.

Saya kontan merasa senang. Mahasiswa menyenagi saya rupanya. Tidak mudah menjadi dosen yang disenangi mahasiswa, saya yakin. Jika tanda-tanda ini terjadi, bahkan ketika saya berumur masih sangat muda, maka ini ciri positif.

Dalam keriuhrendahan hari-hari bergelut di dunia pendidikan, saya sempatkan merenung. Salah satu yang saya pikirkan minggu ini adalah harapan mahasiswa yang skripsinya ingin saya uji. Saya terlanjur menganggap itu sebagai sanjungan yang menyenangkan. Sesaat kemudian saya mencoba berpikir sendiri. “Mengapa mahasiswa ini menyukai saya?”

Apakah benar karena saya memang seorang dosen yang baik, ideal sehingga bisa diharapkan menjadi pemandu dan memberi masukan yang semestinya, atau justru karena saya tidak teliti memeriksa skripsi kata per kata sehingga meraka terbebas dari revisi redaksional 😦

Saya juga curiga, mahasiswa senang karena saya bukan peneliti handal sehingga tidak bisa memberikan pertanyaan yang tajam seputar skripsi. Hal ini kadang menyenangkan mahasiswa yang tidak serius dalam meneliti.

Mengapa saya disukai? Belum tentu karena saya baik. Sangat mungkin karena saya adalah seorang pecundang yang mudah dibohongi dan dijadikan bulan-bulanan.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

2 thoughts on “Mengapa disukai?”

  1. all thing always has 2 side,, and it s our decision to see whether dark or bright

    If i were you i will think positively,,,

    🙂

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s