PLAGIAT!!!


Dalam sebuah penjelajahan di dunia maya, saya menemukan artikel menarik dari Saudara Hasrul Sani Siregar MA di Riau Pos Online. Saudara Siregar membahas sengketa blok Ambalat, sebuah kasus yang sudah lama menjadi perhatian saya.

Yang menarik dari tulisan Saudara Siregar adalah adanya paragraf yang hampir verbatim sama dengan paragraf yang pernah saya tulis hampir setahun yang lalu di blog ini tentang kasus yang sama: Ambalat.

Mari saya tunjukkan bagian yang menarik tersebut.

Coba Anda perhatikan gambar berikut yang saya ambil dari posting saya setahun lalu di blog ini. Tulisan lengkap bisa Anda lihat di http://madeandi.blogspot.com/2005/03/ada-apa-dengan-ambalat.html. Perhatikan bagian yang diblok warna biru.

Sekarang silahkan Anda perhatikan gambar berikut yang saya ambil dari tulisan saudara Siregar di http://www.riaupos.com/web/content/view/6299/7. Sama seperti gambar sebelumnya, silahkan perhatikan bagian yang diblok biru.

Nampaknya tidak terlalu sulit untuk melihat bahwa tulisan saudara Siregar ini mengutip tulisan saya setahun yang lalu. Mengutip dalam kaidah ilmiah tentu saja dibenarkan dan sah adanya. Yang menjadikannya menarik adalah ketika pengutipan itu tidak disertai dengan penyebutan sumber sebagai rujukan secara eksplisit.

Jika Anda membaca tulisan saudara Siregar di Riau Pos Online, memang nama saya disebutkan tetapi tidak untuk bagian yang di-blok biru di atas. Hal ini tentu saja tidak bisa dibenarkan karena jelas-jelas pendapat yang diblok biru tersebut juga diambil dari tulisan saya. Seberapa kecilpun kita mengutip pendapat orang lain, semestinya sumbernya disebutkan dengan jelas. Ini yang dinamakan kode etik ilmiah.

Lebih parah lagi, saya meyakini pendapat Clive Schofield yang ditulis oleh saudara Siregar tersebut tidak pernah didapatkan langsung dari Clive Schofield melainkan dari tulisan saya juga. Saya yakin hal ini karena Clive Schofield adalah kolega baik sekaligus pembimbing tesis saya. Pendapat ini disampaikannya kepada saya secara pribadi dan tidak pernah dipublikasikannya di manapun sehingga hampir tidak mungkin saudara Siregar membacanya dari sumber lain kecuali tulisan saya.

Singkat kata, saya sangat menyesalkan terjadinya pengutipan tanpa menyebutkan sumber yang dilakukan oleh saudara Siregar, terlebih tulisan ini dipublikasikan dalam Riau Pos yang adalah media massa umum. Hal ini saya anggap sebagai tindakan PLAGIAT.

Dengan ini saya mohon kesediaan saudara Siregar untuk mengkalirifikasi kesalahan ini dan mempublikasikannya di Riau Pos. Kepada Riau Pos, saya mohonkan untuk lebih berhati-hati dalam menyeleksi tulisan sehingga tidak membiarkan praktik penjiplakan ini terjadi di kemudian hari. Selanjutnya mohon mengambil langkah yang dipandang perlu seperti layaknya sebuah media massa dalam menyikapi tindakan plagiarisme.

Jika Saudara Siregar atau Riau Pos merasa tulisan ini tidak mengandung kebenaran, saya terbuka untuk diskusi dan penyangkalan yang disertai bukti yang kuat. Saya tunggu tanggapannya.

Melbourne, 23 Januari 2006
I Made Andi Arsana

gambar diambil dari http://studweb.euv-frankfurt-o.de/~euv-2519/Bilder/Plagiarism.jpg

Tanggapan dari Hasrul Sani Siregar MA, dikirim melalui email pada tanggal 30 Januari 2006 pk. 15.14 Waktu Sydney

Terima kasih atas mailnya.

Salam hormat untuk Bapak I Made, kalau Bapak merasa tulisan itu Plagiat saya mohon maaf. Memang tulisan tersebut, saya dapatkan ketika saya ada Lokakarya di Yogyakarta tentang Hukum Laut Internasional yang diadakan Departemen Luar Negeri. Kalau Bapak merasa dirugikan dengan tulisan tersebut saya mohon maaf dan lain kali saya akan berhati-hati dalam mengutif pendapat. Yang jelas, saya tidak ada niat untuk mengutif tanpa menyebutkan sumbernya dan nama Bapak sebagai penulis sudah saya sebutkan. Demikian klarifikasi saya.

Terima kasih,

Hasrul Sani Siregar, MA
Ph.D Student UKM, Malaysia

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

3 thoughts on “PLAGIAT!!!”

  1. Waaaaaaaaaahhhhhhhhh…. begitu ya? Memang sekecil apapun bentuk cuplikan kalimat dari hasil tulisan seseorang, mbo’ ya sebaiknya dicantumkan penulis aslinya siapa… gitu ya Bli? sabar yah… Jangan patah smangat u/ tetap menulis 😀

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s