Apakah Reklamasi Singapura Merugikan Indonesia?


Belakangan ini muncul isu terkait reklamasi pantai Singapura yang dipahami akan merugikan Indonesia karena batas maritimnya bergeser. Benarkah demikian, silakan simak video berikut:

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

5 thoughts on “Apakah Reklamasi Singapura Merugikan Indonesia?”

  1. Terima kasih atas infonya,Mas.. Jadi ingin tahu sedikit lagi.. Bagaimana dengan area yang semula bukan merupakan area tumpang tindih antara negara A & B yang kemudian berubah menjadi area tumpang tindih antara kedua negara sebagai akibat pergeseran garis batas maritim Negara A setelah reklamasi dilakukan? Apakah kemudian akan dibuat kesepakatan baru? (jika sebelumnya bukan merupakan area tumpang tindih, tentunya tidak termasuk dalam kesepakatan sebelumnya, ya?)
    Terima kasih.

    1. Jika sudah menyangkut negara lain, maka tidak bisa sepihak lagi. Negara lain. Isa menolak penggunaan garis pangkal baru hasil reklamasi jika itu membuat adanya overlapping.

  2. Reklamasi pantai singapura, sudah menenggelamkan beberapa pulau kecil di kawasan batam (itu kok bisa legal di perjual belikan ya; tanah batu pasir di NKRI) Terima kasih Pak I Made Andi Arsana

    1. Saya tidak tahu apakah itu legal atau tidak. Apa yang terjadi belum tentu legal, bisa saja itu pelanggaran hukum. Yg jelas, menjual tanah dan pasir sangat mungkin dilakukan. Prosedur expor impor adalah kebijakan terkait ekonomi/perdagangan. Kita juga mengekspor bahan tambang lain, tidak ada masalah secara hukum. Akan tetapi, jika ekspor impor itu merugikan maka harus ditinjau lagi. Ekspor pasir ke Singapura, setahu saya sudah dihentikan.

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s