Lima tahun Made Kondang


Koala

Made Kondang telah berusia lima tahun hari ini. Bagi pembaca yang kadang mengunjungi blog ini, mungkin kerap bertemu dengan Made Kondang dan mengikuti pemikiran dan keluguannya. Made Kondang saya ciptakan sebagai tokoh virtual pada tanggal 18 Januari 2005, ketika saya ada di Jakarta. Saat itu, saya berstatus sebagai mahasiwa di UNSW, Sydney dan sedang melakukan penelitian (field work) di Indonesia.

Menjadi dan berperan sebagai diri sendiri kadang membuat saya tidak mudah dalam menyampaikan gagasan. Ada saja yang membatasi dan tidak mudah untuk dijelaskan. Untuk itulah, saya menciptakan tokoh yang bisa mewakili pemikiran-pemikiran saya atau mimpi-mimpi yang tidak memerlukan terlalu banyak justifikasi. Made Kondang, lahir karena alasan dan kebutuhan itu. Dia kadang mewakili saya sendiri, meskipun lebih sering mewakili sosok imajinatif yang ada dalam angan-angan saya. Made Kondang kadang menjadi simbol gagasan, seringpula menjadi obyek penumpahann rasa senang atau tidak senang yang saya miliki. Dia kerap mewakili orang lain di sekitar saya yang menarik perhatian dan saya rasa penting untuk dibahas perilaku atau sifatnya.

Memiliki tokoh imajinatif dalam sebuah blog membuat saya lebih mudah berekspresi, meskipun kadang dengannya tidak semua maksud tersampaikan dengan sempurna. Saya pernah menerima email-email yang penasaran akan Made Kondang, pernah juga ada yang protes akan sikap dan perilakunya yang saya gambarkan, termasuk tentang kritik yang dia sampaikan. Made Kondang tidak saja menjadi obyek pelampiasaan perasaan saya, tetapi juga keliaran imajinasi para pembaca.

Dalam penampilannya di blog ini, kadang Kondang menjadi orang yang bijaksana, namun lebih sering menjadi orang yang tidak berperan penting dalam hidup, kecuali untuk dirinya sendiri. Meski begitu, saya percaya Kondang adalah sosok yang mewakili banyak orang, meskipun jarang bersuara atau disuarakan. Saya yakin, kehadiran Made Kondang di blog ini dan dalam ekspresi saya tetap akan dibutuhkan untuk banyak alasan. Selamat ulang tahun Made Kondang. 

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

2 thoughts on “Lima tahun Made Kondang”

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s