Dibaca di 100 negara


Ketika dibuat dan ditayangkan pertama kali pada bulan Februari 2004, blog ini tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi sesuatu yang istimewa, apalagi besar. Adalah posting seorang kawan ketika itu di milis yang saya ikuti, membahas tentang fenomena blog. Tanpa berpikir panjang saya langsung tertarik dan hari itu juga membuat blog. Tidak susah ternyata membuat sesuatu yang memang sangat diinginkan.

Kini setelah lebih dari tiga tahun, blog ini mungkin tetap bukanlah sesuatu yang besar, tidak juga istimewa. Setidaknya kini dia menjadi teman paling setia untuk mengungkapkan dan berdiskusi tentang apa saja termasuk berbagai rahasia yang hanya saya dan Tuhan yang tahu. Blog ini menjadi sedemikian penting artinya karena dengannya saya mencurahkan gagasan tentang apa saja. Blog ini juga yang di awal-awal masanya menjadi ajang uji coba tulisan-tulisan saya sebelum akhirnya bermunculan di media masa. Blog ini juga yang menjadi penampungan sementara berbagai gagasan yang akhirnya menjadi buku. Dengan blog, saya memperoleh banyak sekali teman dan saudara.

Pernah suatu saat ketika berada di sebuah gedung di Jakarta, saya dibuat terkejut karena ada seseorang yang mengenal saya lewat blog. Dia rupanya pembaca setia blog saya, entah karena alasan apa. Dengan blog juga, saya mendapat kesempatan berbagi cerita kepada banyak sekali orang di seluruh dunia, tentang apa saja.

Enam bulan yang lalu, saya memasang alat penghitung di sini dan minggu ini terlihat hasil yang sedikit mengejutkan. Alat penghitung ini menunjukkan kalau blog ini dibaca di 100 negara. Ya, SERATUS negara. Walaupun saya tahu bahwa hit ini juga bisa terjadi secara otomatis karena adanya robotic software yang bekerja, tanpa bermaksud overoptimistis, saya tetap yakin bahwa blog ini memang dibaca di banyak sekali tempat.

Saatnya saya berterima kasih kepada pembaca di manapun berada. Blog ini, dalam beberapa hal, memuat banyak sekali hal yang tidak penting tetapi dia tetap dikunjungi oleh banyak orang. Saya berterima kasih untuk itu. Saya tidak akan memberikan hadiah apapun tetapi apa yang ada di blog ini semoga bisa bercerita tentang kejujuran dan kelemahan saya yang bisa dipelajari oleh siapa saja untuk terhindar dari kesalahan yang sama. Selamat membaca.
Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

3 thoughts on “Dibaca di 100 negara”

  1. walaupun saya jarang komen di blog ini dan hanya membacanya via bloglines, tp tulisan2 andi memang ‘lain’, cara bertutur yg tdk mudah ditemukan di blog lain..salut ndi.. đŸ™‚

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s