Sydney vs New York


Banyak yang bertanya pada saya “Bagaimana New York?” atau “Dibandingkan Sydney, bagus New York nggak?”. Tidak mudah menjawab pertanyaan ini secara instan. Pertama karena saya baru seminggu di sini, kedua memang keduanya bagi saya sangat mirip. Maju, tertata. Kalau dipaksa untuk menunjukkan perbedaan atau menilai mana yang labih bagus, saya akan sampaikan laporan pandangan mata selama seminggu ini.

1. Transportasi Bus
Kalau di Sydney di setiap halte bus ada jadual, di sini tidak. Jadual dibagikan gratis berupa brosur seperti halnya di Sydney juga ada. Kalau di Sydney, toleransi waktu tibanya bus pada suatu halte berkisar kurang dari 5 menit (dan lebih sering di bawah 2 menit), di sini bisa lebih dari 10 menit. Halte di depan rumah tempat saya tinggal semestinya dikunjungi bus q38 setiap 20 menit, kenyataannya tidak demikian. Seminggu di sini membuat saya mendapat kesan bahwa bus tidak terjadual dengan baik. Jadual kereta OK, sangat bagus. Subway di sini lebih komprehensif dibandingkan Sydney saya kira.

2. Taat lalu lintas
Saya sangat amat jarang (kalau tidak mau mengatakan tidak pernah) melihat mobil melanggar lampu merah di Sydney. Di sini cukup sering, padahal baru seminggu. Di kawasan Queens, 40 menit dari Manhattan (New York City), lalu lintas lumayan semrawut. Kemacetan terutama di lampu merah dan persimpangan terlihat cukup umum. Klakson juga di sini bukan sesuatu yang ‘sakral’ seperti di Sydney. Orang cukup mudah mengklakson untuk alasan yang menurut saya tidak penting. Tapi itulah kebudayaan, tidak ada masalah sepanjang tidak ada yang teriak “f**k you man” setelah itu đŸ™‚

3. Menyeberang jalan
Kalau di Sydney, setiap penyeberangan dilengkapi saklar sehingga penyebrang bisa ‘mengendalikan’ lalu lintas, di sini tidak ada saklar. Signal penyebrangan berfungsi otomatis. Saya kurang tahu apakan trigernya adalah waktu atau kondisi lalu lintas, yang jelas lampu tanda boleh atau tidak boleh menyebrang beroperasi otomatis. Selain itu, kalau di Sydney ada suara seperti sirine yang akan berbunyi ketika tanda boleh menyebrang sudah hidup, di sini tidak ada. Menurut saya ini tidak fair untuk teman-teman kita yang tuna netra. Seandainya penyebrang jalan tidak bisa melihat lampu, mereka tidak akan tahu kapan bisa menyeberang.

4. Orang New York lebih dingin
Secara umum saya melihat orang di sini lebih dingin ketika berinteraksi dengan orang asing. Di Sydney, apalagi di Wollongong, orang dengan antusias membantu atau menjelaskan sesuatu ketika ditanyai. Mereka juga biasanya lakukan sambil tersenyum. Di sini tidak. Mereka memang mau membantu, tetapi dengan tampang dingin. Tentu saja ini bukan berarti mereka tidak baik hati. Itulah perbedaan budaya. Mungkin juga karena di sini orang rata-rata mandiri dan ‘pintar’ sehingga agak kurang toleran kepada mereka yang ‘bego’ dan tidak tahu menentukan arah sendiri. “Masak harus tanya lagi, kan ada peta!” mungkin begitu mereka berpikir. Namun demikian, kemarin ketika saya dan Sampan, teman dari Thailand menjelajahi NYC dan berfoto bergantian, seorang perempuan muda menawarkan diri dengan ramahnya untuk memotret kami berdua. Ini tentunya adalah kesan baik, walaupun belum tentu si gadis adalah orang New York.

5. Biaya transportasi
Untuk yang satu ini, New York lebih murah. Dengan USD 76, kita bisa naik bus dan subway di New York selama sebulan penuh kapan saja dan ke mana saja. Harga ini sangat murah dibandingkan harga di Sydney.

Itu lima hal yang bisa dibandingkan antara NY dan Syd. Tentu saja ini sangat subyektif dan hanyalah hasil pengamatan singkat yang jauh dari komprehensif. Dua atau tiga bulan lagi, tulisan ini bisa saja harus direvisi.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s