Wikimapia: Mendeskripsikan Bumi dan Membumikan Deskripsi


Dalam pemanfaatan dan penjelajahan informasi, posisi memegang peranan yang sangat penting. Sebuah berita umumnya mengandung satu komponen penting yaitu lokasi (Where) selain 4 W dan 1 H lainnya (What/Who, When, Why, How). Komponen lokasi (Where) akan dibahas lebih jauh dalam tulisan ini. Berita tentang kejadian tertentu seperti bencana, kejahatan, pementasan, rencana event dan sebagainya akan mensyaratkan lokasi sebagai unsur penting.

Dengan apa lokasi dijelaskan? Yang umum digunakan adalah penjelasan deskriptif. Dalam sebuah berita atau informasi posisi dijelaskan dengan kata-kata yang mendeskripsikan daerah administrative (nama desa, kecamatan, kabupaten), atau tanda geografi khusus (land mark) seperti nama jalan, monumen, gedung terkenal dan lain sebagainya. Tempat kejadian dalam suatu berita biasanya diasosiasikan dengan daerah administrasi atau land mark tersebut.

Cara lain untuk menyatakan lokasi tentu saja adalah dengan peta. Koran atau majalah, misalnya, sering melengkapi berita dengan peta yang menggambarkan lokasi terjadinya sesuatu. Demikian pula dengan berita online, peta juga sering digunakan. Persoalannya, peta yang ditampilkan pada media online seringkali bersifat statis karena hanya berupa gambar (jpeg, bmp, png, gif, dll) yang disisipkan bersama teks. Masalah lain, bagi penyedia berita non-profesional, misalnya penulis blog, menggambar peta tentu saja bukan sesuatu yang mudah. Jikapun bisa, banyak yang tidak memiliki waktu untuk menggambar peta untuk setiap kejadian yang ingin diberitakan. Kalaupun bisa mendapatkan gambar peta di internet, seringkali gambar tersebut tidak secara tepat menggambarkan lokasi penting yang diinginkan. Bagaimana bisa melengkapi berita dengan peta secara mudah, gratis dan interaktif? Mari kita simak.

Salah satu solusi untuk ini adalah http://www.wikimapia.org/, sebuah situs pemetaan menggunakan data Google Maps (GM), yang diluncurkan bulan Mei 2006. GM (http://maps.google.com) sendiri hadir dengan cara pandang baru terhadap data keruangan bumi (geospasial). Dia memungkin pengguna internet menjelajah dunia secara virtual dengan citra satelit yang menggambarkan permukaan bumi sesungguhnya. Anda bisa terbang dari atas Prambanan melesat menuju Sydney Opera House dan sekejap kemudian melintasi Eifel Tower di Perancis. Semuanya mudah, menyenangkan dan yang paling menarik: gratis!

Mari kita kembali ke Wikimapia. Karena menggunakan data GM, Wikimapia memiliki data untuk seluruh dunia berupa peta dan citra satelit. Dengan Wikimapia, Simpang Lima Semarang, misalnya, akan terlihat dengan sangat jelas. Dengan Wikimapia, pengguna internet bisa memberi label untuk setiap tempat di permukaan bumi. Karena itulah Wikimapia mengusung slogan ”Mari deskripsikan seluruh dunia”, ”let’s describe the whole world”. Melalui Wikmapia, setiap orang bisa berkontribusi memberi keterangan untuk setiap tempat di seluruh dunia, mulai dari yang monumental seperti tujuh keajaiban dunia versi baru yang kontroversial, hingga tempat kos Paijo di Pogung Kidul Yogyakarta atau rumah Pak Wayan di Desa Tegaljadi yang terpencil di Bali. Sepanjang data tersebut ada di Google Maps, semuanya bisa. Inilah yang saya sebut dengan mendeskripsikan bumi.

Selain untuk mendeskripsikan bumi, Wikimapia juga bisa digunakan untuk melengkapi berita degan informasi kebumian, dalam hal ini keterangan lokasi. Jika Anda seorang blogger atau penglola website profesional, Anda pasti sering bercerita tentang tempat, baik itu tempat penting lokasi penelitian, negosiasi internasional atau sekedar tempat Anda bertemu pertama kali dengan kekasih hati. Apapun itu, places do matter. Semua tempat itu penting, tergantung konteks sejarahnya.

Anda bisa menampilkan peta yang sudah Anda deskripsikan melalui Wikimapia di website atau blog Anda dengan mudah. Misalnya Anda sedang bercerita tentang tempat piknik kantor minggu lalu, lokasi pusat gempa dan bencana lainnya, atau lokasi demonstrasi mahasiswa atau sekedar lokasi yang menurut Anda romantis, Anda bisa menunjukkannya di Wikimapia dan kemudian menampilkannya di website atau blog. Inilah yang saya sebut sebagai membumikan deskripsi, deskripsi tekstual yang dilengkapi dengan informasi geospasial. Bagaimana caranya?

  1. Kunjungi http://www.Wikimapia.org sehingga anda melihat tampilah citra satelit dunia.
  2. Jika perlu, Anda bisa registrasi untuk mendapat hak yang lebih dari pengunjung biasa, misalnya mengubah deskripsi tempat yang sudah dibuat orang lain. Klik menu Wikimapia dan pilih Login/Register
  3. Cari tempat yang Anda inginkan. Bisa juga menggunakan fasilitas ”search” untuk mencari kota atau propinsi tempat yang Anda maksud.
  4. Tentukan tingkat kedetailan tampilan dengan mengatur perbesaran (zoom in atau out) menggunakan tanada [-] atau [+] di kiri atas.
  5. Tambahkan deskripsi dengan terlebih dulu menandai tempat yang Anda inginkan dengan menu Add Place sehingga akan muncul segi empat. Geser dan sesuaikan ukurannya sedemikian rupa sehingga melingkupi lokasi yang diinginkan. Klik save untuk menuliskan deskripsi. Tentukan bahasa, kategori lokasi dan tulis keterangan lain yang kira-kira berguna bagi pengunjung lainnya. Klik save untuk menyimpan. Anda baru saja mendeskripsikan satu tempat di permukaan bumi.
  6. Geser tampilan citra satelit sedekimian rupa sehingga tempat yang sudah Anda deskripsikan berada tepat di pusat layar, ditandai dengan tanda ”tambah” [+].
  7. Untuk menampilkannya di website atau blog, klik menu Wikimapia dan pilih Map on your page sehingga muncul segi empat agak besar. Apa yang akan muncul di website Anda adalah yang di dalam kotak tersebut. Geser dan sesuaikan ukuran kotak sehingga melingkupi daerah yang Anda maksud.
  8. Selain muncul kotak, akan muncul juga kode HTML untuk menampilkan peta ini di website Anda. Kode ini akan nampak seperti
    <iframe src=”http://wikimapia.org/s/…frameborder=”&gt;</iframe>
  9. Salin kode tersebut dan tempelkan di website/blog sebagai kode HTML. Biasanya kode ini untuk melengkapi berita/informasi teks yang sudah ditulis sebelumnya.
  10. Kini Anda memiliki suatu berita di website/blog yang dilengkapi lokasi kejadian dalam bentuk citra satelit interaktif. Pengunjung bisa memperbesar dan memperkecil tampilan, termasuk bisa menggeser menuju tempat yang inginkan. Gambar dalam artikel ini, misalnya, menunjukkan Wikimapia yang menampilkan Simpang Lima Semarang.

Meskipun memiliki banyak keistimewaan, Wikimapia juga memiliki kelemahan. Adanya banyak segi empat tumpang tindih akibat banyaknya orang yang mendeskripsikan tempat menyebabkan tampilan yang kurang cantik. Masalah lain adalah keterangan teks akan muncul kalau diklik dan itu akan menyebabkan browser ‘lari’ menuju website Wikimapia, meninggalkan website/blog tempat peta itu dipasang.

Meski demikian, ada banyak jalan menuju Roma. Dalam artikel lain akan kita lihat alternatif lain untuk menampilkan peta tanpa kedua masalah tersebut. Tunggu saja 🙂

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

8 thoughts on “Wikimapia: Mendeskripsikan Bumi dan Membumikan Deskripsi”

  1. Hahaha……FUN! Bagooss… Ndi. Bisa liat atap rumahku di renon. Kalo bs liat di HP enak neh, berhubung daku sering nyasar (nyasar=berani ambil resiko atau nyasar=bego 😀 ).
    Btw, gimana cara bikin blog? Pengen neh. Kalo di blogger, ada sensor-nya segala ga? Thks b4

    Rgds,
    Adi F. Paputungan

  2. Hi Adi,

    Wah tumben-tumbennya nih. Makasih ya sudah mampir 🙂 Apa kabar Di, kamu di mana sekarang?

    Kalau mau bikin blog, silahkan lihat
    di sini

  3. Saat ini (31 Juli 2007, pk 16.27 WITA), aku sih di bali. Tepatnya di kerobokan. Lg dikantor. Besok rencananya ke Jakarta. Minggu depan aku update kamu deh, aku lagi dimana. Skg lg mentok ide. Jadi dlm rangka “cari ide”, browsing dulu. Berarti boleh dong pake fasilitas kantor huehehe. Iseng aja pgn liat website-nya trisma si eddy, eh ga jalan (apa istilah yg tepat ya?). Terus inget kamu punya blog, mau tanya ttg website trisma itu. Tp setelah masuk blog mu, jd lupa tujuan semula. Berarti hebat artikelmu hmm.

  4. hi.. adi,
    sorry tanya ni.. ngimana caranya mendapatkan gambar wikimapedia dalam format JPEG??
    rencana pajangan gambar map jakarta dalam format JPEG sangat detail, keren bisa tahu isi jakarta ini.. thks bgt..

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s