Istimewa


Menonton film jadi salah satu hobby yang selama ini memberi banyak inspirasi. Kali ini kisahnya adalah tentang Mumble, Pinguin ‘aneh’ yang ditolak keberadaannya di lingkungannya. Kalau pingun pada umumnya suka dan pintar bernyanti, Mumble tidak bisa bernyanyi dan malah dia suka tapping. Itu lo, tarian dengan hentakan telapak kaki sehingga menimbulkan bunyi 🙂 Tapping di komunitas Mumble jelas dianggap bukan keterampilan, apalagi kelebihan. Singkat kata, Mumble dikucilkan dan diusir. Dia dituduh sebagai pembawa sial yang menyebabkan berkurangnya ikan di habitatnya untuk makanan pinguin.

Dalam perngembaraan yang menyentuh, banyak hal terjadi. Dimulailah pertemanan dengan penguin lain yang dijumpai dalam perjalanan. Ini mengisyaratkan tentang adanya peluang dan adanya persahabatan di saat susah sekalipun. Jika di suatu komunitas Mumble dikucilkan maka di komunitas lain, keterampilannya mengundang pujian. Begitulah hidup, kita tidak pernah boleh menghakimi sesuatu itu jelek secara absolut.

Film ini juga mengisahkan tentang keteguhan hati, keyakinan dan semangat dalam berjuang. Mumble yakin bahwa kepergiannya dari komunitasnya adalah untuk mencari jawaban, terutama jawaban atas berkurangnya populasi ikan di habitatnya. Dia yakin, ada aliens yang menyebabkan semua itu, yang tidak lain adalah manusia. Sangat menyentuh mendengarkan pinguin berdialog tentang manusia. Manusia dideskripsikan sedemikian menyeramkan, jahat dan serakah. Dari perspektif pinguin, deskripsi itu terdengar sangat logis 🙂

Singkat cerita, keterampilan Mumble ber-tapping jua yang akhirnya menyelamatkan dia dan kaumnya sesama pinguin. Mumble yang sempat tertangkap oleh manusia dan dimasukkan ke dalam Sea World menjadi perhatian penonton karena bisa tapping. Mumble pun akhirnya dilepas dengan dipasangi tracking device sebagai bagian dari riset manusia untuk memantau pinguin. Mumble akhirnya mempertemukan manusia yang peduli lingkungan dengan komunitas pinguin. Suasana menjadi dramatis ketika Mumble memimpin ribuan pinguin melakukan tarian tapping dan memukau makhluk manusia. Videonya ditayangkan di seluruh dunia dan ini membangkitkan kepedulian manusia akan keberlangsungan hidup pinguin. Begitulah Mumble yang semula aneh dan tidak diterima, kini menjadi pahlawan yang istimewa.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

2 thoughts on “Istimewa”

  1. Thanks Vita,

    Shrek 3 udah nonton juga.. ya bagus kok.

    Transformers belum.. Ok nanti ta lihat.

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s