Satu Lagi dari Pak Google


[kalkulator canggih]

Pada tulisan terdahulu, Anda sudah saya ajak berkenalan dengan Pak Google dan mungkin Anda bahkan sudah menggunakan fitur-fitur dasar Google sejak dulu. Apakah Anda tahu kalau Google bisa menyelesaikan persoalan matematika? Jika belum, ada baiknya Anda membaca tulisan ini.

Matematika Dasar

Tanpa basa-basi, silahkan Anda ketikkan 3+5 dalam kolom search google. Apa yang terjadi? Ya, instead of mencari dokumen yang mengandung “3+5”, google akan menghitungnya untuk Anda. Google menampilkan 3 + 5 = 8! Canggih bukan? (biasa aja :P) Contoh di atas adalah persoalan matematika sederhana yang bisa diselesailkan oleh Pak Google. Sekarang, silahkan coba persoalan matematika lain seperti:

3^2

sqrt(16)

sine(30 degrees)

cosine(90 degrees) atau sine(0.5*pi)

dan banyak lagi

Koversi Satuan

Saya, jujur saja ketika pertama kali datang ke Sydney, sedikit kutang familiar dengan satuan lebar layar TV. Kebanyaan orang tidak menyebut Inchi tapi centi. Pernah ada iklan menawarkan TV dengan layar 51 cm, saya perlu berpikir sejenak untuk membayangkan seberapa besar TV tersebut. Ya, ini terjadi karena saya terbiasa dengan satuan inchi.

Dengan bantuan Pak Google, kita tidak perlu menghafal konversi satuan (tapi kalau kebetulan sudah hafal, jangan panik! Malah bagus kok!) Coba Anda ketikkan 51 cm in inch di Google. Sedetik kemudian ada akan menemukan bahsa 51 cm itu sama dengan 20.0787402 inch. Canggih bukan? (untuk yang satu ini, please jangan katakan “biasa aja”!)

Ngomong-ngomong, pernahkah Anda tahu tentang Zone Laut? Mungkin Anda pernah mendengar bahwa Zone Ekonomi Eksclusif sebuah negara pantai adalah sejauh 200 mil laut dari garis pantai (baseline). Anda tahu seberapa jauh itu? Gampang! Tanyakan kepada Pak Google. Ketik saja 200 nautical miles in meter dan sedetik berikutnya (sepanjang koneksi internet Anda tidak terputus, soalnya ketika saya mencoba ini, internet saya disconnected he..he) Anda aka mengetahui kalau 200 mil laut itu sama dengan 370.400 meter. Luar biasa. Yang luar biasa, bukan masalah konversinya karena seorang anak smp yang belajar BASIC saja pasti bisa membuat program semacam ini, melainkan kemampuan Google menerjemahkan bahasa alami (natural language) ke dalam logika matematika. Saya menedengar ini salah satu assignment berat teman-teman yang kuliah di CSE :).

Anyway, silahkan mencoba konversi satuan-satuan lain seperti mengkonversi calorie menjadi joule (coba 300 calorie in joule) bahkan satuan yang tidak “begitu” standar seperti “setara dengan berapa sendok tehkah satu cangkir itu?” dengan mengetikkan 1 cup in teaspoon. Sekali lagi, canggih!.

Penyelesaian Persoalan Fisika

Jika Anda masih ingat pelajaran SMA, mungkin masih jelas dalam ingatan bahwa dua benda dengan masa M1 dan M2 yang berjarak r satu sama lain akan mengalami gaya sebesar F di mana F adalah berbanding lurus dengan kedua massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Dalam perhitungan gaya ini, dilibatkan juga sebuah konstanta grafitasi, G. Rumus menghitung gaya ini adalah :

Dengan bantuan Pak Google, persoalan ini bisa diselesaikan dengan mudah. Katakan, masa benda pertama adalah 9 kg, massa benda kedua adalah 12 kg dan jaraknya sejauh 12 meter. Di Google kita bisa mengetikkan G*(9*12)/(12^2) kemudian tekan enter. Anda segera melihat hasilnya. Jelas terlihat bahwa Google mengetahui nilai konstanta G sehingga Anda tidak perlu mengetikkan nilainya, cukup ketik G. Google juga mengenal nilai konstanta lain seperti e, phi, c dan lain lain.

Pada hasil formula G*(9*12)/(12^2) di atas Anda mungkin melihat keanehan karena satuan gaya seharusnya Newton. Google tidak menampilkan Newton. Anda tahu mengapa itu terjadi?

Ya, [mungkin] Anda benar. Itu terjadi karena kita tidak melibatkan satuan untuk massa dan jarak ketika menuliskan formula sehingga Google hanya akan memperhitungkan satuan G. Sekarang coba diulangi dengan mengetikkan formula lengkap dengan satuannya: G*(9 kg * 12 kg)/(12 m ^2). Apa yang terjadi? Canggih to?

So, apa yang akan Anda hitung hari ini bersama Pak Google?

Untuk lebih detail silahkan lihat di sini dan di sini

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s