Tigabelas


Angka tigabelas tiba-tiba saja menjadi penting belakangan ini. Setidaknya begitu bagi saya pribadi. Rumah yang baru saja kami tempati bulan Mei lalu, tanpa disengaja bernomor tigabelas. “Hati-hati, rumahnya nomor tigabelas!” seorang kawan berseloroh ketika menghadiri acara mlaspas akhir April silam. Saya sendiri hanya bisa tersenyum, itupun dalam hati.

Apa benar tigabelas membawa sial? Diam-diam mitos klasik itu kembali mengusik, setelah sekian lama terlupakan. Apa ya, tigabelas dapat mendatangkan bencana seperti yang dipercaya banyak orang di muka bumi? Lepas dari benar tidaknya, saya tidak terlalu perhatian dengan ramalan dan masa depan yang tidak jelas kapan datangnya. Apa ya, tigabelas membawa sial ketika terbukti rumah ini utuh tuh tuh tidak terganggu sedikitpun ketika ratusan ribu rumah di Yogyakarta ambruk akibat gempa? Apa ya, tigabelas pertanda kerugian ketika jelas-jelas ini adalah rumah pertama yang terbeli dengan keringat sendiri?

Kalau tigabelas berarti “aneh” karena kamar mandinya memang dirancang kering, tanpa bak mandi dan toilet yang menggunakan tisu, sehingga menimbulkan protes kecil mertua, bisa jadi tigabelas memang sedikit “bermasalah”. Lebih dari itu, tigabelas baik-baik saja.

Berbicara tentang tigabelas, negeri bernama Indonesia baru saja dihebohkan oleh sesuatu yang juga bernama tigabelas, tepatnya gaji ketigabelas. Ya, PNS di kerajaan Indonesia boleh merasa lega karena “tahu-tahu” ada durian runtuh dan setiap orang harus tanda tangan berangkap-rangkap untuk menerima gaji yang besarnya sama dengan gaji sebulan dan bahkan lebih banyak karena tidak dipotong apa-apa. Tigabelas memang tidak selamanya bencana. Tigabelas kini bahkan sesuatu yang paling ditunggu, setidaknya oleh mereka yang menjadi punggawa kerajaan Indonesia. Ke mana Anda mau tigabelasan hari ini?

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s