Selamat Natal!


Idealnya, semua orang melakukan sesuatu dengan senang hati, penuh kesungguhan, jujur, berdedikasi dan yang pasti dengan kesadaran sendiri tanpa paksaan. Tetapi dunia ini tentu saja tidak ideal dan sesuatu yang tidak baik kerap terjadi. Lesu, kehilangan gairah, malas dan serangan ketidakpedulian mengintai senantiasa. Menyerang siapa saja, bahkan mereka yang pekerjaannya semestinya dijauhkan dari semua sifat ini.

Malas menyerang para peneliti, kelesuan mengancam para pendidik, dan kehilangan gairah melumpuhkan para penulis. Ya, mereka adalah juga manusia.

Dalam kemalasan, kelesuan dan ketidakbergairahan, hidup harus berjalan. The show must go on. Seringkali orang harus tetap bekerja dalam ketidakpastian. Peneliti harus tetap menggali walaupun gairah sudah mengering hingga hampir tak bersisa. Penulis kadang harus tetap menuangkan ide tidak saja karena deadline yang menunggu tetapi juga karena jutaan hati yang dahaga akan informasi dan pencerahan, meskipun untuk menggerakkan tangan saja sudah terlalu berat. Para pendidik harus tetap bangun di pagi hari berjalan menuju padang ilalang pendidikan tak peduli hujan kebosanan membebani sanubari. Begitulah hidup yang tetap harus dijaga iramanya meski dengan keterpaksaan.

Seperti hari ini, di tengah ketumpulan ide, di tengah tumpukan persoalan dan ritual penelitian, menuliskan sebaris kalimat tentang natal harus tetap dilakukan. Hal ini jelas bukan untuk basa-basi dan sekedar berpura-pura peduli. Ini adalah sebuah pembelaan atas apa yang dinamakan keteguhan hati. Menulis dan mengucapkan Natal adalah bagian dari menjalankan irama hidup yang tidak boleh berhenti hanya karena malas, lesu, lemah dan sibuk. Natal, seperti halnya hidup harus tetap diperingati dengan kesungguhan walaupun dalam keterpaksaan. Kesungguhan adalah esensi, sementara keterpaksaan adalah kebijaksanaan mengatasi kemalasan. Itulah barangkali esensi kelahiran kembali yang diperingati setiap tahun. Selamat Natal.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s