Tentang sebuah Dendam


[akhirnya kompas]

Ya ini adalah perihal sebuah dendam yang berkepanjangan. Dendam kepada sebuah harian nasional yang bernama KOMPAS. Yan, Anda benar, KOMPAS yang itu, bukan KOMPAS yang lain. KOMPAS yang pastinya akrab Anda baca sejak jaman bahula mungkin dari nenek moyang Anda 🙂

Pada pertengahan Juni 2003, ntuk pertama kalinya saya mengirimkan artikel ke harian KOMPAS tentang sesuatu yang saya kira sangat menarik. Pada tanggal 2 Juli 2003 pukul 12:27:18 +0700 saya menerima email dari redaktur opini yang isinya “maaf, artikel Anda yang berjudul “…” tidak dapat dimuat karena topik kurang aktual. Sedih dan kecewa. Inilah cikal bakal dendam itu.

Dua tahun berjalan, tidak ada kesempatan membalas dendam yang semakin menjadi hingga akhirnya sebuah artikel dikirim lagi. Kali ini tentang isu yang sangat hot di negeri Indonesia. Lagi-lagi ada balasan penolakan, walaupun kali ini lebih memacu semangat karena diikuti dengan nasihat harapan “tetaplah menulis dan meningkatkan kualitas”. Kecewa lagi dan bertambah lagi dendamnya. Email pertama kali 2 tahun yang lalu belum dihapus hingga hari ini, sebagai pertanda seriusnya dendam ini 🙂

Perasaan dendam menjadi semakin memuncak tatkala ada harian lain yang konon tidak kalah bergengsinya (kalau tidak boleh dibilang lebih bergengsi) telah memuat tulisanku. KOMPAS memang jual mahal!!!

Hari ini, 23 Juni 2005 akhirnya dendam itu terobati sudah. Sebuah artikel tentang Pilkada dan penetapan kewenangan daerah di wilayah laut telah dimuat. Dendam ini telah melahirkan energi postif yang luar biasa untuk terus berkarya dan akhirnya membuahkan hasil. Jika ada perasaan bangga, barangkali tidak ada kebanggaan yang melebihi kebanggaan yang sekaligus bisa mengobati dendam.

Terima kasih KOMPAS yang terlah mengajarkan cara mengelola dendam menjadi energi pencapaian.

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

One thought on “Tentang sebuah Dendam”

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s