Disiplin


[berbeda definisi, tapi…]

Menurut Anda apakah disiplin itu?

Ya, saya tahu Anda memiliki definisi yang mungkin berbeda dengan saya. Dan bisa jadi definisi yang Anda berikan hari ini berbeda dengan yang Anda pikirkan kemarin. Begitulah, hari-hari kita dipenuhi dengan perubahan. Dinamika dalam bahasa kerennya.

Jika seorang research student yang sedang menyelesaikan thesisnya ditanya tentang disiplin, bisa jadi dia mendefinisikannya sebagai kepatuhannya terhadap research schedule yang sudah ditetapkan bersama supervisornya. Disiplin adalah tertib menjalankan segala aktivitas yang telah disepakati dalam research schedule.

Jika seorang Internet Marketer seperti Anne Ahira ditanya tentang displin, mungkin dia akan menjawab bahwa disiplin adalah dengan sungguh-sungguh meluangkan setidaknya satu jam sehari berselancar di internet dan mencari prospek baru.

Cobalah bertanya tentang disiplin kepada seorang petani yang harus berangkat ke sawah jam 5 pagi dan pulang sore hari, atau kepada seorang dosen universitas negeri yang konon gajinya tidak cukup untuk hidup sebulan bersama seorang istri dan dua anak kuliah yang ingin seperti bapaknya. Jawabnya akan berbeda.

Dulu ketika masih berumur sebelas tahun, saya mendapat definisi disiplin yang berbeda dari seorang bapak yang sedernhana. Bagi beliau, disiplin adalah tidak memakai sendal ketika menginjak lantai rumah. Itulah disiplin.

Ketika suatu saat saya diajak ke Denpasar dan harus makan di sebuah rumah makan sederhana, sayapun dengan “disiplin” menanggalkan alas kaki dan melangkah dengan kaki telanjang. Bapak saya memandang dengan senyum dan berkata kepada temannya “Dia anak yang disiplin.”

Bagi saya, disiplin sangatlah sederhana. “Disiplin adalah menjaga air kencing tetap jernih, sehingga saya tetap sehat ketika menyaksikan kucuran air tumpah ke dalam kloset putih bersih di pagi hari.” Bagaimana menjaga air kencing tetap jernih? Sederhana sekali “minum air putih yang banyak”. Apakah menjalankannya semudah terorinya? Itulah inti tulisan ini.

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s