Panduan Menulis Proposal Penelitian


Catharina Badra Nawangpalupi, Ph.D. (biasa saya panggil Katirn), kawan saya di Unpar Bandung, berbaik hati mengompilasi berbagai bahan menjadi sebuah panduan menulis proposal penelitian (research proposal). Sebagian bahannya saya sumbangkan dari tulisan sebelumnya. Di tangan Katirn, tulisan ini jadi sangat cantik. Saya sarankan untuk membaca panduan ini bagi mereka yang akan membuat proposal penelitian, terutama bagi pejuang beasiswa luar negeri. Selain teori, ada juga contoh yang diambil dari sumber-sumber terpercaya. Meskipun beberapa contoh diambil dari Australia dan strukturnya menyesuaikan dengan proposal Beasiswa ADS, saya yakin Panduan Menulis Proposal Penelitian (pdf) bisa digunakan untuk kepentingan studi di manapun. Selamat membaca 🙂

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

21 thoughts on “Panduan Menulis Proposal Penelitian”

  1. Pak Andi, sy ikut AAS 2013 via institusi. semua berkas sdh di ausaid dan sy sdh mendapat LoA. Tp supervisor sy mendesak utk dikirimkan lagi proposal dgn metode riset yg lengkap dan lumayan detil. Sejujurnya sy belum bs menyiapkannya dgn segera krn harus belajar lg statistik/ekonometrik scr otodidak. Proposal dimaksud sebenarnya sdh dilampirkan sewaktu mengisi aplikasi dan mencari supervisor, cuma ya jauh dr standar. Sy sdh kemukakan alasannya, trus dijawab : “Good to hear from you. Will you apply for scholarship this year or next year? When the outcome be known.” maksudnya apa ya pak? apa saran dari pak andi?

    Trmksh.

    1. Saya terjemahkan saja ya 🙂
      “Senang mendengar kabar dari Anda. Apakah Anda akan melamar beasiswa tahun ini atau tahun depan? Kapan hasil seleksi beasiswa akan diumumkan?”
      Maksudnya? Ya, kira2 gak jauh beda maksudnya dengan tulisannya 🙂

      Bilang saja Anda akan bikin proposal lengkap setelah pengumuman beasiswanya ada.

      1. 🙂 maaf english sy agak parah, jd outcome maksudnya hasil seleksi? soalnya email sebelumnya ditanyakan : What is the outcome of your application? yg sy khawatirkan beliau mempertanyakan kesiapan sy mengikuti beasiswa dgn adanya proposal dimaksud.

  2. Bang Andi you are amazing…..i am in love with all your information about scholarship!!! thank you soooooooo much, best of luck

  3. Dear Pak Andi

    Terima Kasih sudah menginspirasi saya dengan tulisan yang sungguh bernilai.

    Pak, utk pelamar Master by research apakah proposalnya sudah harus disertakan pada saat pengiriman berkas lamaran atau hanya pada saat diwawancara?

    Thanks in advanced. GBU Pak Andi

  4. Halo Pak Andi,
    terimakasih atas tulisanya. saat ini sy sedang mencari topik untuk S2 yg akan sy lampirkan dlm beasiswa ADS.. tp skrg msh mempelajari dulu seperti apakah ruang lingkup penelitian s2 itu.. sy jalan2 ke berbagai jurnal ilmiah untuk menemukan ide penelitian.. terutama untuk melihat kesangguan sy terutama tentang waktu studi.. tapi msh blm dapat yg pas..
    pak andi kasih tips dong pak hehe (padahal udah dijembrengkan dengan jelas)..
    batasan penelitian S2 itu seperti apa yah.. (maaf kalo pertanyaannya level dasar banget)
    thanks in advance atas jawabannya pak..

Bagaimana menurut Anda? What do you think?