… telah memperbarui nya Blog Friendster


kaosgeek.baliwae.com/
kaosgeek.baliwae.com

Saya bukan fans berat Friendster ataupun situs jejaring sosial lainnya tetapi memang memiliki akun di Friendster (FS)maupun di Facebook (FB). Dalam rangka tampil lebih gaul dan nyambung dengan anak-anak [berjiwa] muda terutama mahasiswa, memiliki akun di jejaring sosial sangat membantu. Sering saya merasa terbantu dalam hal komunikasi jika mulai dari hal-hal gaul seperti FS dan FB.

Entah sejak kapan, tanpa niat, saya mengubah media bahasa FS saya menjadi Bahasa Indonesia yang tadinya Bahasa Inggris. Sejak itulah saya mendapat pesan lewat email yang subyeknya kira-kira berbunyi “Si X telah memperbaharui nya Blog Frienster” Pesan ini, walaupun bukanlah merupakan sesuatu yang penting di dunia, pesan ini saya rasa sangat mengganggu. Tata bahasanya jelas-jelas salah.

Menariknya, setelah sekian lama (mungkin hampir setahun) hal ini tidak diperbaiki. Rupanya orang lain sama saja dengan saya: tahu kesalahan tetapi malas menyampaikan, apalagi memperbaiki. Saya sendiri juga sedang malas untuk melayangkan surat berisi usulan perbaikan kepada FS jadi saya tulis saja di blog ini. Harapannya, pembaca yang juga merasakan hal yang sama dapat meneruskan keluhan ini. Atau, jika mungkin, yang ‘bahu rekso’ FS sempat membaca ini dan kemudian melakukan perbaikan.

Beberapa kejanggalan lain di FS berbahasa Indonesia adalah: “Alat saya” [alat apaan nih?], “Andi Arsana halaman” [mungkin diterjemahkan langsung dari “Andi Arsana’s page”. Yang prinsipil, pilihan untuk “Bahasa Indonesia” tidak ada, yang ada adalah “Bahasa”. Saya heran dan bertanya dalam hati, siapa sih orang Indonesia yang bekerja untuk FS dan bertanggung jawab untuk penyelaras/penyunting bahasa? Kalau saja masih percaya bahwa perjuangan masih tetap perlu dilakukan, bukan saatnya untuk mengangkat bambu runcing. Menjadi karyawan FS dan mencitrakan kebaikan Indonesia dengan bahasanya adalah juga perjuangan. Tolong dengan hormat ketidaknyamanan ini segera diakhiri.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s