Cara Mendapatkan Surat Penerimaan (LoA) dari Universitas di Luar Negeri


Offer of Admission dari Uni of Wollongong

Untuk melamar beasiswa luar negeri guna meneruskan S2 atau S3, kadang diperlukan surat penerimaan dari salah satu universitas. Beasiswa ALA (Australian Leadership Awards) atau Endeavour, misalnya, mensyaratkan kandidat harus sudah diterima di sebuah universitas di Australia. Hal ini menandakan bahwa beasiswa akan diberikan hanya kepada orang yang layak secara akademik untuk meneruskan pendidikan di Australia. Dengan kata lain, penyandang dana beasiswa “ingin terima beres” bahwa orang yang diberi beasiswa pasti akan diterima untuk meneruskan pendidikan di institusi di Australia. Hal ini berbeda dengan beasiswa ADS (Australian Development Scholarship), misalnya, yang tidak mensyaratkan kandidat harus diterima di universitas di Australia terlebih dahulu.

Bukti penerimaan dari universitas di luar negeri ini biasa disebut dengan Letter of Offer atau Offer of Admission atau Letter of Acceptance (LoA) . Surat ini dikeluarkan jika sesorang sudah melakukan pendaftaran dengan dokumen yang disyaratkan. Di negara maju seperti Australia, semua universitas menyediakan fasilitas pendafaran online. Berbeda dengan di Indonesia yang biasanya melibatkan ujian, pendaftaran sekolah S2 atau S3 di luar negeri umumnya tanpa tes langsung, cukup dengan berkas sesuai persyaratan.

Persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing universitas tentu berbeda tetapi umumnya adalah dokumen yang menerangkan kualifikasi akademik (ijazah, transkrip) dan kualifikasi bahasa asing (TOEFL, IELTS, dll). Selain itu ada juga jurusan tertentu yang mensyaratkan hasil tes Graduate Record Examination (GRE) atau Graduate Management Admission Test (GMAT). Jurusan khusus lainnya mungkin juga memiliki persyaratan khusus yang saya tidak paham. Kadang-kadang surat rekomendasi juga diperlukan sebagai persyaratan wajib atau tambahan. Ada universitas yang mensyaratkan kandidat menulis essay atau karya tulis singkat tentang topik tertentu dan ada juga yang mensyaratkan lebih ‘serem’ dari itu, misalnya menyerahkan karya yang pernah diterbitkan. Soal biaya, ada yang mengenakan biaya atau uang pendaftaran ada yang tidak. Universitas Wollongong misalnya, tidak mensyaratkan kandida membayar biaya pendaftaran jika dilakukan secara online. Jika ada biaya pendaftaran, biasanya bisa dibayar dengan kartu kredit atau international money transfer. Intinya, semua persyaratan biasanya dijelaskan dengan lengkap dan ada check list di websitenya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat persyaratan pendaftaran di universitas yang diinginkan. Masih bingung cara memilih sekolah di luar negeri? Silakan baca tulisan ini. Bagi mereka yang merencanakan sekolah master by research atau PhD, pendaftaran ini dilakukan setelah berinteraksi dengan professor calon pembimbing. Silakan baca tulisan saya tentang cara menghubungi calon pembimbing.

Fasilitas pendafraran S2 atau S3 disediakan secara online. Untuk University of Wollongong, misalnya, prosesnya ada di https://smp.uow.edu.au/app/servlet/Student. Jika tidak tahu linknya secara langsung, bisa melakukan pencarian di website universitas yang dituju dengan kata kunci “admission” atau teliti websitenya dan lihat link informasi seputar “prospective students” atau “future students” atau “apply now” atau “apply online” atau “join us” atau semacam itu. Jika teliti mencari, Anda PASTI bisa menemukan informasi pendaftaran mahasiswa baru di website setiap universitas.

Pendaftaran sekolah ini pada dasarnya adalah proses mengisi formulir dan melengkapi semua dokumen secara online. Umumnya pendataran ini menggunakan akun (account) tertentu yang dibuat saat mendaftar sehingga Anda bisa mencicil proses pendaftaran. Misalnya hari ini ingin mendaftar di Universitas of Wollongong, silakan kunjungi link di atas dan buat akun pribadi Anda. Setelah itu, mulai isi informasi yang sudah dimiliki seperti indentitas diri. Jika kemudian sampai pada bagian yang belum bisa dijawab atau memerlukan dokumen tertentu yang belum tersedia maka aplikasi yang belum selesai itu bisa disimpan. Di lain hari Anda bisa login lagi dan melanjutkan proses pendaftarannya.

Karena umumnya pendaftaran ini melibatkan banyak persyaratan, sebaiknya Anda mencermati dan menyiapkan semua persyaratan sebelum mulai mendaftar. Semua persyaratan itu akan diserahkan secara elektronik dengan cara mengunggahnya (upload) saat pengisian formulir. Oleh karena itu, pastikan semua dokumen berbentuk digital (misalnya hasil scan). Meski terlihat menyeramkan, kadang banyak persyaratan yang tidak harus diserahkan saat mendaftar. Misalnya, jika Anda belum memiliki nilai TOEFL atau IELTS, bagian ini bisa dikosongkan. Jika Anda tetap ‘nekat’ mengajukan lamaran yang tidak lengkap maka Anda kemungkinan besar tetap mendapat surat penerimaan atau LoA tetapi yang ‘conditional’ atau bersyarat karena ada dokumen yang belum terpenuhi. Surat penerimaan ini akan menjadi unconditional atau full jika persyaratan yang kurang itu sudah dilengkapi. Dokumen yang umumnya diserahkan belakangan misalnya sertifikat IELTS/TOEFL, transkrip nilai, ijazah (karena saat mendaftar belum wisuda, misalnya). Meskipun umumnya universitas bisa memberikan LoA yang conditional meskipun syaratnya belum lengkap ada juga universitas yang hanya memproses kandidat yang memenuhi syarat dan menyerahkan dokumen secara lengkap. Silakan perhatikan di website masing-masing.

Perlu diperhatikan, umumnya beasiswa yang mensyaratkan LoA mewajibkan kandidat untuk menyerahkan unconditional LoA atau “full offer” tapi ada juga beasiswa yang bisa menerima “conditional” LoA saat mendaftar meskipun kemudian kandidat harus melengkapi persyaratan lain. Intinya, untuk bisa bersekolah di institusi di luar negeri, tentu saja kandidat HARUS mendapatkan “unconditional” LoA pada akhirnya. Oleh karena itu, jika masih punya waktu sebaiknya lengkapi dulu SEMUA persyaratannya sebelum mendaftar di sebuah institusi di luar negeri.

Saya bekerja sebagai international student advisor di University of Wollongong yang tugasnya menghubungi calon mahasiswa yang sudah mendaftar dan diberi LoA tetapi masih conditional. Dari pengalaman selama ini, sangat banyak yang mendaftar di Universitas di Australia untuk mendapatkan LoA untuk digunakan dalam pendaftaran beasiswa. Umumnya persyaratan yang kurang atau belum memenuhi criteria adalah terkait kemampuan berbahasa Inggris. Seorang kawan yang melakukan pendaftaran secara online di University of Wollongong bisa menerima LoA dalam waktu kurang dari seminggu dari saat dia mengajukan lamaran secara online. LoA tersebut tentu saja conditional jika dia belum menyerahkan persyaratan secara lengkap.

Inti dari tulisan ini adalah bahwa untuk mendapatkan surat penerimaan atau Letter of Offer atau Letter of Acceptance dari universitas di luar negeri tidaklah sulit. Prosesnnya sangat mudah dan semuanya online sehingga bisa dari mana saja. Yang terpenting tentu saja adalah menyiapkan persyaratan yang lengkap dan mengikuti proses yang tidak selalu sederhana. Di luar persoalan akademik, mendapatkan surat penerimaan dari universitas di luar negeri adalah juga perihal kesabaran. Selamat berjuang.

About these ads

188 thoughts on “Cara Mendapatkan Surat Penerimaan (LoA) dari Universitas di Luar Negeri

  1. Selamat siang pak Made,

    Saya adalah calon kandidat penerima beasiswa S3 ADS. Saya bekerja dibidang maritim, dari tahun 2001-2007 saya bekerja sebagai pelaut di berbagai jenis kapal, berlayar paling jauh hanya sampai ke Hongkong. dari 2007-sekarang saya PNS di Dirjen Perhubungan Laut, tepatnya di Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai ( KPLP) Tanjung Uban Provinsi Kep.riau. Pekerjaan saya berkaitan dengan penegakan Peraturan perundang-undangan dilaut. Sudah puluhan kapal yang kami periksa dan beberapa kami proses hingga ke pengadilan.

    Namun saya merasa permasalahan penegakan hukum ini tidak akan optimal jika dilakukan secara parsial, saya tertarik untuk mengangkat isu ini menjadi tema penelitian S3 saya.

    Pertanyaan :
    1. Kira-kira masuk kategori apa di ADS?
    2. Ada tidak calon Pembimbing di Univ Wollongong untuk tema ini?

    Mohon Informasi nya dari bapak. Terima Kasih sebelumnya

    TTD
    Faizal, S.E,M.T,DESS

      • Terima kasih informasinya pak made. Satu lagi pak, terkait dengan pilihan S3, Reseach, Coursework, Combination. Bagi pemegang S2 coursework seperti saya, adakah S3 coursework/combination?
        untuk penulisan gelar, biasa dipakai dikantor pak, masih paradigma lama, makin panjang gelarnya makin “hebat” katanya. Akan saya Perbaiki mengikuti kaidah penulisan gelar yang baik.

        Salam kenal pak

      • Di Australia, umumnya mereka mengharapkan kandidat S3 adalah mereka yang pernah melakukan penelitian. Master by research akan lebih besar peluangnya. PhD by combination ada tapi tergantung bidang dan universitasnya. Silakan kontak univ ybs. Namun sekali lagi, berdasarkan pemahaman saya, pengalaman riset akan menjadi pertimbangan dalam penerimaan mhs S3. Hal ini juga ditanyakan di form beasiswa ADS no. 10

      • Oke, sudah dibaca pada No.10 form ADS. satu lagi pak, apakah ada kewajiban publikasi Jurnal Internasional atau yang sederajat, misalnya proceeding dan seminar?

  2. Terima kasih infonya Bli Andi, your blog is very informatif indeed

    Saya adalah alumni Kesehatan Masyarakat thn 2010, bekerja sbg PNS di bidang migrant worker dan msh sangat baru dlm dunia ‘scholarship hunting’ ini bli.
    Saya baru akan memulai proses Aplikasi ADS bulan ini Bli, trnslate-an ijazah dan transkrip dr univ baru selesai kmrn dan mungkin sabtu ini akan mengambil tes toefl ITP-nya,yg ingin sy tanyakan apakah masih sempat sy mengurus LOA sblm deadline penyerahan berkas aplikasi ADS (agustus ini)? maksudnya sih supaya bs dpt peluang lbh besar lolos ADS Bli :)
    Terima kasih sblmnya..

  3. pak mau tanya saya milin dari magelang ingin mencoba ikut beasiswa ads itu namun saya ada yang belum paham terkait dengan pembuatan research, kira-kira kalo saya mengmbil managemen pendidikan perlu memakai research tidak ya maaf pak jika pertanyaan saya tidak bermutu

  4. Sebuah website yang membuka mata dan hati. Salut. Dear Bapak Andi, Saya berencana mendaftarkan diri untuk beasiswa ADS, apa yang harus saya tulis di e-mail untuk mendapatkan LOA? Apakah hanya simply mendaftar secara online di Univ? Apakah diijinkan? (oleh ADS office) hal ini saya belum jelas. Suksma jawabannya Bapak.

  5. Salam pak Made Andi,

    Masih menyambung pertanyaan Ayu_bali di atas, ternyata salah satu syarat untuk ADS tahun 2012 harus menyertakan LoA. Apakah informasinya benar? dan apakah untuk mendapatkan LoA dari Univ. Wollongong atau Unissa kita harus bayar?
    Mohon masukannya

    • 1. ADS perlu LoA? TIDAK! Ini namanya pertanyaan yg tidak perlu, karena sudah ada dlm tulisan, sdh juga ditanyakan dan sudah dijawab :-)
      2. LoA dari Wollongong tidak bayar jika daftar online (kan sudah ada di tulisan di atas Mas. Coba baca lebih cermat lain kali ya :-)
      3. LoA Unissa? Saya tidak tahu. Maaf. Silakan tanyakan ke Unissa sendiri.

  6. Mas, mohon info di usia 45 tahun masih mungkinkah untuk apply schoolarship? Suami saya masih sangat pengen sekolah lagi keluar Indo, malah kalau mungkin sambil kerja. Yang penting keluar Indonesia karena bumi ini sangat luas.
    Terima kasih infonya mas.

  7. Pak Andi, websitenya baguuusss sekali.
    saya sangat ingin mencoba keberuntungan saya dengan beasiswa ADS ini.Saya memiliki beberapa contact person yang bisa dihubungi dan mudah-mudahan bersedia menjadi pembimbing.namun yang masih menjadi ganjalan saya adalah: saya bukan pns,saya bekerja di perusahaan swasta.jika saya diterima,kemungkinan saya harus mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja sekarang.Kira-kira bagaimanakah peluang saya? mengingat calon penerima beasiswa harus bisa menyumbangkan sesuatu kepada negara sekembalinya ke tanah air nanti?

  8. Dear Pak Andi,
    kalo nggak salah untuk pelamar S3 are encourage to get in support letter from professor or university, lha kalo belum punya, tapi sudah kirim2an email kira2 apa boleh daftar apa nggak ya Pak?

  9. Saya masih kurang mengerti tata cara mendapatkan beasiswa di luar…saya ingin meneruskan S2 di australia..apakah ada informasi Pak? terima kasih…

  10. nama sy rudi pak,sy mw mengajukan BU S2 luar negri dikti,tp mesti ad LoA dl,dan sy berencana ke univ di austraila,kira2 univ mana di australia yg reputable dlm bidang pendidikan linguistik,khususnya bahasa inggris,spesifikasi english curriculum ato literature… btw ,kalo di univ bpk skrg(.wollongong),ad gkl jurusan utk master, dlm bidang pendidikan linguistik yg memang sy inginkan… haturnuhun

    • Bidang saya sangat jauh dari linguistik. Maaf saya tdk bisa membantu banyak. Tulisan ini saya buat justru agar pembaca bisa mencari sendiri. Silakan cek juga tulisan saya tentan cari milih univ. ada linknya di sini.

  11. Loa biasanya berlaku berapa lama ya? misalnya sy mendapatkan LoA thn ini, tp bru dpt beasiswanya thn depan, apa LoA msh berlaku?

  12. Pak Andi, saya mencoba apply dengan jurusan master of economics, tapi kenapa jurusan tersebut tidak ada di pilihan ya? padahal di UOW memang ada jurusan tersebut.

  13. salam, Pak Andi.. wah, tulisannya menggugah keinginan untuk mendapatkan beasiswa ini. Pak, maaf, saya masih bingung sekali, mengenai S3. Apa beda coursework dengan by research? terutama sistem pembelajarannya?mohon masukannya. trims.

  14. Sungguh memberi saya insight yang luar biasa Pak, beginilah kalau ilmu sudah bermanfaat, benar2 kami rasakan, begini Pak, saya mau tanya, latar belakang saya adalah lulusan Fakultas Hukum, UGM (lulus 2010), konsetrasinya Hukum Bisnis, saat ini saya sedang bekerja di salah satu law firm di jakarta yang concern di hukum business (corporate law), dimana antara background pendidikan dan pekerjaan sudah sesuai. Tetapi masalahnya sebelum bekerja disini , saya pernah bekerja di Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum (anti Korupsi) selama setahun. Tahun depan saya hendak apply ADS, kira2 kans terbesar untuk diterima, apakah tetap mengambil Business Law sebagai major atau anti corruption ? mana yang didahulukan background pendidikan atau pengalaman ? mohon nasihatnya, minat saya sebenarnya di bidang anti corruption Pak, tapi menjadi sedikit tidak nyambung antara antara background pendidikan dengan pengalaman,terimakasih

  15. tulisannya bagus, sangat membantu,,
    yg ingin sy tanyakan, mungkinkah ada kesempatan bagi mhsswa yg ingin melnjutkan kuliah di luar negeri, tp kemampuan bhs inggrisny minim??
    trmksh..

  16. keren pak tulisannya nya :)
    mau tanya pak,
    saya mahasiswa kebidanan D3. kira-kira ada beasiswa untuk jurusan kebidanan di australia gak pak ? untuk menempuh ke S 1 nya pak ? mohon kasih saran paka
    terima kasih :)

  17. terimakasih banyak atas infonya … berguna sekali untuk saya, saya S1 pendidikan bahasa inggris, berharap sekali bisa mendapatkan beasiswa S2 di aussie, tapi banyak persyaratan yang mengharuskan saya menjadi dosen disalah satu perguruan tinggi terlebih dahulu, apa ada cara lain yang lebih mudah ya??
    terima kasih

  18. Dear Sir, saya seorang mahasiswa S1 Pend Bhs Inggris semester 5. Saya ingin sekali mendapatkan beasiswa S2 di Autralia. Saya dengar bahwa untuk mendapatkan beasiswa dengan mudah harus memiliki track record di organisasi2. Saya tidak pernah berkecimpung di organisasi. Apa masih bisa mendapat beasiswa?

  19. Mat malam Pak Made.
    Saya Renias dari Turi-Jogja. Tahun 2001 sy menyelesaikan S2 di Bali pada jurusan yg tidak linier dgn S1. Tahun 2004 sy kehilangan ijazah S2 saat proses legalisasi ke UNUD.Sy telah menelusuri pihak unud, pihak jasa pengiriman. Setelah yakin bahwa sy tdk mendapatkn kmbali ijazah tsb sy meminta lembaga pnddiikn tsb menerbitkn ijazah yg pada akhirnya sy baru tahu bhw tidak pernah ada penerbitan ijazah 2x. Sy apply S3 lewat Nesso dgn fcopy ijazah +n srt ket pengganti ijazah dari kampus namun gagal. Apakan ADS pun mengharuskan ijazah asli untuk ditunjukkan? Jika memang iya, brarti sy sdh tdk memiliki kesempatan untuk s3 dimana sj. Jika sy berencana mengambil kuliah s2 kembali melalui ADS apakah memungkinkan? Yg sy dengar beasiswa s2 hanya untuk yg s1. Mohon informasinya pak Andy…

  20. mau bertanya..saya mau melanjutkan S3, biasanya negara mana yang bisa menerima mahasiswa yang bahasa inggrisnya pas pasan (dibilang aktif ya pasif dibilang pasif kadang2 aktif..he..he….) n biasanya kalo di Aus, nilai toefl / Ielts nya berapa?? tx be4

  21. Halo Pak Andi, senang membaca artikel Anda, sangat informatif dan mendorong saya untuk mencari beasiswa. Begini pak, saya seorang dosen tidak tetap di suatu PT di Jakarta. Terdorong mencari beasiswa, karena tdk mungkin kuliah dengan biaya sendiri karena sangat mahal. baru 2 bulan ini, saya tertarik ingin mendapatkan beasiswa dengan mengikuti seminar mengenai cara mendapatkan beasiswa, belajar ielts di rumah (walaupun tidak efektif), cari-cari informasi. Menurut Pak Andi, apakah tdk bermasalah lulusan S2 dari dalam negeri mencari beasiswa ke luar negeri? Saya akui bahasa Inggris menjadi kendala, namun saya bertekad belajar ielts. Mohon saran dan masukannya. Terima kasih.

  22. terima kasih atas motivasi2 n supportnya.saya terinspirasi sekali dg tulisan2 pak andi,hampir 2 bulan ini bahkan semua sdh saya baca dan berkali-kali dba2.ini mnjadikan saya lebih semangat lagi utk bs mndapatkan beasiswa s3.moga pak made andi,bs mnjadi perantara dr tuhan utk saya hingga saya bisa mwujudkan cita2 saya ini sejak masa skolah.salam sukses.tx

  23. Selamat Malam Pak Made,
    Sebelumnya terima kasih sekali telah membuat article ini, sangat memotivasi.
    Saya mau tanya pak, saya lulusan sma tahun 2006, dan baru memulai kuliah pad tahun 2009, sekarang sedang tahap awal pembuatan skripsi semester akhir jenjang S1. Untuk kasus saya apa bisa saya mendaftar beasiswa S2? Apa ada syarat minimum IPK? Dan syarat2 standart untuk mendaftar beasiswa di University of Wollongong sendiri apa saja?

    Best regards,

    Rifky Yuzar

  24. salam kenal dari syifa di lombok. bli mau minta info nama alamat penerjemah tersumpah. sebenarnya di internet byk daftar2 yg dicantumkan nama dan alamatnya,tetapi saya ragu, jgn-jgn itu “….”. oleh krn itu saya mohon rekomendasinya utk menghubungi penerjemah tersumpah yg baik.
    terima kasih jawabannya…..

  25. salam kenal dari syifa. bli mau minta info nama serta alamat penerjemah tersumpah. sebenarnya di internet byk daftar2 yg mencantumkan hal tersebut,tetapi krn saking banyaknya saya jadi bingung utk memilih yg salah satunya.Oleh krn itu saya mohon rekomendasinya utk menghubungi penerjemah tersumpah yg baik.
    terima kasih jawabannya…..

  26. Pingback: Welcome To My Humble Site

  27. Pak Andi..
    saya ingin bertanya..

    1. berapa lama kah masa tenggang untuk melengkapi syarat conditional LoA yang diperbolehkan oleh univ? (mungkin berbeda tiap univ, namun biasanya berapa lama pak?)

    2. apakah conditional LoA bisa hangus dalam jangka waktu tertentu?

    terima kasih bapak.. :)

    • Pak Andi..
      saya ingin bertanya..

      1. berapa lama kah masa tenggang untuk melengkapi syarat conditional LoA yang diperbolehkan oleh univ? (mungkin berbeda tiap univ, namun biasanya berapa lama pak?)

      2. apakah conditional LoA bisa hangus dalam jangka waktu tertentu?
      saya adalah mahasiwa S3 Ilmu Ekonomi UNAND dan berencana melalukan Riset ke Austriia

      • 1. Bisa ebih cepat dari seminggu. Conditional letter kan? Kalau unconditional letter bisa lebih lama, tergantung kelengkapan syaratnya :)
        2. Bisa diperpanjang, sampai 2 tahun, sampai syaratnya expired. Austria? Saya kurang paham kalau ini.

  28. yth pak Andi, ini pengalaman saya melamar ke univ yg berbeda yang keduanya menolak dengan alasan sbb
    1. utk kampus di Merb, surat penolaknnya sbb:

    the Faculty deemed that you had insufficient research experience within your academic qualifications to qualify for admission to the PhD

    2. untuk kampus NZ, surat penolakan sbb

    I am sorry to inform you that we have declined your application. Space in our PhD programme is limited and we are unable to accept all applicants. Priority is given to those students who have completed an advanced academic degree with a strong research focus in their discipline of study and have a clear and well defined research proposal that can be supervised by staff with appropriate expertise.

    Pertanyaan saya
    1. utk kedua kampus, saya sdh melamar sambil menunggu reply dari prof, Tapi kenapa sdh mengeluarkan surat penolakan (sampai penolakan belum mendpt calon prof)?
    2. saya melamar S3, dg IPK S1 2.9 UGM, dan S2 3,4 dari UI (jurusan linier)
    apakah IPK bachelor (<3) mempengaruhi penerimaan S3
    3. saya sdh mempublikasikan tulisan, tp kenapa masih minim dikatakan blm advance riset nya

    Mohon bantuannya p andi, maaf panjang sekali, bgm saya seharusnya?

    • 1. Syarat untuk masuk sebuah universitas ditentukan oleh setidaknya dua hal: 1, syarata akademik formal yang ditentukan kantor penerimaan mhs baru dan 2, kesesuaian penelitian dengan calon pemimbing. Jika salah satu tidak masuk, bisa ditolak. Dalam kasus Anda bisa jadi syarat 1 tidak dipenuhi menurt mereka.

      2. Mungkin publikasinya kurang berbobot menurut standar mereka. Coba uni lain saja atau publikasi dulu untuk lamar tahun2 depan.

  29. Yth, informasi yang bapak berikan sangatlah bagus. tetapi saya masih bingung, yang ingin saya tanyakan :
    1. peserta ADS bisa berasal dari sektor pmerintah dan swasta. Bagaimana untuk yang wiraswasta? apakah bisa?

    2. Ketika kita mendaftar online ke universitas di luar negri, bagaimana teknis pengiriman LoA hingga sampai ke kita?

    3. Jika ADS tidak mensyratkan LoA, lalu apakah universitas yg dituju telah ditetapkan dari pihak ADS atau yg lain?

    Mohon bantuannya pak Andi, maaf pertanyaannya banyak. Terima kasih.

  30. Salam,
    Mas, saya daftar endeavour tahun ini. Menurut endeavour handbook, hasil dari selection process akan diumumkan bulan Desember. Sementara offer letter dari uni yang saya daftari menyebutkan bahwa saya harus membayar commencement fee dan OSHC paling lambat bulan September ini. Apa yang harus saya lakukan yah Mas? Suwun

  31. Informasi yg sangat bermanfaat Mas. Terimakasih banyak. Semoga kita semua yg berniat untuk melanjutkan studi di LN bisa memenuhi semua persyaratan yg dibutuhkan. Amin

  32. informasinya sangat bermanfaat, yang jadi pertanyaan jika bhs inggrisnya minim bagaimana dengan proses studi S3 di australia

    • Minim nggak apa2 yg penting memenuhi syarat :)
      Btw, kalau bahasa indonsianya minim, gimana caranya bisa sekolah di universitas di Indonesia. Ada teman saya yg tanya. Bisa bantu nggak?

  33. Great advisor..thank you very much.would love to apply about tourism phd programe.please kindly give me more advice about it….

    Warm regards
    Nyoman dini

    • Novi,

      LoA itu surat bukti bahwa Anda sudah diterima di sebuah perguruan tinggi di luar negeri. Artinya secara akademik Anda memenuhi syarat. Cara mengurusnya sudah saya jelaskan di atas. Bagian mananya yang belum dipahami? Good luck!

  34. Pingback: Cara Mendapatkan Surat Penerimaan (LoA) dari Universitas di Luar Negeri | BianCook: learn past, enjoying present, pursue future!

  35. Bli,
    Pikiran ini selalu mengganggu saya, saya adl lulusan DIV sebuah sekolah kedinasan, bagaimana untuk mendapatkan beasiswa s2, sedangkan saya lulusan DIV…?

    • Ada dua kemungkinan:
      1. Kuliah S1 dulu di Indonesia.
      2. Ada beberapa universitas di Australia yang menerima S2 langsung dari DIV. Harus cek ke universitasnya langsung. Saya tahu banyak teman yang mengalami ini. Tidak ada masalah.

  36. Pingback: Fison Hepiman

  37. Pingback: CATATAN PERJUANGAN BEASISWA LPDP – PART I (SELEKSI ADMINISTRASI) | Fison Hepiman

  38. Salam.

    Pak, Saya ingin apply ADS tahun depan (2014). Sya Dosen Kimia di Jurusan Farmasi. Minat saya yaitu Medicinal Chemistry. Saya ingin melakukan penelitian tentang khasiat tanaman obat yang berasal dari Sulawesi Utara, mengisolasi dan mengidentifikasinya. Kira kira itu masuk pada bidang pengembangan apa!?

    Terima kasih atas bantuannya.

    Frenly

  39. selamat malam pak,
    pak, saya ingin bertanya apakah lulusan dokter (di indonesia atau MD dil luar negeri) bisa langsung melanjutkan pendidikan ke untuk mendapat gelar PhD di luar negeri?
    Karena beberapa sumber yang saya baca tidak mewajibkan mengambil program Magister/setara S2 lainnya.

    terima kasih pak.

  40. Setelah mendapatkan LoA, dan kemudian kita tidak mendapatkan beasiswa.apakah pendaftaran di universitas tersebut dapat dibatalkan?

  41. Hi Bli Andy,

    Saya Fey, salah 1 ADS AWARDEE thn 2012. Saya harusnya ikut intake January 2014 ini. Nilai ielts saya sudah memenuhi syarat Uni, tp kmrn masih ditolak oleh UWS, di detik2 terakir saat semua Uni sudah mendekati liburan seperti saat ini. Lalu saya pindahkan aplikasi ke Griffith yg saat ini masi buka pendaftaran. Berdasar pengalaman teman seangkatan yg apply di kampus dan jurusan yang sama, mrk dpt full offer dlm waktu 3 sampe 6 hari setelah aplikasi dimasukan. Ini sudah hari ke 6 setelah aplikasi dimasukan ke Griffith oleh pihak ADS tp blm ada kabar juga… apa yang harus saya lakukan ya? Tanya ke ADS atau ke University? Mana yg lebih baik? Jujur saya takut kena defer :(

  42. Salam pak andi. saya salman, saya mau konfirmasi tentang LoA ini. sepertinya saya salah paham tentang LoA ini. jadi LoA ini hanya di dapatkan dari uni saja? atau juga bisa dari professor? yang saya baca disini adalah professor tidak memberikan LoA, tapi hanya surat rekomendasi. nah, jika professor sudah memberikan surat rekomendasi ke uni, apakah kita sudah pasti mendapatkan LoA?
    jika tanpa menghubungi professor terlebih dahulu, apakah bisa mendapatkan LoA?
    terimakasih sebelumnya pak andi :)

    • Kalau sdh dapat rekomendasi Prof, peluang dpt LOA lebih tinggi tapi belum pasti karena ada syarat administratif lain. Tanpa hub profesor kita bisa dapat LOA, terutama kalau daftar master by coursework saja. Good luck :)

  43. kalo risetnya tentang Migrasi lintas batas negara termasuk kajian yang mana ? apa masuk kajian study internasional ? boleh tidak kirimkan contoh pengajuan LOA ke profesor yg akan menjadi sipervisor nantinya ? trima ksh atas informasinya pak

  44. Salam kenal pak Andi, tadi pas saya buka web endeavour saya lihat ada beasiswa Endeavour Vocational Education and Training yang mau saya tanyakan apa bedanya diploma, advance diploma kalau di Australia? dan apakah mahasiswa D3 seperti saya bisa ikut beasiswa ini ? mohon bantuanya pak, terima kasih

  45. Salam kenal Bli Andi

    Saya mau tanya, apakah apply ke Universitas lewat agen representatives di Indonesia / education counselor, biasanya dikenakan biaya atau tidak? karena saya lihat sepertinya itu one stop service, kalau tidak dikenakan biaya, logikanya mereka dapat pemasukan dari mana ya? Sebelum terjebak lebih jauh. Terimakasih pencerahannya

  46. Bapak Andi.

    Saya Tya. Salam kenal. Bapak saya mau tanya, saya sudah mendapatkan LoA yang conditional dari Universitas Wollongong untuk jurusan Master of Education. Hanya saja, karena ada sesuatu hal yang tidak terduga, saya harus menunda kelanjutan studi saya. Mungkin sampai tahun depan. Bisakah diperpanjang pak masa berlakunya? jika iya bagaimana caranya? Terima kasih bapak

  47. salam kenal Pak Andi,
    Saya sangat ingin kuliah di luar negeri untuk meneruskan kuliah saya di bidang art and design…di S1 dulu saya kuliah di jurusan desain komunikasi Visual namun memperoleh gelar S.Sn (seni) bukan S.Dn…(desain). mohon maaf untuk beasiswa ke luar negeri semisal di Australia kira2 apakah ada rekomendasi universitas mana yg cocok saya masuki untuk meneruskan kuliah saya ini di bidang seni dan design? mohon bantuannya, Oh iya maaf saya memang memang masih baru buka2 soal beasiswa di luar negeri. untuk beasiswa DIKTI apakah universitas yg kita tuju untuk s2 ini dibatasi universitas tertetntu saja ataukah bebas asal kita sudah diterima? trimakasih

  48. Bapak, saya sedang dalam proses melengkapi berkas utk apply beasiswa ADS. saya ingin mendaftar ke wollongong jurusan public health dan berharap mendapat LoA agar lebih dipertimbangkan pihak ADS. pertanyaan saya,
    1. bagaimana dg jurusan public health di wollongong?
    2. karena keterbatasan biaya saat ini, saya hanya mampu mengikuti toefl itp, kira2 apa UoW mau menerima itu dan memberi saya LoA conditional? mengingat TOEFL adalah persyaratan mutlak..
    3. Apa Bpk bisa menolong saya agar mendapat LoA (baik conditional/unconditional), mungkin dengan memberikan rekomendasi setelah saya memberikan profile dan motivasi saya ke Bapak ?
    terima kasih ..

    • 1. Bagus sih sepemahaman saya. Detilnya bisa ditelusuri sendiri.
      2. Biasanya conditional bisa.

      Btw, AAS tidak mensyaratkan LoA dan tidak ada data yg menunjukkan bahwa yg punya LoA akan lebih dipertimbangkan.

  49. Halo, Pak Andi. Terima kasih untuk infonya. Saya sudah dapat conditional offer letter dari salah satu Uni di UK, kurang dokumen IELTS atau TOEFL IBT. Yang saya mau tanyakan, apakah pasti kalau saya kirim dokumen tsb saya akan diberikan unconditional offer letter? Atau ada syarat lain, misalnya kalau jumlah mahasiswa yang enroll sudah memenuhi kuota maka unconditional offer letter nya tidak bisa diberikan??

    Terima kasih, Pak Andi. Saya nantikan jawabannya.

      • Terima kasih Pak Andi. Waktu saya bertanya apakah ada deadline utk memenuhi condition yang ada dan apakah saya sudah dapat safe seat, pihak admission menjawab spt ini:

        There is no strict deadline for submitting the IELTS but you will need sufficient time to organise your visa. We confirm that your offer will remain open to you.

        Apakah maksudnya itu sudah jadi bagian saya, Pak? Karena saya bekerja di Maluku Utara jadi agak susah utk travel ke luar kota utk tes dalam waktu dekat. (jadi curcol hehe). Terima kasih untuk bantuannya, Pak.

      • harus tetap menyerahkan IELTS score tetapi boleh kapan saja. Surat itu masih berlaku tetapi tetap conditional. Misalnya tahun depan Anda baru serahkan IELTS berarti full offer baru dapat tahun depan.

  50. Pak Andi saya sudah membuka link admission di website UOW,tapi kok saat mau membuat akun ditanyakan Student number ya? posisinya di atas sendiri,padahal kan kita masih mau mendaftar.Mohon penjelasan dari Bapak.terima kasih

      • oh ya Pak, sudh saya cek lgi,untuk student number itu trnyata bagi yg pernah mendaftar sebelumnya. Menurut Pak Andi di uow ini, apa masih menerima toefl ITP Pak? Saya sudah membuka link aplikasi online nya, disitu diminta mencantumkan TWE, sdgkn untuk ITP kan tidak ada nilai TWE nya.Terima kasih Pak sebelumnya

  51. Kang andi ane mw nanya, klo misalnya dri uni mnta ngirim aplikasi via pos, apakah saat ngirim via pos itu hrus sudah ada visa ke negara yg udah di tju atau gmn mnrt pnglaman kang andi?
    Mhn jwb ya kang

  52. pak beberapa pengalaman teman yang telah mendaftar, mereka gagal karena belum punya pekerjaan tetap. jadi fresh graduated kebanyakan tidak lolos. pertnyaannya apakah ang lulus tahun 2012 maih terhitung fresh graduated? dab berapakh skor TOEFL/ IELTS TAHUN INI? TRIMS

  53. maaf pak
    apabil telah mendapatkan LOA dri univeraitas dituju, tindak lanjut untuk mendapatkan beasiswa biasanya persyaratannya apa saja, dan lembaga2 apa saja yang memberikan peluang tersebut
    tolong informasinya pak

  54. dear mr.Andi..sungguh blog yg memberi inspirasi buat byk org utk move on…hehehehe..sy mau tanya pak..pd persyaratn utk pengajuan AAS..sy lihat perlu sertifikat IELTS asli…trz…kl seandainya tdk diterima…sertifikat tsb akan dimusnahkan *based on info from customer care..trz..kl qt mau ngajuin beasiswa lain..cth..STUNED..kn perlu yg asli juga..apakh pihak AAS bs maklum utk tdk memusnahkn sertifikat tsb?..karena kecil kemungkinan sy akan dpt copyn sertifikat IELTS yg sm..soalnya t4 test nya tdk d Indonesia..ini yg bikin sy dilema mau apply apa nggak..sementara nilai IELTS sy 6.5…mohon sarannya pak..thx a bunch

  55. salam kenal pak..sungguh blog yang memberi inspirasi buat byk org untuk move on..hehehehee..btw pak sy mau tanya..apakh syarat utk melampirkn original certificate of IELTS bersifat wajib?..mengingat info dr AAS CS kl application yg tdk diterima akan di musnahkn..pdhl dlm thn berjln..IELTS nya msh bs dipakai utk apply schoolarship lain..ini yg bikin sy dilema ma apply AAS..karena kecil kemungkinan utk sy mendapatkn copy IELTS dr test center nya dulu..coz..lokasinya tdk di Indonesia..saran bapak bagaimana?..thx a bunch sir

  56. Tulisan bapak sangat membantu dan memotivasi orang untuk memantapkan study nya meluas ke luar negeri. Terima kasih banyak pak

  57. Pingback: Daftar Universitas di Australia yang Bisa Dipilih untuk Beasiswa AAS/ADS | a madeandi's life

  58. kak bgmana kan sy bru pemula ini untuk search beasiswa nah sy skrg lgi giat cri LOA kak nah sy sdh dpt beberapa nama profesor dan emailnya tpi blum ada yg terlalu merespon itu baiknya sy hrus bgmana kyah?
    makasih

  59. salam pak andi, saya mau tanya kapan waktu terbaik mengajukan LoA, apakah ada batas waktu pengajuan atau bisa kapan saja sepanjang tahun?, thanks.

  60. Terima kasih atas semua infonya Bli. Sangat membantu saya.
    Yang saya tanyakan, PNS daerah dan lulusan DIV apa berpeluang mendapatkan beasiswa master ads/aas. Kalau berpeluang,beasiswa apa saja yg bisa saya cari?

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s