Google Translate: Untuk Survival dan Kamuflase


Jika ada pengguna internet yang mengaku tidak tahu Google, hanya ada dua kemungkinan: orang itu berbohong atau dia mengenal internet kurang dari seminggu. Seperti itulah seorang kawan mengilustrasikan keterkenalan Google. Mungkin penyataan ini tidak bisa diartikan secara harafiah tetapi setidaknya saya sendiri setuju bahwa Google memang sangat terkenal. Google bahkan sejak lama sudah menjadi kata kerja. Pengguna internet sudah terbiasa dengan istilah googling, sedang google, digoogle saja, dan sebagainya.

Dari sekian banyak fungsi Google yang seakan tidak pernah berhenti berinovasi, Google Translate (GT) adalah salah satu yang saya rasa sangat bermanfaat. GT bukanlah fitur baru dari Google. Banyak pengguna sudah terbiasa dengan GT bahkan sejak awal tahun 2000. Saya sendiri menggunakan GT sejak tahun 2004 untuk berbagai kepentingan.

Seiring berjalannya waktu, GT terus melengkapi kemampuannya dengan menambah koleksi Bahasa yang bisa diterjemahkan. Jika pada awalnya GT hanya mampu menerjemahkan dari atau ke Bahasa-bahasa utama dunia seperti Inggris, Jerman, Prancis, kini GT sudah mampu menerjemahkan dari atau ke Bahasa lain seperti Korea, China, Jepang dan Bahasa lain yang bagi sebagian orang tidak dianggap popular. Hingga tulisan ini dibuat GT sudah bisa melakukan penerjemahan 14 bahasa secara resiprokal (dua arah).

Selain bisa menerjemahkan kata per kata, GT juga bisa menerjemahkan kalimat dan bahkan paragraf. Tidak hanya itu, GT bahkan bisa menerjemahkan satu website sekaligus. Jika Anda memerlukan informasi perguruan tinggi dari Jerman atau Prancis dan Anda sendiri tidak paham kedua Bahasa tersebut sementara website yang tersedia hanya dalam Bahasa mereka, Anda bisa meminta bantuan GT untuk menerjemahkan keseluruhan website tersebut. Menariknya, tampilan website tidak akan berubah, lengkap dengan ilustrasi dan tata letak dalam Bahasa aslinya. Sekilas, website yang sudah diterjemahkan ini tidak terlihat berbeda, terutama jika orang tidak membaca isinya secara seksama.

Singkat kata, sangat banyak orang yang sudah ditolong dalam urusan Bahasa dengan adanya Maka dari itu saya menyebutnya sebagai alat survival, bertahan dalam kesulitan. Dalam interaksi di dunia maya kita sering dihadapkan pada situasi bahwa kita harus mendapatkan informasi dari suguhan bahasa yang tidak kita pahami. GT membuat kita bisa bertahan dengan membantu menerjemahkan informasi tersebut ke dalam bahasa yang kita mengerti. Sejauh ini, Bahasa Indonesia memang belum menjadi salah satu bahasa yang bisa diterjemahkan oleh GT. Meski demikian, adanya bahasa Inggrus tentu sudah sangat membantu mereka yang mengalami kendala bahasa.

GT untuk ber-email multi bahasa
Suatu hari saya pernah mendapatkan email dalam Bahasa Prancis dari seseorang yang mengenal saya melalui dunia maya. Saya yang sama sekali tidak bisa berbahasa Prancis tentu tidak bisa memberikan respon. Setelah mendiamkannya sekitar dua hari, saya teringat GT. Tanpa basa-basi langsung saja email tersebut saya salin (copy) dan kemudian tempelkan (paste) di GT. Tentu saja saya memilih opsi Franch-English sebelum dengan yakin memilih tombol ”translate”. Dalam sekejap saya sudah mendapatkan email tersebut dalam Bahasa Inggris sehingga saya memahami maksudnya. Dalam rangka menjawabnya, saya menuliskan respon dalam Bahasa Inggris tetapi tidak di email saya melainkan di GT. Setelah menyelesaikan jawaban saya menerjemahkannya ke dalam bahasa Prancis. Kali ini tentu saja saya memilih opsi English-French untuk mendapatkan hasil yang benar. Dalam hitungan detik, saya mendapatkan beberapa paragraf dalam Bahasa Prancis yang saya pun tidak mengerti artinya. Meski begitu saya yakin bahwa paragraf tersebut merupakan terjemahan dari paragraf Bahasa Inggris yang saya siapkan sebelumnya dan merupakan jawaban dari email orang itu.

Paragraf berbahasa Prancis itu saya salin ke email dan saya jadikan jawaban (reply) atas email berbahasa Prancis yang saya terima sebelumnya. Dalam jawaban tersebut, tentu saja ada kalimat permohonan maaf karena saya bukanlah penutur Prancis asli sehingga tentu ada kesalahan. Hal ini semata-mata untuk mengantisipasi kalau-kalau GT tidak menerjemahkan dengan sempurna. Sangat mengejutkan bahwa tidak sampai sehari, saya sudah menerima balasan email dari orang yang sama. Setelah melakukan ritual kecil dengan GT, saya memahami bahwa dia sangat mengapresiasi respon saya dan terutama memuji kefasihan Bahasa Prancis saya mengingat saya bukan penutur asli. Komunikasi ini berjalan sangat lancar dan kami bisa mendiskusikan berbagai topik yang cukup berat seperti hukum laut dan delimitasi batas maritim. Dalam hal ini saya menyebut GT untuk kamuflase. GT memungkinkan saya menyamar dan berpura-pura bisa berbahasa Prancis. Meski demikian penyamaran dan kepura-puraan ini masih dalam batas kewajaran dan untuk tujuan kebaikan saya kira.

GT untuk chatting multibahasa.
Tidak saja untuk komunikasi email yang umumnya tidak real-time, GT bisa membantu kita untuk berkomunikasi secara real-time seperti online chatting. Pernah suatu ketika saya chatting dengan seorang teman berkebangsaan Benin (Afrika) yang jauh lebih fasih berbahasa Prancis dibandingkan Bahasa Inggris. Sesungguhnya semua kami bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris tetapi akhirnya menemui kesulitan karena percakapannya mulai teknis dan rumit. Tidak mudah baginya menjelaskan atau bertanya tentang kasus sengketa batas maritim dan eksplorasi migas di Gulf of Maine, misalnya. Saya pun mengusulkan menggunakan Bahasa Prancis dan dia sangat antusias. GT tentu saja menjadi satu-satunya andalan saya. Saya tinggal salin tempel (copy paste) saja antara GT dan Yahoo Messenger yang kami gunakan. Percakapan pun berlangsung sangat lancar dan terjadi pemahaman yang sangat baik. Selain kelancaran komunikasi, strategi ini melahirkan apresiasi yang tinggi. Kawan Benin ini mengapresiasi kebolehan saya dalam berbahasa Prancis. Kali ini, saya menyebut ini gabungan antara survival dan kamuflase. Meski begitu, rahasia kecil ini pun akhirnya saya bongkar sehingga diapun mendapat ilmu baru.

Hal serupa juga pernah saya lakukan dengan seorang kawan berkebangsaan Columbia (Amerika Latin). Meskipun awalnya iseng-iseng, penggunaan GT akhirnya menjadi sesuatu yang menyenangkan diantara kami. Dari kawan Columbia yang pintar berbahasa Inggris ini juga saya akhirnya tahu bahwa hasil terjemahan GT kadang masih sedikit kaku (formal) dan tidak mengakomodir istilah-istilah slang yang penting untuk keakraban. Sebagai contoh, saya ingin menerjemahkan ”you are so nice” ke dalam Bahasa Spanyol dalam kontek teman akrab agar maknanya sama dengan ”kamu baik banget”. Di luar kendali, kalimat ini diterjemahkan menjadi sesuatu yang agak lain sehingga maknanya sama dengan ”Anda sungguh baik hati” Dalam konteks persahabatan yang akrab, kalimat ini tentunya terdengar sangat kaku.

Meski masih ada kelemahannya, GT terbukti mampu memberikan jalan keluar untuk komunikasi multi bahasa. Keberadaannya bisa diandalkan baik untuk survival (bertahan) maupun kamuflase (penyamaran) dalam konteks dan tujuan positif tentunya. Jika pun ada yang iseng menggunakan untuk menjaili teman sehingga menimbulkan keterkejutan, itu tidak disarankan oleh tulisan ini.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

6 thoughts on “Google Translate: Untuk Survival dan Kamuflase”

  1. hahaha, pak, saya sering chatting ama andika pake basa prancis..kalo dia asli, saya palsu, karena pake GT..

    *hahaha, tapi langsung ketahuan ama andika*

  2. hahaha …
    daku dulu menggunakan babelfish yang akhirnya dibeli oleh Altavista, sekarang milik Yahoo!

    tapi dulu saya lebih suka install sendiri, bos
    pake software Systrans, “harganya” hanya $1000 an keknya (sekitar IDR 5000) hehehe … plusnya: bisa offline

    dulu berguna banget untuk mencari barang haram dari Rusia, China, atau Arab

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s