Petengkaran


//i17.photobucket.com/albums/b64/lope-mizz-ya/tear.jpgPertengkaran bukanlah hal biasa, dan dia tidak boleh menjadi biasa. Meskipun pada dasarnya pertengkaran adalah salah satu bentuk diskusi dan komunikasi yang sangat tua umurnya, pertengkaran, bagaimanapun juga, bukanlah cara terbaik menyelesaikan suatu perkara.Dalam pertengkaran ada kesedihan, setidaknya sesudahnya. Dalam pertengkaran ada air mata karena tekanan dan kemarahan yang tidak selalu sehat dampaknya. Dalam pertengkaran, bahkan mungkin muncul dendam jika tidak disikapi dengan besar hati. Dendam adalah makhluk paling berbahaya dalam sebuah hubungan, apapun bentuknya.

Meski tidak diharapkan siapapun, pertengkaran bisa terjadi pada siapa saja, betapapun bijaksananya. Hanya frekuensi dan intensitas yang biasanya berbeda. Apa yang harus dilakukan ketika bertengkar? Sayang sekali belum ada yang menerbitkan SOP tatacara bertengkar yang baik. Yang mungkin perlu dipelajari adalah tindakan setelah bertengkar karena setelah bertengkar kita bisa berpikir. Percuma membuat aturan bertengkar karena saat bertengkar akal sehat sirna entah ke mana. Inilah yang menjadi alasan mengapa pertengkaran terjadi: akal sehat yang lenyap tak berbekas.

Apa yang harus dilakukan setelah bertengkar? Mintalah maaf dan singkirkan ego sampai ke tempat yang bahkan tak bisa dikunjungi, bila perlu. Itu saja!

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

1 thought on “Petengkaran”

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s