Mengatakan kebenaran


Dalam pelajaran tentang data keruangan (spasial), saya masih ingat bahwa jenis data berbeda memberi informasi berbeda termasuk mengandung risiko salah interpretasi yang berbeda pula. Data berupa teks tentu saja dapat menjelaskan informasi keruangan tetapi tidak akan sebaik data gambar. Untuk mendeskripsikan situasi sebuah kamar, misalnya data teks akan memerlukan ratusan kata sedangkan data gambar mungkin cukup satu gambar saja. Seperti itulah informasi disampaikan dengan cara berbeda akan menimbulkan pemahaman yang berbeda.

Dalam keseharian juga demikian, berucap, bertutur kata dan berkomunikasi bisa dilakukan dengan berjuta cara. Semua mengandung kelemahan dan kelebihan dan yang pasti mengandung risiko. Penyampaian informasi secara blak-blakan tidak rawan salah informasi tetapi rawan terhadap sakit hati. Begitu juga sebaliknya penyampian yang berkulit dan penuh basa basi rawan salah interpretasi tetapi aman dari risiko sakit hati. Tinggal dipilih mana yang sesuai dengan lawan komunikasi.

Seperti citra yang perlu dikoreksi dan informasi koordinat yang perlu diratakan, menata gaya komunikasi adalah hal yang penting, kadang malah lebih penting dari kandungan informasi itu sendiri.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s