Cod fish


Sudah menjadi kebiasaan, makan siang kami isi dengan percakapan yang kadang sangat jauh dari riset masing-masing. Makan siang menjadi saat yang menarik karena masing-masing bisa melepaskan diri dari rutinitas riset, walau sejenak. Siang itu, seorang kawan dari Brazil bercerita tentang Ikan Kod di negaranya. Ikan Kod adalah jenis ikan yang sangat mahal dan menjadi simbol status ekonomi yang tinggi bagi pemakannya.

Ibunya bercerita suatu saat. Dulu ketika ibunya kecil, Ikan Kod adalah ikan yang paling murah karena sangat mudah didapat di sekitar pemukiman. Saking mudahnya menadapatkan Ikan Kod, hampir tidak ada harganya, kalaupun ada yang menjual. Karena murah, ikan ini tidak memberikan gengsi yang tinggi kepada pemakannya. Keluarga yang makan Ikan Kod adalah keluarga miskin yang tidak bisa membeli jenis ikan lain yang lebih mahal. Kalau sebuah keluarga makan Ikan Kod di suatu sore, maka sang ayah akan memerintahkan sang ibu rumah tangga untuk menutup jendela ruang makan agar tetangga tidak tahu kalau mereka makan Ikan Kod. Mereka malu sekali kalau ketahuan, karena akan dicap bukan dari kelas menengah ke atas.

Sementara hari ini, kalau sebuah keluarga makan Ikan Kod maka mereka cenderung membuka jendela lebar-lebar seakan ingin menunjukkan pada dunia kalau mereka bisa makan ikan mahal ini. Kod memang kini sangat mahal di Brazil.

Begitulah kecenderungan bergesar setiap saat. Di tahun 70-an, konon di dunia barat orang merasa nyaman naik mohil, sementara di Asia masih menggunakan sepeda. Kini negara berkembang, terutama di Asia bangga menggunakan mobil sementara orang barat katanya semakin banyak yang menggunakan sepeda gayung. Begitulah kehidupan, trend menjadi sesuatu yang penting atau setidaknya dipentingkan.

Advertisements

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s