Sydney: Sebuah Laporan Pandangan Mata


[bagian 2 dari banyak tulisan]

Pada tulisan terdahulu, Anda sudah saya perkenalkan beberapa fenomena menarik di Sydney antara lain budaya pelayanan, makanan asia, transportasi, aksesibilitas, komunikasi lokal dan international serta kebiasaan pelajar menjadi pemulung. Sekarang Anda akan mengenal lebih jauh beberapa hal lain tentang Sydney.

Sewa Flat di Sydney

Para pendatang, khusunya pelajar/mahasiswa biasanya tinggal di sebuah flat unit di sekitar kampus. Harga sebuah unit di Sydney sangat mahal, dan ini menduduki prosentase pengeluaran yang terbesar diantara pengeluaran lain. Sebuah gedung flat biasanya terdiri dari beberapa unit di mana setiap unit terdiri dari ruang tidur (bisa lebih dari satu), living room, kamar mandi/wc, dapur serta balkon (opsional). Harga sewa unit standar mahasiswa Indonesia berkisar antara AUD 180-220 untuk yang single bedroom dan 230-330 untuk yang double bedroom per minggu. Informasi yang lebih rinci bisa diperoleh di agen pelayanan property yang bertebaran di Sydney. Beberapa agen yang terkenal adalah L.J. Hooker, Laing & Simon, N.G Farah, dll.

Untuk menyewa sebuah unit, seorang penyewa harus memberikan bond/deposit yang besarnya berkisar antara 2-4 minggu harga sewa dan memberikan uang sewa 2 minggu di depan. Jadi, seorang penyewa bisa mengeluarkan uang sebesar 6 kali harga sewa seminggu di awal. Jika sewanya adalah AUD 250 per minggu, uang yang harus dibayarkan di depan adalah AUD 1500. Bond/deposit ini berfungsi sebagai jaminan yang bisa diambil pada saat kontrak sewa sudah berakhir, sepanjang kondisi unit masih seperti sedia kala. Jika terjadi kerusakan selama penyewaan, bond/deposit akan dipotong. Untuk ini, seorang penyewa harus benar-benar teliti memeriksa kondisi rumah pada saat masuk pertama kali dan mengisi formulir laporan kondisi rumah dengan secermat mungkin.

Sebuah gedung flat biasanya dilengkapi pintu security sehingga untuk masuk ke unitnya, seorang penyewa harus memiliki 2 kunci yaitu kunci security door dan kunci pintu unitnya sendiri. Sedangkan kamar tidur tidak dikunci. Ini adalah peraturan standar yang berlaku di New South Wales (Sydney). Menurut agen property, alasannya adalah jika terjadi sesuatu yang membahayakan penyewa ketika sedang tidur atau berada di kamar untuk keperluan lain, petugas keamanan bisa masuk dengan mudah dan penyewa tidak terjebak di dalam kamarnya. –Bagaimana dengan privacy, terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga? Ini adalah hal lain yang tidak dibahas di sini :)–

Kunci security door adalah kunci yang terpantau dan terdaftar keberadaannya dan tidak boleh digandakan sembarangan, sementara kunci unit bisa. Jika seorang penyewa menghilangkan kunci security door, harus mengganti dengan membayar sekitar AUD 100.

Sambungan Listrik/Gas

Sebenarnya pada saat Anda masuk ke sebuah unit, listrik dan gas biasanya sudah siap dipakai. Yang harus dilakukan adalah melakukan ‘balik nama’ agar tagihan listrik/gas tersebut atas nama Anda. Ini biasa disebut sebagai energy connection. Anda cukup buka situs Energy Australia di http://www.energy.com.au dan mengisi formulir lalu mengirimkannya/submit. Satu atau dua hari kemudian surat konfirmasi akan dikirimkan kepada Anda termasuk tagian deposit sebesar AUD 120. Deposit ini bisa diambil kembali ketika Anda sudah tidak menyewa unit tersebut. Deposit ini bisa tidak dibayar asalkan Anda bersedia menggunakan fasilitas auto debit untuk pembayaran tagihan listrik/gas. Anda cukup mengisi formulir yang menyatakan bahwa Anda bersedia tagihan listrik/gas (biasanya per 3 bulan) Anda dipotong langsung dari rekening bank Anda. Jika semua tahap di atas sudah dilakukan, Anda bisa menggunakan fasilitas energi dengan nyaman.

Bayar Semua Tagihan Anda dari Rumah

Hampir semua bank di Sydney dilengkapi dengan phone banking dan net banking. Semua transaksi, kecuali penarikan cash, bisa dilakukan dengan kedua fasilitas ini. Anda cukup menelpon atau login ke netbanking bank Anda, semua transaksi pembayaran bisa dilakukan. Semua tagihan meliputi sewa flat, tagian energi dan telepon bisa dibayar dengan phone atau net banking dari rumah. Begitu mudah.

[bersambung]

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s