Form referee report untuk Beasiswa ADS format DOC


Salah satu dokumen mendukung untuk melamar beasiswa ADS 2013 adalah Referee Report. Ketentuan tentang ini bisa dibaca secara rinci di Handbook ADS (halaman 12) yang bisa diperoleh dari website resmi ADS. Formulir Referee Report ini juga disediakan di Handbook tersebut dalam format PDF di halaman 51. Untuk memudahkan para pelamar, saya buatkan versi Ms Word-nya sehingga mudah diisi. Silakan unduh formulir tersebut di sini. Selamat berjuang!

New: Sebuah form yang sama hasil kreasi Sdr. Priadi Asmanto bisa diunduh di Mediafire

Punya pertanyaan seputar Beasiswa ADS? Coba baca ADS 2013 dulu, mungkin pertanyaan Anda sudah terjawab di sana.

About these ads

56 thoughts on “Form referee report untuk Beasiswa ADS format DOC

  1. Dear Pak Andi,

    Pak, jadi refree report itu me refer ke academic refrence nya yang harus diberi oleh academic advsor S1 or S2 ya?

      • Salam kenal, Pak…saya ingin bertanya nih:)

        Pak Andi…Apakah komentar dari reference kita harus dalam bahasa inggris..soalnya rektor saya tidak menggunakan bahasa Inggris. apakah boleh diterjemahkan???

        terima kasih pak sudah meluangkan waktu untuk menjawab ya pak:)

  2. Pak Andi, referee report ini wajibkah hukumnya disertakan dalam aplikasi untuk program Master? Di website ADS Indonesia bagian required documentation dicantumkan juga bahwa pelamar program master harus menyertakan dokumen S1. Apakah dokumen yang dimaksud adalah ijasah dan transkrip nilai (yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya) atau ada dokumen lain yang disyaratkan? Terima kasih untuk pencerahannya :)

  3. Pingback: Tips Beasiswa: Surat Rekomendasi « a madeandi's life

  4. Pak Andi, kalau saya mau kirim beberapa tulisan atau dokumen-dokumen yang pernah saya buat selama bekerja, apakah harus dirangkap 3 atau cukup satu saja?

  5. Pak Andi, salah satu persyaratan dokumennya adl “original copy” of TOEFL kan? nach, jadi copy an hasil score TOEFL tsb musti asli yg ngeluarin institusi tempat kita tes TOEFL ya Pak? atau boleh kita copy sendiri?

    • Yg satu adalah original yg dikasih oleh tempat tes, duanya boleh hasil kopian sendiri. Saran saya, scan saja lalu print warna (untuk dua kopian itu). Ini lebih baik.

      • Bapak, kalo di bagian bawah form itu ada tulisan “attach only certified copy of documents. DO NOT attach original documents. tapi ternyata butuh yang aslinya juga ya pak? itu dikembalikan gak ya, soalnya di bawahnya lagi ada tulisan application forms and documents will not be returned.
        terima kasih Pak,

  6. terima kasih pak Andi. oia, saya tidak punya “Akte Kelahiran”, punyanya “Surat Kelahiran”. bisakah surat kelahiran itu menggantikan fungsi “akte kelahiran”? atau HARUS akte kelahiran, Pak?

  7. pak, kalau referee report nya dari master supervisor di luar negeri (australia), tanda tangannya dan authorised stampnya hrs asli atau bagaimana?bisa tidak di tanda tangan dan dicap asli kemudian di scan dan dikirim melalui email ke saya?trims sebelumnya…

    • Hm… Saya ga tahu persis soal ini. Maaf. Ada yg bisa bantu? Saran saya, minta saja dia kirim langsung dari oz ke kantor ADS.. Sementara anda bisa lampirkan print out (color) hasil scannya.

  8. Dear Pak andi, terima kasih atas informasi yang diberikan mengenai beasiswa ADS. Semoga mendapat balasan yang setimpal atas niat baik Pak andi. Saya ingin bertanya mengenai surat reference untuk s2 by coursework. Saya baca di applicants FAQ bahwa surat referensi hanya dibutuhkan oleh pelamar s2/phd. Apakah informasi itu benar ? terima kasih sekali lagi.

  9. Selamat pagi pak Andii.. Kalau referensi dibuat/ditandatangani atasan bukan pembimbing skripsi bleh atau tidak?? terimakasih

  10. Dear Pak Andi,
    Saya hendak melanjutkan S3 dan ingin bertanya tentang Referee Report.
    Apakah untuk kandidat S3 diwajibkan mendapat Referee Report dari pembimbing S2 ataukah boleh dari pembimbing S1? Saya berencana meminta Referee Report dari pembimbing S1, karena beliau lebih banyak tahu tentang saya kurang lebih 8 tahun dan kebetulan kami saat ini bekerja di satu institusi. Dibandingkan dengan pembimbing S2, beliau cuma mengenal saya pada saat pengerjaaan tesis. Jadi, manakah yang lebih baik dimintai Referee Report? Terima kasih sebelumnya.

  11. Pa andy, saya mau coba apply untuk program master, dalam persyaratannya tertulis minimal IPK 2,9, sedangkan IPK saya 2.88, apakah masih memungkinkan utk mencoba apply?

  12. Pak Andi,

    Saya mau bertanya tentang reference letter ini. Saya sudah download handbook 2013, tapi kok reference letter dalam bentuk pdf-nya nggak ada di halaman 51 (ataupun halaman2 lainnya)? Saya sudah email mengenai format reference letter ADS ke info@australiaawardsindo.or.id tapi belum mendapatkan balasan.

    Jadi saya harus menggunakan reference letter yg sudah Pak Andi buat dalam bentuk word ya? Apakah ketentuan ini ada di handbook juga? Saya baca halaman 12-nya, tapi juga tidak disebutkan…

    Looking forward to your reply :)

  13. Pak Andi dan rekan2.. saya Herdi, berencana utk apply PhD ADS tahun ini (2013), terkait dengan reference letter, minggu lalu saya datang langsung ke kantor ADS di Kuningan, dan mereka menyatakan kalau format referensi S2 nya bebas, dan tidak ada format spesifik..

    oya, pak Andi..blog bapak sangat bermanfaat dan menginspirasi saya…dan yang paling penting….penjaga asa saya untuk terus berusaha raih beasiswa…khususnya ADS

    salam hormat

  14. Pak Andi, saya berterimakasih atas segala informasi dan pengetahuan yang bapak sharing di blog ini…sungguh sangat membantu dan menjaga asa saya untuk terus meraih beasiswa

    terkait dengan surat referensi..minggu lalu saya mampir ke kantor ADS di Kuningan, dan disampaikan memang katanya tidak ada format khusus untuk surat referensi dari pembimbing S2/S1..jadi kata nya format nya bebas..

    namun setelah mempelajari lagi blog bapak dan membaca di situs ADS…dimana mereka memberikan format referee letter…saya jadi agak bingung…mohon masukan pak Andi

    Terimakasih

  15. Pak Andi, Mau tanya, supervisor s2 saya tanya surat refereenya itu mau di kirimkan kemana?
    Berdasarkan pengalaman Bapak, apakah langsung ditujukan ke ADS atau ke email kita untuk nanti dicetak bersamaan dengan berkas yang akan dikirim ke ADS untuk seleksi nantinya?

    Terima kasih

  16. Pak Andi, maaf ada yang tertinggal untuk ditanyakan..pengalaman bapak tentang surat izin dari Universitas (tempat kita bekerja) untuk melamar ADS dalam bahasa inggris atau indonesia??, dan siapa yang mengeluarkan (Dekan, Rektor, atau Kepegawaian??)

    terimakasih atas kesediaan merespon..

  17. 1. Template
    2. Seperti yang ada di tulisan saya tentang SR di Blog ini
    3. Inggris (harusnya Anda tidak perlu tanya ini)
    4. Tidak masalah, lakukan yang mudah dan memudahkan penilai untuk membaca. Saya sarankan diketik dg komputer.

  18. pak Andi yang baik hatinya…hhe
    pak, teman sy memberikn informsi sebaiknya pemberi rekomen adlh seorang proff, semntra pembimbng s1 sy, kedua msh bergelar S2. haruskh sy meminta kpd proff pak?

    Trmksh atas balasannya…

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s