Beasiswa ADS 2013 telah dibuka!


Kemungkinan yang ingin Anda cari adalah Beasiswa ADS 2014 karena untuk 2013 sudah tutup. Pendaftaran ADS 2014 dibuka tanggal 4 Maret hingga 19 Juli 2013. Untuk informasi lebih lanjut silakan baca baca posting ini atau lihat halaman  Beasiswa ADS secara langsung atau silkan klik gambar berikut:

About these ads

131 thoughts on “Beasiswa ADS 2013 telah dibuka!

  1. mas andi, mau nanya, ADS ini harus confirm ke uni nya dulu ya sebelum apply ADS? atau gmn? karena saya baca di bagian specifically candidate must ada tulisan “apply for a degree at a level higher than their current highest qualification”
    Makasih :)

  2. mas andi, saya seorang pns yang kebetulan minim sekali pengalaman organisasi, selepas kuliah fokus bekerja di swasta sampai akhirnya melamar pns skian tahun yang lalu, apakah pengalaman organisasi jd faktor penting ya dalam shortlist dokumen?

    • Tidak ada ketentuan resmi, seberapa penting pengalaman organisasi ini. Tapi saya memang yakin bahwa pengalaman dan keaktivan di organisasi adalah salah satu indikasi keingingan kita berperan untuk komunitas yg lebih luas. Jika tidak punya, maka tonjolkanlah peran lain dengan cara lain. Pasti bisa ;)

  3. saya sudah donlot form ads 2013, dan sepertinya ada syarat2 baru (yg sepertinya di intake2 thn seblmnya ga ada ya?! ~walopun ini pertama kalinya sy liat lagi form ads stlh lewat bertahun2 :p)
    mungkin berniat menulis pembahasan khusus ttg mengapa muncul syarat2 baru itu mas? :p
    terima kasih

      • sudah kembali dari meNyepi mas :-), selamat Nyepi (maaf terlambat)
        saya tanyakan ke suami (ADS 2005) dan teman (ADS 2011) mereka tidak ingat ada syarat ini (ADS 2013) antara lain:
        .not have obtained an academic qualification outside their home country in the 24 months preceding the application closing date, calculated from the date of arrival back in the home country
        .not be applying for another long-term AusAID scholarship unless they have returned to their home country and resided there for twice the length of the total time that they were in Australia (for example, a previous AusAID Scholar who has been on AusAID scholarship/s in Australia for five years will not be eligible to apply for another AusAID scholarship until they have been home for ten years)

      • oh, maaf mas baru nemu form ads 2012 (tdk sengaja), ternyata sudah ada 2 syarat yg saya sebut kemarin ya. maksud saya, semangatnya agak berbeda dg tahun2 sebelumnya ya (misal, yg sdh dpt ads kalau mau dftr ads lagi hrs nunggu 2 x n thn masa studi yg dibiayai ads, dll.. sehingga peta persaingan mungkin agak berubah dari tahun2 sebelumya?) begitu mas pertanyaan dalam benak saya
        maaf nyepam komentar di blog mas andi :D

  4. Pingback: Beasiswa ADS 2013 telah dibuka! « didionwordpress

  5. mas Andi, saya seorang fresh graduate, minim penelitian, dan berencana apply ADS untuk coursework, berarti tidak perlu mengisi form hal 6, kan?
    saya juga belum bekerja, berarti halaman 6-7 juga tidak perlu diisi..
    waaah, berarti form saya akan sepi sekali dari tulisan2..terlalu banyak yang dikosongkan.hehe.
    apakah ada peluang untuk orang yang form-nya ‘sepi’ seperti saya? :) *mencari sebongkah harapan*

    • Saat saya mendaftar ADS, saya belum pernah riset juga. Tidak sedikit fresh graduate yg diterima ADS. Fokus dg apa yang dimiliki, bukan pada ada yang tidak dimiliki. Nanti lelah sendiri :) I am sure you know what I mean.

  6. kalo beberapa tahun terakhir domisii diluar indonesia tapi bukan di australia ato NZ, apa masuk kriteria?

  7. Bli andi saya sudah masuk tahap interview ADS 2011 tahun lalu di IALF bali. tapi saya gagal. Ada hal yang sangat significant yang saya rasa memiliki kelemahan disaat saya ditanya mengenai komitment, kontribusi apa yang saya bisa berikan setelah program. Mohon diberikan sarannya..

    Terimakasih…

    • Sangat tergantung pekerjaan.
      1. Kembali ke Indonesia
      2. Mengindentifikasi apa yg masih perlu ditingkatkan
      3. Mencoba meningkatkan dengan ilmu yg diperoleh di Australia.
      4. Mengusahakan adanya interaksi antarnegara melalui bidang yang ditekuni.

  8. mas, saya sedang cari beasiswa undergraduate yg full di australia fakultas dentistry or petroleum. tp jarang banget yg nyediain beasiswa dentistry. tolong mas minta bantuannya. tx

  9. mas, saya berencana akan apply ADS tahun ini. sebulan yang lalu saya mendapat balasan email dari seorang profesor yang menyatakan bersedia menjadi supervisor saya. Beliau meminta saya untuk terus update proses apply saya. mengingat proses melamar ADS yang lumayan menyita waktu, menurut mas andi apa yang sebaiknya saya lakukan agar sang profesor tidak meragukan keseriusan saya untuk menjadi mahasiswanya?

    • Coba kontak secara berkala. Baca tulisannya di jurnal dan kirim komentar secara rutin atau bertanya tentang tulisannya. Bisa juga minta tulisan yg dia rekomendasikan untuk dibaca.

  10. Mas, saya sedang mencari program studi yang sesuai dengan minat saya, namun dalam persyaratannya min 2 tahun harus memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama dan saya tidak memiliki pengalaman tersebut. Apakah persyaratan tersebut menjadi mutlak saat mencoba mengajukan beasiswa ADS. Terimakasih untuk jawabannya

    • Saya kurang tahu sekarang. Dulu banyak fresh grad yg dapat. Jika itu atun wajib, ikuti saja. Tspi kl mau dicoba, hasilnya akan menentukan

  11. pak apabila kita mencoba lebih dari satu beasiswa diperkenankan atau tidak?
    misal saya mengajukan lamaran untuk ads,di lain sisi saya juga mengajukan untuk ALA
    trimakasih pak andi :)

  12. Pak saya ingin mencoba beasiswa ads tahun ini, saya belum punya pengalaman sama sekali dalam mengajukan beasiswa, mau minta informasinya bagaimana cara mendapatkan link dan rekomedasi ke profesor di universitan yang akan dituju dan informasi universitas yang bagus terutama dalam bidang kehutanan. terimakasih.

  13. salam kenal mas andi,saya eroy,tahun kemaren saya coba ikut seleksi ADS,tapi ga2l,tanpa ada surat pemberitahuan apapun,karena penasaran,saya hbngi ADS jakarta trkait status berkas saya tsb,ternyata berkas saya tsb ada dan statusnya complete and eligible,ga2l karena faktor kompetisi,mohon penjelasan mas andi trkait status brks saya tersebut?,dan mohon tips nya bagaimana brks saya bs lo2s seleksi tahun ini?,FYI saya PNS daerah di slh satu kabupaten di kalimantan tengah,my field of work adalah kehutanan,trims bnyk ats bntuannya mas

    • ga maksa kok. Saya yakin ini terkait dengan kesehatan yg merupakan salah satu program utama Indonesia-Australia lewat AusAID. Silakan BACA buku panduan di website resminya ya :)

  14. sy pns.. formasi d3bidan.. ingin melanjutkan k s1 kesmas.. klo bs transfer .. seaandainy ad beasiswa.. thx

  15. mas andi, saya merupakan orang awam di bidang beasiswa apalagi ke luar negeri, saya jurusan sastra inggris dan bekerja sebagai pns, pertanyaan saya, matching g jika untuk postgraduatenya ambil administrasi pemerintahan?

  16. bli andi, sy pengen sekali apply di ADS tp sy gak tw gmn caranya…mohon di jelasin ya? thanks!!!!!!!!

  17. Bapak, kalau ingin apply beasiswa ini apakah harus ada rekomendasi dari dosen atau universitas tempat kita belajar sebelumnya? terima kasih

  18. Salam pak Andi.
    saya lihat di essential documents harus menyertakan sertifikat TOEFL asli. apakah itu yang asli hasil dari institusi atau fotocopy hasil TOEFL ITP yang telah dilegalisir.
    kemudian mengenai deskripsi singkat proposal riset, apakah judul yang kita gunakan tersebut merupakan judul yang WAJIB kita teliti nantinya.
    terimakasih sebelumnya pak.

  19. pak andi, kmarin2 saya ikut daftar ELTA utk persiapan ADS, tp sy gak lulus krna over qualified standar ELTA namun saya benar2 merasa belum siap terutama untuk ikut TOEFL. persiapan sperti apa yang paling efektif yang harus saya lakukan?

  20. mas andi saya mau tanya dari lulusan DIV bisa tidak melanjutkan s2 terkait dengan program ADS terima kasih ?

  21. Mas Andi, untuk pengumuman lolos seleksi selanjutnya untuk ADS 2013 ini apa ada yang sudah keluar ya?
    Harap-harap cemas karena uda masuk bulan Desember.
    Mohon info dari yang lain juga ya kalau sudah ada yang dpt email/telp konfirmasi penerimaan lolos seleksi.

    Good luck all.

  22. pak mau tanya untuk form ADS word yang ada di blog dilhat dari tahunnya masih yg lama yah pak, apakah sudah ada yang baru pak dalam bentuk wordnya? kalo boleh tau awal pembukaan ADS dan penutupannya kapan yah pak?thanks

  23. mas Andy, saya mau konsultasi dikit.
    Saya Anie PNS lulusan Teknik Informatika dan bekerja di Bagian Kepegawaian Daerah (BKD). Yang ingin saya tanyakan, saya tertarik untuk ambil Beasiswa ADS untuk yang Master By Coursework tp mau ambil yg ada minor thesisnya. Saya tertarik untuk ambil tentang GIS, karena waktu kita kuliah dulu ada matakuliah tentang SIG (Sistim Informasi Geografis). Apakah itu cocok untuk latar belakang Pekerjaan saya saat ini? Kalau dilihat dari Instansi saya saat ini di Bagian Kepegawaian, tapi bisa ada kemungkinan nantinya kami mendapat Mutasi Staf ke DInas /Unit lain, jadi kami tidak selamanya berada di Bagian Kepegawaian. karena selama ini yg saya lihat kalo PNS daerah, selalu ada mutasi/rotasi antar unit kerja.

    Menurut Mas Andy, untuk mengambil SIG apakah harus di instansi tertentu seperti di BAPPEDA atau DInas Pertambangan atau DInas Teknis terkait, ataukah saya yang di Bagian Kepegawaian juga bisa mengambil SUbject itu untuk Minor Thesis saya.
    Terus, menurut mas andy, untuk ambil GIS Universitas apa di Australia yang ada bisa jadi alternatif pilihan bagi saya.
    Tapi jika menurut mas GIS kurang tepat untuk saya, subject apa yang tepat untuk saya bisa ambil ya?
    maaf mas, pertanyaannya terlalu banyak ya, makasih atas bantuannya menjawab pertanyaan saya.

  24. Salam Pak Andi, saya seorang guru pns mengajar bahasa Inggris SMA dan SMK di sebuah kabupaten di Jabar. Saya berencana u mengambil S2 dgn field of study education and training. Saya tertarik memperdalamnya krn sy berharap bisa berbagi keilmuan saya dg teman2 minimal satu daerah dengan saya memberikan training ttg tekhnik2 pengajaran dan filosofi pendidikan. Menurut pak Andi, dengan saya mengambil pilihan diatas namun saya bkn seorang dosen bagaimana peluang saya mendapatkan beasiswa ads tsb.
    Satu lagi, sebagai pns kpn kita mengurus perizinan dr BKLN, sebelum atau sesudah kita lulus seleksi administrasi? karena pernah saya tanyakan ke dinas terkait (dinas pendidikan dan BKD) bahwa mereka akan memberikan izin tertulis jika kita sdh dinyatakan lulus seleksi.
    Terima kasih dan saya tunggu pencerahannya

  25. Maaf pak Andi, untuk periode 2013 kan sudah Deadline nih, kira-kira pembukaan untuk 2014 kapan yah? terima Kasih sebelumnya..

  26. Mas Andi yang baik,
    Trims atas kesediaannya untuk share info.
    Saya ingin tahu kira2 pembukaan beasiswa ADS untuk keberangkatan 2014 tanggal berapa di bulan Maret tahun ini (2013)?. Trims b4

  27. mas saya mau tahu info ttg ADS untuk PNS. Saya baca di handbook ADS nya tidak ada requirement khusus untuk PNS. Apakah ADS menyediakan beasiswa untuk PNS. Mohon infonya. terimakasih

  28. salam.saya mau tanya apakah setelah lolos administrasi ADS akan ada interview?kalau ada apa saja inti dari interview nya?terima kasih atas infonya.

  29. Selamat pagi Pak Andi. Saya fresh graduate lS1 ekonomi dan mau conba ikut ADS tahun ini. Saya pernah jadi guru privat bahasa inggris, kira-kira itu bisa dipakai untuk work experience saya tidak? karena saya masih minim work experience. terima kasih.

  30. Asalamu alaikum Wr.wb. Pak andi saya seorang remaja yang sudah lulus tahun akademik 2012-2013,ya undergraduate karna saya tidak langsung mlanjutkan kuliah dlu karna kurangnya ekonomi di keluarga saya, mala saya ingin informasi lbih bnyak, serta cara masuk ADS ini,..tlong kasih informasinya ya.
    Trimakasih
    Wasalamu alaikum wr.wb

  31. mas andi.. saya lulusan PGSD tahun 2013,saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman saya untuk di daerah saya yang mana penduduknya masih kurang peduli terhadap pendidikan,,saya sudah mengajar selama 5th di sekolah dasar di daerah saya.
    saya belum punya pengalaman soal beasiswa luar negeri tapi saya sangat berminat apply tahun 2014 nanti,, untuk tes bahasa IELTS itu dilakukan langsung atau berupa sertifikat. selain itu untuk visa, visa yang bagaimana yang cocok untuk pelajar,,, yang memungkinkan kita bisa kerja paruh waktu di sana. terima kasih

    • Kalau mau pakai beasiswa ADS, tidak usah bingung soal visa, mereka yang akan bantu uruskan. Untuk ielts, saat mendaftar perlu nyerahkan sertifikatny, jadi harus tes sndiri. Bisa juga pakai Toefl. Lihat web resminya ya.

  32. Pak andi sy mo tanya,sy PNS tamatan s1 ekonomi dan bulan february ni sebenar nya sy udah golongan III tp SK nya belum turun,apa bisa sy mengikuti beasiswa pak..terima kasih..

  33. mas andi,, beasiswa ADS itu untuk s2 mewajibkan proposal riset ya??? meskipun kita ambil master by coursework??? terus kirim via outline itu yang bagaimana??? maaf saya masih sangat awam.

  34. Salam sejahtera Mas Made, perkenalkan nama saya Luthfi dari Madiun, saat ini kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saya ingin menanyakan perihal penting mengenai beasiswa ADS. Pertama, apakah beasiswa itu ada ketentuan khusus bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkannya? Maksudnya, bagaimana dengan status saya yang masih mahasiswa baru semester dua, apakah juga bisa mendapatkannya? Atau harus menunggu waktu sampai beberapa semester ke depan atau bisa langsung mendaftarkan diri?
    Selanjutnya, karena saya masih pemula, saya ingin tahu Mas, kriteria apa saja yang kita bisa syaratkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut?
    Jika saya tidak bisa mendapatkan beasiswa tersebut karena faktor usia kuliah yang baru, adakah beasiswa lain yang Mas Made bisa sarankan untuk saya bisa mendapatkannya?
    Saya mohon sekali Mas, ingin begitu sangat bisa memperoleh beasiswa seperti Mas.
    Saya masih penasaran dan ingin sekali informasi yang lebih detail tentangnya.
    Mohon sekali Mas Made bantuannya.

    • Beasiswa ADS ini untuk S2 dan S3. Silakan baca SEMUA artikel di page madeandi.com/ads/ Setelah baca semua, silakan tanya agar diskusinya jadi lebih terarah.

  35. tulisan yang menginspirasi… thanks.
    mohon dijawab, apakah untuk mendaftar beasiswa ADS untuk S2 butuh ijazah S1?? posisi (maret-agustus belum lulus), dan mau lulus di awal tahun 2012. thanks

  36. tulisan yang menginspirasi…. :)
    minta tlong dijawab. apakah untuk apply beasiswa ADS untuk s2 ditahun 2014, butuh ijazah.???
    posisi maret-agustus belum lulus, tapi awal 2014 akan lulus. thanks

  37. Hai mas Andi…saya mau tanya..saya seorang PNS..apakah ketika saya mau kirim dokumen2 yang menjadi persyaratan untuk apply beasiswa ads, saya harus lampirkan juga surat izin dari kepala dinas saya untuk mengikuti program beasiswa atau bisa menyusul ya?tx ya…

  38. Selamat siang mas Andi… saya siswa kelas XII, kalo ingin apply beasiswa s1 itu harus terdftar di univ. nya dulu ya mas? atau bisa sebelum terdaftar? soalnya kemampuan bahasa inggris saya juga pas – pasan… terimakasih mas.

  39. Mas..mau tanya nih.. Saya sekarang kan masih kuliah DIV, di PIP semarang jurusan teknik mesin kapal, trus apa saya bisa apply buat beasiswa di ADS?, soalnya saya lulus bulan september 2013.. Terima kasih mas made

  40. mas andi…
    mas kemarin saya udah nyoba download formulir pendaftaran trus kan mesti register dulu.. saat register saya pilih master by coursework+50% riset,, seandainya saat pengisian formulir saya ganti master by coursework aja ga masalah kan???

    ohya satu lagi,,, saat kita ngirim dokumen pendaftaran apa langsung dalam bentuk translate b.ing atau nanti saat lulus tes ke 2. terima kasih ^^v

  41. Siang mas, saya andri
    saya sudah lulus s1 kedokteran dan sekarang sedang menjalani sekolah profesi (Co-Ass) untk dapat gelar dokter..
    untuk mendapat beasiswa ads apakah perlu pengalaman kerja 2 tahun dulu?

  42. mas, saya lulusan september 2012. fakultas hukum islam. apa fakultas ini ada peluang di ADS?
    lalu, apa ADS juga mewajibkan melegalisasi dokumen ke kedubes?

  43. oh ya mas, apa yang dimaksud dengan “A certified copy of your tertiary certificates from S1 or S2;”?
    itu termasuk required document.

  44. maaf mas, salinan apa?apakah semua dokumen (ijazah+transkrip+KTP+akta lahir+hasil test TOEFL) harus disahkan kampus?
    lalu, yang saya baca di blog anda http://madeandi.com/scholarships/ , ada persyaratan yaitu harus sudah menghubungi calon pembimbing, menyerahkan surat rekomendasi dari pembimbing S1 dan terjemahan dokumen2. apakah di ADS juga mensyaratkan itu, atau hanya dibutuhkan jika lolos ke tahap interview?
    maaf banyak bertanya, saya masih awam ttg beasiswa.

    • Ijazah dan transkrip disahkah kampus karena mereka yg mengeluarkan. Dokumen lain oleh instansi terkait atau notaris atau penerjemah resmi.

      Kalau mau apply ADS, fokus pada persyaratan ADS saja. Silakan baca website resminya juga selain bertanya pada seseorang. Perlu hubungi calon pembimbing kalau memilih master by research atau PhD. Kalau Anda masih bertanya lagi, artinya Anda belum membaca bahan2 yang cukup. Yang seperti ini sebenarnya tidak harus ditanyakan ke orang tetapi dicari sendiri karena PASTI ada di website resminya.

      No worries, saya memahami Anda awam. Orang awam harus banyak belajar dengan cara membaca. Good luck!

  45. sore mas, saya nita sarjana sastra inggris.
    saya ingin mendaftar untuk beasiswa ADS, mohon sarannya karena jika ditrima setelah lulus saya bercita-cita ingin menjadi dosen bahasa inggris & membuka bimbingan belajar bahasa inggris &informasi khususnya bagi yang mempunyai keinginan melanjutkan study keluar negeri.

    sebaiknya saya mengambil Education&training atau education management & leadership?

    • Nita,
      Saya Sarjana Teknik Geodesi. Mungkin Anda tidak tahu apa itu Geodesi :)
      Maafkan kalau saya tidak paham bedanya dua jurusan yang Anda sebutkan itu. Coba pelajari konten masing2 jurusan itu. Dari sana mungkin bisa diputuskan. Saya tidak berani pura2 menasihati hal-hal yang saya tidak paham. Selain itu, coba baca tips saya tentang cara memilih jurusan/universitas.

      Ingat, blog saya ini tidak ditujukan untuk memberi jawaban instan. Saya hanya mencoba berbagi pola pikir dan semangat untuk berjuang, tidak menyediakan jawaban yang bisa ditelan mentah-mentah oleh pembaca. Maafkan jika jawaban saya tidak memuaskan. Semoga bisa mendapat petunjuk setelah membaca tulisan ini http://madeandi.com/2012/03/29/bagaimana-memilih-jursan-dan-universitas-di-luar-negeri/

  46. Mas andi bagus tu cetitanya tentang kuliah online , mas andi boleh engak saya tau emailnya kerena saya mau tanyak2 tentang biasiswa ads . Dan tentang hidup di ausi

  47. maaf Mas Andi, saya mau tanya untuk ADS 2014… saya PNS salah satu Kementerian berminat ikut, dan nantinya sebagai Public Applicant. Apakah ADS punya persyaratan minimal sudah 2 tahun PNS? Karena kan di form aplikasinya ada section yang diiisi oleh staf di Biro Kepegawaian instansi si applicant dan Kemsetneg. Terima kasih

  48. selamat malam mas Andi,
    Saya mau bertanya mas, kalo mau mencari current Indonesian students bagaimana ya mas?

  49. selamat malam Mas Andi
    pada link berikut : http://australiaawardsindo.or.id/index.php/en/general-information/eligibility-and-approval
    ada yang ingin saya tanyakan. Di sana disebutkan bahwa candidates must have a Grade Point Average (GPA) of at least 2.9 on a scale of maximum 4.0 (2.75 for applicants from AusAID Geographic Focus Areas). IPK saya 2.89 dan saya ingin ambil jurusan Education & Training atau Education Management karena saya lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Saya mohon penjelasannya tentang Geographic Focus Areas, dan apakah saya bisa ambil jurusan Education & Training atau Education Management dengan IPK saya itu. Kalau skor ITP Toefl sudah masuk kriteria.

  50. mas andi, saya masih bingung mengenai cricos, dari penjelasan mas andi di youtube cricos itu semacam kode jurusan di universitas yang kita pilih kalo tidak salah. kita mau cari cricos itu dimana ya mas,, mohon pencerahannya mas. terima kasih sebelumnya

  51. Mas saya mau nanya,,,kira2 ADS ni beasiswa full gak ya? Artix biaya hidupx juga? O ya untuk formulirx d unduh d mana ya mas???tx sbelumx ya mas

  52. Mr Andi, saya butuh sedikit pencerahan. saya berniat mau memilih master by combination. tapi tidak semua universitas mencantumkan penjelasan bidang yang kita mau pilih adalah coursewrok, combination, atau research. dan saya menemukan di situs University of Melbourne (saya berniat mengambil Master of Science in Earth Science) dimana bidang master ini ada di bawah list untuk yang coursework, tapi setelah saya baca lebih lanjut ternyata dari 200 point yang harus kita ambil, 125 diantaranya adalah research project. apa berarti ini berarti master by combination? atau coursework? terimakasih sebelumnya.

Comments are closed.