WordPress untuk template website


Saat ini, memiliki website pribadi bukanlah sesuatu yang luar biasa. Setiap orang bisa dengan mudah memiliki website dengan domain customised dengan ekstensi bermacam-macam: dot com, dot info, dot org, dll. Menariknya, domain dan hosting kini semakin murah. Dengan dana 200-an ribu setahun, kita sudah bisa memilki domain sendiri (http://www.namasaya.info, misalnya) dengan kuota ruang (hosting space) yang memadai. Selain itu, jika Anda bekerja di sebuah institusi yang cukup besar, Anda biasanya mendapat jatah domain dan space untuk website pribadi.

Persoalan yang kadang muncul adalah bagaimana membuat website yang cukup baik. Untuk ini, memiliki domain dan hosting saja tidak cukup, kita perlu merancang dan mengelola isi website tersebut. Banyak cara dilakukan untuk ini. Kita bisa membeli rancangan website dari teman atau profesional, bisa juga mulung di dunia maya. Sangat banyak template gratisan yang berserakan di internet. Gratisan ini disediakan oleh amatiran maupun professional. Salah satu yang bagus untuk dicoba adalah yang disediakan oleh wordpress.org. Ingat, dot org, bukan dot com :) Bagaimana caranya menggunakan wordpress untuk website pribadi? Berikut tutorialnya.

Skenario:

Anda sudah memiliki domain http://www.namasaya.com dan hosting dengan kapasitas tertentu. Just in case Anda belum tahu, hosting untuk domain ini umumnya bisa diakses dengan cPanel melalui alamat http://www.namasaya.com/cpanel. Kini Anda ingin membuat rancangan website untuk mengisi domain tersebut. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan (disarikan dari http://codex.wordpress.org/Installing_WordPress).

  1. Kunjungi wordpress.org
  2. Pilih menu download atau langsung download dari icon yang tersedia. Biasanya filenya dikompress dalam bentuk zip atau tar. Silahkan pilih yang sesuai.
  3. Dekompres file yang diperoleh di suatu folder di hardisk Anda.
  4. Buatlah database untuk domain yang akan Anda isi dengan template wordpress <detail>.
  5. Suntinglah wp-config.php <detail>
  6. Upload template yang dihasilkan pada langkah 3 dengan wp-config yang sudah disunting<detail>
  7. Lakukan Instalasi dari http://www.namasaya.com/wp-admin/install.php dengan mengikuti langkah yang tersedia.
  8. Lakukan login dari http://www.namasaya.com/wp-admin/ untuk melakukan pengelolaan. Gunakan user sementara admin dan password sementara admin yang nantinya bisa Anda ubah.
  9. Selanjutnya Anda bisa membuat halaman (pages) dan posting baru dengan mudah.
  10. Selamat Mencoba!

Membuat Database [kembali ke atas]

  1. Ini tidak sulit tetapi memerlukan ketelitian. Kunjungi hosting Anda dengan alamat http://www.namasaya.com/cpanel. Jika hosting tersebut tidak didukung oleh cpanel, kemungkinan Anda perlu menggunakan cara lain. Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada jendela login, isi username dan password sesuai dengan yang Anda peroleh ketika membeli domain dan hosting.
  2. Pilih opsi MySQL Databases
  3. Buatlah user menggunakan bagiang Users dengan langkah sebagai berikut:
    1. Tentukan sebuah username misalnya ‘wordpress‘ dan masukkan di field UserName.
    2. Tentukan passwordnya dan masukkan pada field Password.
    3. Ingat username dan password yang Anda tentukan.
    4. Klik Add User.
  4. Buatlah database yang akan digunakan untuk user ‘wordpress‘ ini jika belum ada database dengan terlebih dahulu menentukan namanya, misalnya ‘wpdb‘ or ‘wpblog‘, dan memasukkannya di field Db lalu klik Add Db.
  5. Pada bagian Databases, pilih username yang sudah dibuat di atas melalui dropdown menu User lalu pilih database dari dropdown Db. Pastikan untuk mencentang All untuk bagian Privileges, lalu Add User to Db.
  6. Setelah semua beres dan Ana kembali ke jendela utama MySQL Account Maintenance, Anda akan melihat informasi database yang sudah dibuat sebelumnya. Yang terpenting, Anda akan melihat conth kode untuk melakukan koneksi dengan database yang barusaja Anda buat. WordPress menggunakan PHP sehingga Anda perlu memperhatikan kode untuk PHP yaitu:
$dbh = mysql_connect("hostname", "username", "<PASSWORD HERE>") or die ("message");
mysql_select_db("databasename");
Perhatikan kode di atas, Anda akan perlu melihat kode serupa di salah satu file bernama wp-config.php dan menggantikan hostname, username, databasename, serta password sesuai dengan yang Anda buat di atas. Sekarang silahkan lanjutkan ke langkah Menyunting Wp-config
[kembali ke atas]

Menyunting Wp-Config [kembali ke atas]

  1. Pada folder hasil dekompres Anda akan menemukan file wp-config-sample.php, ubahlah namanya menjadi wp-config.php. File ini Anda buka dengan Notepad sehingga nampak isinya:
    // ** MySQL settings ** //
    define('DB_NAME', 'putyourdbnamehere');    // The name of the database
    define('DB_USER', 'usernamehere');     // Your MySQL username
    define('DB_PASSWORD', 'yourpasswordhere'); // ...and password
    define('DB_HOST', 'localhost');    // 99% chance you won't need to change this value
    define('DB_CHARSET', 'utf8');
    define('DB_COLLATE', '');
    // Change SECRET_KEY to a unique phrase.  You won't have to remember it later,
    // so make it long and complicated.  You can visit https://www.grc.com/passwords.htm
    // to get a phrase generated for you, or just make something up.
    define('SECRET_KEY', 'put your unique phrase here'); // Change this to a unique phrase.
  2. Tugas Anda adalah mengganti ‘putyourdbnamehere”, ‘usernamehere‘, dan ‘yourpasswordhere’, dengan database, username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya.
  3. Jangan lupa untuk menyimpan file ini dengan nama wp-config.php. Kini template sudah siap diupload.

Mengupload template [kembali ke atas]

  1. Dengan template yang sudah disunting dan database yang sudah siap, Anda bisa melakukan upload.
  2. Disarankan melakukan Upload dengan ftp client, bukan dengan cpanel untuk memungkinkan melakukan upload secara sekaligus satu folder, jika perlu.
  3. Gunakan ftp client seperti CoreFTP atau FileZilla untuk melakukan ini. Kedua program ini gratis, bisa diperoleh dari internet. Lihat penggunaan CoreFTP di sini.
  4. Upload ini bisa Anda lakukan di root directory http://www.namasaya.com/ atau di subdirectory, misalnya http://www.namasaya.com/blog/. Silahkan lihat penjelasan untuk ini di sini sini.
  5. Lakukan proses instalasi.
About these ads

2 thoughts on “WordPress untuk template website

  1. wew…….ini seminggu lagi saya kopi ke blog saya. Biar naik trafik nya..hahha. secara banyak yang butuh info ini pak, tapi sulit nyari di om google…

    *hehhe*

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s